Jakarta nurri@nurlianasyaf.com 0856-9529-3813 @ranurri Catfiz: @ranurri

Hanya Sebuah Diary ......

Sabtu, 24 Oktober 2015

Aqua dengan Segala Kebaikannya


Sabtu, 17 Oktober 2015, PT Tirta Investama dari Aqua Grup berbaik hati mengajak aku dan beberapa teman blogger dari IdBlogNetwrok mengunjungi pabrik mereka yang berada di Cianjur, Jawa Barat. Pabrik Aqua ini adalah pabrik ke-13 dari 18 pabrik Aqua yang ada. Perjalanan dari Jakarta menuju Cianjur memakan waktu tempuh lebih dari 3 jam. Itu dalam perjalanan tanpa macet. Akan lain cerita kalau kami terjebak penutupan jalan arus puncak. :D

Sesampainya di pabrik Aqua, kami disambut baik dengan tuan rumah. Juga hidangan spesial jagung rebus, kacang rebus dan timus. Duh, gak bisa move on kalau inget jagung rebusnya. Pas makan jagungnya, rasanya tuh awesome banget. Manisssssss dan enak banget. Beda gitu sama jagung Jakarta. Wkwkwk...

      

Pabrik Aqua PT Tirta Investama di Cianjur ini berdiri pada tahun 2010 di lahan seluas sekitar 12 hektar lebih di bawah kaki Gunung Gede yang memiliki pegawai sebanyak 388 orang. Pembuatan air mineral di pabrik ini semuanya dilakukan oleh mesin (tanpa sentuhan tangan) dalam waktu 24 jam yang menghasilkan puluhan ribu botol perjamnya. Seperti botol kemasan 330ml, dalam waktu satu jam bisa menghasilkan sebanyak 40.000 botol. Selanjutnya kamu bisa mengalikannya 24. Jadi berapa banyak botol yang dihasilkan dalam sehari? Buanyaakkk. :p
Itu baru dalam satu Line,belum ditambah line lainnya.

Air yang dihasilkan oleh Aqua adalah air dari yang berasal dari tanah dalam yang diambil melalui pipa-pipa yang bebas terbebas dari bakteri dengan proses penyaringan 10 micro sehingga lumut atau kotoran tidak akan ikut bercampur. Air Aqua adalah air sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi, namun zaman sekarang ini banyak orang-orang yang melakukan pemalsuan. Pernah bahkan sering aku meminum Aqua dengan rasa yang beda. Rasanya tuh kayak wortel gitu. Nah, jika kalian pernah meminum air Aqua yang rasanya "aneh", wajib dicurigai bahwa itu adalah Aqua palsu. Karena air mineral Aqua asli (yang aku minum di pabrik aqua) itu gak ada rasanya. Pokoknya seperti air biasa aja, enak di lidah, baik untuk tubuh kita.

Bagaimana cara melaporkan Aqua yang palsu? Kalian bisa segera menghubungi call center Aqua Menyapa di 0807-15-88888. Nantinya, Aqua akan melakukan penyelidikan atasa pemalsuan tersebut!
So' tetap hati-hati, ya!

*Kembali ke pabrik Aqua.
Sebuah pabrik tanpa limbah ada sesuatu yang mustahil. Nah, bagaimana Aqua mengolah limba tersebut? Limbah dari pabrik Aqua yang bersifat asam dan basah akan dicampur dengan cairan (untuk pembunuh kuman) lalu digunakan untuk pencucian botol. Setelah itu, air limbah yanng sudah tidak berbahaya dan sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah akan dibuang ke perairan, sungai.


PT Tirta Investama menjelaskan kepada kami bagaimana pabrik Aqua ini begitu memerhatikan keselamatan dan kesehatan para pegawainya. Bukan hanya para pegawai, tapi juga para tamu yang datang. Saat masuk pabrik dalam keadaan sehat, pas ke luar pabrik juga harus sehat dong~
Aqua tidak hanya memerhatikan kepuasan atau kesenangan konsumen, tapi juga para pegawai mereka dengan adanya kegiatan-kegiatan untuk memakmurkan para pegawai. Contohnya adalah Family Gath dan Family Visit.  Yaps, memang seharusnya perusahaan melakukan ini, agar pegawai tetap merasa "dihargai" dan senang sehingga hasil pekerjaan mereka nanti tetap memuaskan.

Selain itu, Aqua juga menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar dengan mengadakan program IFS (Integrative Farming System) tanpa kepentingan politik. serta men-Corporate Social Responbility masyarakat petani dalam himpunan yang bernama HIPOCI.

Jam menunjuk pukul 12:30, acara dihentikan untuk istirahat, sholat dan makan.
Makan siang menu sunda dengan nasi dari beras Cianjur
Setelah selesai ISHOMA, kami diajak untuk melihat proses pengemasan air Aqua dan melanjutkan perjalanan ke rumah Sekretariat HIPOCI yang berada di belakang pabrik Aqua. Kami menuju ke sana menggunakan mobil.

HIPOCI adalah Himpunan Petani Organik Cianjur Indonesia yang diikuti oleh para petani di desa Kebonpeuteuy, Kecamatan gekbrong Kabupaten Cianjur. Sekitar tahun 2009/2010, HIPOCI hanyalah sekumpulan anak muda petani yang peduli terhadap lingkungan. Dan pada tahun Oktober 2011, resmilah HIPOCI yang di-CSR-kan PT Tirta Investama.

Dengan adanya HIPOCI ini, PT Tirta Investama menjadikan para petani menjadi lebih baik lagi dengan pendidikan dan pelatihan. HIPOCI menghasilkan produk berupa Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Perikanan. Salah satu contoh produk unggulnya adalah Beras Cianjur.

Di sini juga ada Himpunan Wanita Tani (istri dari para petani) yang biasa disebut BINA LESTARI yang menjadi "Bank Sampah". Mereka biasa melakukan/mengumpulkan sampah-sampah organik dan non organik untuk dimanfaatkan kembali. Sampah organik akan dikelola lagi untuk dijadikan pupuk, dan pupuk tersebut digunakan para petani. Sedangkan sampah non organik akan dijual untuk selanjutnya dikelola kembali.
Semoga kegiatan mulia ini bisa dicontoh daerah-daerah lain. Aamin!

Setelah selesai dengan semua penjelasan, sekitar pukul 3:40 acara selesai dan kami bergegas kembali ke Jakarta sebelum jalur arus puncak ditutup. *Karena kalau kami terjebak penutupan jalan di puncak, kami bisa sambil rumah larut malam.

Selama diperjalanan pulang, kami disuguhi dengan pemandangan hijaunya persawahan dan kebun teh yang bikin mata orang Jakarta jadi seger :D

Hari berakhir dengan rasa lelah sekaligus bahagia karena mendapat pengetahuan baru tentang Aqua dan Cianjur. Berasa jalan-jalan sembari belajar. :D
Suatu kehormatan bagiku dan teman-teman blogger dari IBN bisa berkunjung ke Pabrik Aqua Cianjur. Gak nyesel deh air Aqua menjadi minuman keluarga. Semakin cinta dan setia juga dengan air mineral Aqua.

Ohiya, Aqua juga berbaik hati mengadakan Lomba menulis yang berhadiah uang 10 juta untuk pemenang pertama, 7 juta ntuk pemenang kedua dan uang 5 juta untuk pemenang ketiga. Waw banget gak tuh hadiahnya? Yuk ikutan!

 Aqua - Anugrah Jurnalistik


Semoga Aqua tetap menjadi air mineral terbaik yang memberikan segala kebaikan untuk kita, ya!




Salam sayang,

Nurri 

18 komentar:

  1. wahhhh ,,,, aku gk di ajak nih ...hehehe

    eh itu DL lombanya masih lama gk ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 31 Oktober, Mas. Hayu ikutan.. Masih ada waktu, loh. :D

      Hapus
    2. wah ,,,, seminggu lagi yah ,,,,,
      mudah2n sih bisa kelar sblm hbis waktu ,,,hehe
      Nurliana sdh ikutan ?

      Hapus
    3. Amiinn...
      Hayo, Mas dikejar :D

      Hapus
  2. Jadi, ada akua? *mulai hilang fokus*

    BalasHapus
  3. akua du du ddu du du...

    kenapa semua air minum dalam kemasan di sebut akua ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkakakaka.. Bener tuh...
      Mungkin karena Aqua memang brand nomor satu yang selalu ada dalam Hati, jiwa dan raga :p

      Hapus
  4. salah satu brand air mineral favorit ini :D

    BalasHapus
  5. Wah pengalaman yang seru, jadi ngiri :-D

    BalasHapus
  6. mau beli Aqua tapi dikasih nya merk lain #sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernha, Mas. Sering malah..

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Blog Archive

Popular Posts

Partner

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia