Jakarta nurri@nurlianasyaf.com 0856-9529-3813 @ranurri Catfiz: @ranurri

Hanya Sebuah Diary ......

Jumat, 04 April 2014

Sadarkan Blogger Copas!!

Blogger Copas, itulah sebutan untuk seorang blogger yang memposting tulisan dari blog lain kedalam blognya dengan cara dicopy kemudian dipaste tanpa mencantumkan sumber dari mana tulisan itu berasal. Jadi seolah-olah itu adalah tulisannya, dan dia sendiri yang menulis postingan tersebut. Ngeselinkan? Iya, BANGET!!

Pernah menemukan postingan yang sama diblog yang berbeda? Atau tulisan anda pernah dicopy dan tidak mencantumkan sumber yang ada? Ya, itu adalah salah satu ulah dari para blogger copas yang tidak pernah merasa bersalah atas perbuatannya yang meng-plagiatrisme.

Saat membaca tulisan yang sama diblog yang berbeda, tentu kita akan bertanya-tanya, kok tulisannya sama ya? sebenarnya, siapa penulis aslinya?  Apa kita bisa menjawab pertanyaan itu? tentu tidak! Pertanyaan itu hanya bisa terjawab jika blogger copas mengakui perbuatannya. Apa mereka mau mengakuinya? itu tergantung dari kesadaran mereka. Banyak yang tidak sadar atas perbuatan ini.
Ini memang seperti hal yang biasa, tapi sebenarnya bukan masalah yang biasa, karena hal ini dapat merugikan penulis dan melanggar hak cipta. Maka dari itu kita harus Berantas Blogger copas dan  menyadarkan mereka untuk kembali kejalan yang benar, alias gak Copas tulisan orang lagi :))
Gimana sih caranya? Yuk kita  Berantas Blogger Copas bersama Web Hosting Indonesia dan gunakan Nama Domain. Jika anda mengetahui adanya tulisan yang dicopas, maka cepatlah Melaporkan Bloggger copas ke Google DMCASeperti yang dilakukan seorang blogger Pontianak yang bernama @Aandreeeh, yang mencoba Berantas Blogger Copas karena beberapa tulisannya dicopy-paste tanpa izin. Pintar kan, idea kaka Andre ini? Iya dia memang pintar.  Hihihi ☺
  
Terkadang kita tak habis pikir, kenapa sih mereka copas tulisan orang? Nah ada beberapa motif blogger copas yang mengcopy postingan dari blog lain, diantaranya karena;

>> Tulisannya Menarik
Karena tulisannya yang sangat menarik, maka muncullah niat blogger copas ini untuk mengcopy tulisan tersebut kedalam blog miliknya dengan tujuan agar banyak pembaca yang mengunjungi blognya.

>> Tulisannya banyak dicari
Dengan adanya sebuah tulisan yang banyak dicari oleh pembaca biasanya menjadi acuan para blogger untuk meningkatkan visitersnya, maka dicopaslah tulisan tersebut.

>>  Tidak bisa menulis
Menulis adalah hal yang mudah, tapi tidak kata orang-orang yang kesulitann ketika menulis. Kurangnya percaya diri dengan tulisan atau hasil pemikiran sendiri biasanya menjadi penyebab blogger copas mengcopy tulisan orang lain, karena mereka merasa tulisannya tidak layak dibaca, tidak bagus, tidak nyambung, tidak menarik, dsb.

>> Tidak Kreatif
Para blogger biasanya adalah orang-orang yang kreatif, namun ada juga blogger yang kreatifnya kurang sehingga mereka malah mengcopy kreatifitas orang lain.

Tujuan utama blogger copas semata-mata hanya ingin memposting tulisan agar post pada blognya tidak kosong  dan membuat blognya ramai dikunjungi oleh pembaca dan komentar. Tapi tidak seharusnya mencari sensasi dengan cara yang seperti ini. Akan ada banyak masalah yang kalian dapatkan, seperti dipermalukan karena mengcopy karya orang dan mendapat teguran dari Google. Secara tidak langsung, blogger copas telah mengambil hak cipta sebuah karya tulis dan itu sudah melanggar Undanng-undang yang ada.

Mulai sekarang, berhentilah menjadi blogger copas yang mengcopy paste tulisan orang lain. Apalagi sesama teman blogger. Belajarlah menulis sedikit demi sedikit. Baik buruknya tulisan itu tetap menjadi kebanggaan kita, karena itu adalah hasil dari pemikiran dan kreatifitas kita.
Ubahkan status anda dari Blogger copas menjadi Blogger Profesional


By: Nurri~

20 komentar:

  1. Dukung NRL Blog tuk berantas korupsi eh blogger copas.

    BalasHapus
  2. mendingan tulisan biasa tapi hasil sendiri yah drpd bagus tapi hasil copas atau minimal kaish link penulisnya yah kalau mau copas :)

    BalasHapus
  3. sy juga sempat pernah sedikit kecewa, ada yg copas artikel saya persis banget nggak ada yg dibuang, tapi tak mencantumkan link sumbernya ....hehehehe :(

    BalasHapus
  4. emang ngeselin banget yg namanya blogger copas itu, dia ngga bisa menghargai usaha orang. cape-cape nulis, eh malah dicopas -__-

    BalasHapus
  5. Tulisan saya banyak yang hasil copas mbak #ngaku
    diakhir artikel saya tulis sumbernya, tapi kalau yang punya tulisan komplain dan minta dihapus/edit ya saya ganti.

    BalasHapus
  6. wahh,,, aku lupa kalo ada kontes ini dari si andreehh,, masih ada waktu dikit lagi yah :(

    BalasHapus
  7. hari gini kopas? wauh....
    *Tepok jidad

    BalasHapus
  8. blogger copas ngeselin, tp bagaimanapun jg blogger copas akan terus ada meski diberantas sekalipun :(

    BalasHapus
  9. Biasanya motif kenapa kopitempel gitu, karena tuntutan posting terbaru namun nggak punya ide ... huhu. Makanya, banyak-banyak membaca. Sebab, penulis itu, sekali menulis sepuluh kali membaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nihh.. Harus banyak membaca :D

      Hapus
  10. Aku jadi sadar kalau dlu pernah copas blog orang lain karna tidak tahu apa yg hrus ditulis. setelah dipikir-pikir itu tidak ada gunanya dan hanya akan mnimmbulkan msalah. akhirnya saya hapus dan mulailah belajar menulis dendiri. akhirnya saya bisa, wlaupun tulisannya msih brantakkan.
    hehe
    o y, aku udh follow blog mbak.
    follow balik ya mbak blog aku.. http://gividia.blogspot.com/.
    makasih,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terpentingkan hasil karya sendiri :)

      Oke terima kasih maas Rio, insha allah segera sy follow balik, (kalau jaringan tdk error) hehee..

      Hapus
  11. Sering juga tak cantumkan sumber tapi redaksinya dimodifikasi sedikit. Cuma kalau diperhatikan ya ketahuan karena bahasanya ngambang. :)

    BalasHapus
  12. hasil karya sendiri emang beda rasanya, gak bisa kreatif ya inovatif gitu aja lah.
    dan gue pernah skimming buku Steal Like an Artistnya Austin kleon di toko buku,
    bahwa didunia ini tidak seratus persen original lagi, semua hasil campuran ide.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Blog Archive

Popular Posts

Partner

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia