Jakarta nurri@nurlianasyaf.com 0856-9529-3813 @ranurri Catfiz: @ranurri

Hanya Sebuah Diary ......

Kamis, 18 Desember 2014

Sedikit Pengetahuan

Beberapa bulan lalu, saya resmi dinyatakan Lulus dari salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Jakarta.
Alhamdulillah, Allah mengabulkan doa dan melancarkan segala urusan saya. Meskipun lulus dengan hasil/nilai yang sebenernya gak jelek-jelek banget sih. Hahaa.....

Setelah lulus sekolah, saya memutuskan untuk langsung terjun kedunia kerja. *uhuk.
Kenapa gak langsung kuliah? You knowl-lah. Problema ekonomi yang kurang mendukung.

Walau sudah tidak sekolah lagi, buku-buku kelas 3 SMK yang saya punya masih tertata rapi dirak buku dalam kamar. Kecuali buku LKS, sudah berada ditukang loak. Hahaa.....
Dari sekian banyak buku, yang masih saya sering perhatikan adalah buku agama islam, bahasa Indonesia, matematika, dan komputer. 

Ketika saya sedang mencari catatan hadist-hadist di buku agama, saya menemukan sebuah catatan yang mengingatkan saya pada guru agama sewaktu sekolah. Saat Pak guru memberikan catatan itu, beliau bilang, ini adalah pengetahuan tentang Al-Qur'an yang sering terlupakan oleh umat muslim.

Apakah itu? 
Inilah catatan yang beliau berikan mengenai Al-Qur'an :


  • Al-Qur'an adalah kitab Allah SWT yang diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW.
  • Al-Qur'an diturunkan pada abad ke-6 masehi.  Di dua kota, yaitu Mekah dan Madinah (Arab).
  • Al-Qur'an diturunkan selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6.666 ayat, 74.437 kalimat, dan 325.345 huruf.
  • Peristiwa diturunkannya Al-Qur'an disebut "Nuzul Qur'an".
  • Al-Qur'an diturunkan pada malam bulan Ramadhan tgl 17 tahun 610 Masehi di gua Hira.
  • Wahyu pertama berupa sura Al-Alaq ayat 1-5.
  • Al-Qur'an pertama kali dicetak di negara Jerman.


Al-Qur'an juga mempunyai nama-nama lain, yaitu :

  1. Al-Furqăn, yaitu pembeda antara yang hak dengan yang batil.
  2. Az-Zikru, yaitu peringatan agar manusia tidak melalaikan perintah Allah.
  3. Al-Kitab, yaitu wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan dikumpulkan menjadi sebuah kitab.
  4. Al-Bayyinah, yaitu bukti nyata atas segala sesuatu yangvterjadu didalam kehidupan manusia. Kehidupan dunia maupun akhirat
***

Itulah catatan mengenai Al-Qur'an yang Pak Guru sampaikan kepada saya, juga murid lainnya. Saya ingat, ini adalah catatan terakhir materi yang beliau berikan sebelum ujian dan kelulusan tiba.

Sekarang, rasanya saya sangat merindukan moment itu lagi. Ketika ada seorang guru yang memberikan ilmu pengetahuan keagamaan kepada saya.




By: Nurri~
Nurlianasyaf.com

13 komentar:

  1. lg ada yg rindu nih ,,,, heheh

    BalasHapus
  2. Sngt brmanfaat trma ksh sdh di beri pngtahuan hhe

    BalasHapus
  3. kira-kira itu bapak guru namanya ustad siapa ya.?
    kok Devy juga jadi rindu sama beliau, heheh..

    BalasHapus
  4. sama mbak saya juga suka rindu nih ama moment indah di sekolahan :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya tidak bisa terulang lg yaaa

      Hapus
  5. Ilmu itu biar sedikit pasti bermanfaat :))

    gak kuliah bukan berarti berhenti cari ilmu kan? Ilmu bisa di dapet dr mana aja, ga mesti kuliah, semangaaat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak ranii...
      Semangat!!
      Tetima ksh :)

      Hapus
  6. Sukses ya di dunia kerjanya ^^ *salah fokus*

    BalasHapus
  7. Jadi ingat jaman SMA dulu. Kalau udah lulus lama kaya saya gini, ntr malah suka rindu masa-masa sekolah :)

    BalasHapus
  8. semoga sukses dan berhasil menggapai yang sudah digantung setinggi langit :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Blog Archive

Popular Posts

Partner

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia