Jakarta nurri@nurlianasyaf.com 0856-9529-3813 @ranurri Catfiz: @ranurri

Hanya Sebuah Diary ......

Selasa, 01 April 2014

Ritual Sebelum UN

Gak terasa,  sudah 1 bulan lamanya saya tidak posting blog ini.
 "Maaf ya, sayang"
 *kecup basah*


Waktu tidak berlalu dengan lambat, rasanya baru kemarin duduk dibangku kelas 1 SMK, tapi ternyata sekarang sudah kelas 3, mau UN pula. huh!!
 *Lirik kalender, liat tgl 14 April 2014* Kemudian lemes.

Sebagai siswi yang menjadi peserta  Ujian Nasional tingkat SMK tahun ini, tentu saya merasa deg-degan. Ujian Nasional memang bukan hal yang sangat menakutkan, tapi entah kenapa kehadirannya begitu menyiksa batin saya *halah-_-

Bayangkan, 1 ruangan ada 20 orang peserta ujian, ada 20 paket soal pula yang tersedia. Artinya, dalam 1 ruangan tidak ada yang menerima paket soal yang sama. Artinya, setiap siswa/i harus bisa mengerjakan soal-soal yang dia terima.  Artinya........???? "Gak bisa nyontek!" iya, gak bisa nyontek! Hahahah....
Taulah bagaimana anak zaman sekarang melewati hari-harinya? terutama anak remaja yang sudah mulai beranjak dewasa, ambil contoh saja anak SMK,  kebanyakan dari mereka tidak bisa menguasai pelajaran yang sudah mereka pelajari. Mereka terlalu sibuk memikirkan cinta, cinta dan cinta, sampai lupa UN tanggal berapa! Hahaha *sumpah. ini bukan saya* wkwk

Sebelum Ujian Nasional tiba, biasanya banyak ritual yang dilakukan para pelajar agar dimudahkan saat Ujian Nasional, seperti ; doa bersama, sungkeman sama orang tua, maaf-maafan, dan nyari bocoran kunci jawaban. wkwk~ <-Nah ini yang harus dihindari! Jangan sekali-sekali terpengaruh oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang modusnya menawarkan kunci jawaban agar lulus Ujian Nasional, kerena mereka bisa menjebak dan menjerumuskan kejurang yang curam alias gak lulus ujian karena salah jawaban. Iyakan? iya aja deh!
Dari pada begitu, mending kita belajar aja dan banyak berdoa, mempersipakan diri dengan sebaik-baiknya ☺
Bagaimana caramu mempersiapkan diri sebelum UN ?  Nih coba pake ini :)

1. Belajar
Ini adalah hal yang harus dilakukan sebelum Ujian Nasional. Bukan hanya ketika UN saja, tapi ada baiknya belajar itu dilakukan setiap saat. Pelajarilah materi-materi yang sudah guru berikan, apalagi kisi-kisi soal Ujian Nasional, jangan lupa untuk dipelajari. Dan juga soal-soal TKM yang sudah dikerjakan dan dibahas oleh guru, itu bisa menjadi bahan belajar kita.  Belajarlah untuk mengasah otak biar tajam, setajam silet! azzzzzzz

2. Kurangi dosa sebanyak-banyaknya! 
Kata bu Noenoeng, wali kelas saya, "Kurangi dosa sebanyak-banyaknya!". 
Manusia memang tidak luput dari salah dan dosa, tapi tidak ada salahnya jika kita bisa menahan  diri dari sesuatu yang mengandung dosa. Contohnya bolos dan berbohong! Sebisa mungkin jangan sampai berbohong, dosa besar loh! apalagi bohong sama orang tua atau guru, gak masuk sekolah bilangnya sakit, taunya malah nongkrong diwarteg terus ngerokok! Haduh... insaf deh sana!

3. Beribadah dan Memperbanyak amal sholeh
"Usaha tanpa Doa adalah hal yang sia-sia" begitu kan?
setelah berusaha dengan belajar, maka langkah selanjutnya adalah berdoa dan banyak ibadah.Point-point yang harus kita ingat :
  • Jangan melupakan sholat 5 waktu
  • Jangan lupa sholat sunnah; Taubat, Hajat, dan Tahajjud
  • Puasa sunnah juga
  • Perbanyak istighfar dan amal
  • Berperilaku baik dan lakukanlah hal-hal yang baik
Itu aja deh tips dari saya. Lakuin ya! biar kita lulus dengan mudah! "Amin"
Untuk anda yang berbeda, berdoa-lah menurut kepercayaan anda dengan tujuan kita yang sama ☺

 
Ohiya, ada 1 lagi :
Ada sebuah nasehat yang selalu saya ingat, Insya Allah  bisa dimudahkan saat Ujian Nasional
"Lakukan sholat 5 waktu, sholat sunnah dan puasa. Dan bacalah surat Al-Fatihah, kirimkan untuk orang tua, guru, dan Nabi besar Muhammad SAW. setelah itu, bacalah surat Al-Insyirah 11x , Al-Nasr 3x, dan  Ayat Kursi"
***


Tidak terasa, Ujian Nasioanl sudah tinggal menghitung hari. 
Persiapkan diri dengan sebaik-baiknya.
 Raihlah cita-cita kita untuk menggapai kelulusan bersama. 
Sukses untuk meraih masa depan yang cemerlang 

 Jaga kesehatan, jangan lupa makan. Jaga dirimu baik-baik ya, sayang! *loh?


By : Nurri~

13 komentar:

  1. Nah iya bener bgt tuh semua tipsnya haha...

    BalasHapus
  2. siap kan mental
    jangan sampe salah atau sobek
    ganti LJK berarti ganti soal juga
    *pengalaman*

    BalasHapus
  3. Harus kuat ngadepin semua godaan yang buruk-buruk juga.
    Semoga sukses UN-nya. Amin.

    BalasHapus
  4. xixixixixixix....... ada ritual apalg hayoooo kemaren selain yg di sebutkan diatas ,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ritual mikirin........ *ahh sudahlah :v

      Hapus
    2. ritula mikirin si doi ..... hehehehehe :P

      Hapus
  5. selain usaha yang bersifat duniawi seperti belajar yang rajin kita harus senantiasa berserah diri kepada ALLAH SWT, dengan bersyukur dan berdoa insyaallah apa yang kita impikan bisa terlaksana, nice info gan,terimakasih

    BalasHapus
  6. Sebaiknya jangan belajar kebut semalam, dapat dipastikan besoknya saat ujian klenger malah gak ada yang masuk tu materi, hehehe

    BalasHapus
  7. Jangan lupa Olahraga permainan bola basket, supaya tidak sakit saat ujian, hehhe

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Blog Archive

Popular Posts

Partner

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia