Jakarta nurri@nurlianasyaf.com 0856-9529-3813 @ranurri Catfiz: @ranurri

Hanya Sebuah Diary ......

Jumat, 04 Maret 2016

Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL - Smartphone yang Bisa Diandalkan

Pagi yang indah di kampus. Rama seorang mahasiswa jurnalistik mendapat pengumuman di mading bahwa besok akan diadakan Lomba fotografi dan semua mahasiswa harus ikut berpartisipasi. Saat itu pula badannya melemas, karena DSLR miliknya sedang diperbaiki akibat terjatuh. Peserta memang dibolehkan juga menggunakan kamera handphone, namun ia tidak yakin dengan kamera ponsel miliknya bisa mengghasilkan gambar terbaik.
“Bagaimana aku bisa mengikuti lomba ini?” Pikirnya saat itu.
Secangkir kopi yang menemaninya sore ini sudah habis tak tersisa, namun jenuh masih saja melanda. Rasa bosan yang Rama rasakan tidak bisa dihindarkan. Ya, sudah hampir satu jam dia di sini, tapi seseorang yang dinantinya belum juga tiba.

Di kedai kopi dekat kampus, Rama tengah menungu Azka, sahabatnya sejak kecil yang berjanji meminjamkan kamera DSLR-nya untuk Rama gunakan saat kontes besok.

Senja berlalu.
Tepat ketika azan maghrib berkumandang, Rama menatap keluar jendela dengan harapan seseorang yang dinantikannya sedang berjalan ke arahnya. Namun ia sadar, di ujung jalan sana tak ada siapa-siapa.  Hanya rintikan hujan yang turun dengan kilatan cahaya yang terlihat seperti membelah gelapnya langit yang mulai malam.

Rama masih setia menunggu. Walau dengan perasaan yang tidak karuan.
"Oh, Azka, di mana kamu? Kenapa belum ada kabar juga?" batinnya mengeluh.

1 jam berlalu...

Tiba-tiba sebuah pesan singkat masuk dalam ponselnya.

"Hai, Rama... Maaf banget aku gak bisa datang menemuimu untuk memberikan kamera. Barusan dapat kabar dari kampung kalau Ibu sakit keras, dan aku harus segera ke sana malam ini juga. Sekali lagi aku minta maaf." 

Rama menghela napas panjang. Yang dia khawatirkan ternyata benar terjadi.
Satu jamnya terbuang sia-sia hanya untuk pertemuan yang dibatalkan mendadak. Rasanya? Tolong jangan tanyakan lagi. Perih sudah pasti menyakitkan hati. Tapi Rama mencoba memahami keadaan ini.

Dan sekarang, tidak ada pilihan lain selain lain membeli gadget yang bisa ia gunakan untuk kontes besok

***
Dengan hati cemas dan tidak karuan, Rama melangkahkan kakinya menuju Mall yang terdekat dari Kampusnya. Ia sangat berharap bisa mendapatkan gadget  kualitas bagus dan harga sesuai dengan uang yang dimiliknya.

Dikunjunginya setiap toko yang menjual berbagai gadget.  Hampir setiap toko menjual kamera yang bagus, tapi Rama merasa harganya tidak mungkin bagus.

Ketika hampir lelah mencari, langkahnya terhenti di sebuah toko di ujung jalan. Pandangannya terfokus pada sebuah layar yang memutar video singkat tentang sebuah smartphone canggih yang kualitas tinggi dengan fitur-fitur menarik dan kemampuan kamera yang luar biasa.

Di bagian layar smartphone itu, tertulis sebuah nama brand smartphone terkenal bernama ASUS

“Selamat siang, Mas. Yang di layar  itu HP Asus apa, ya?” ucap Rama kepada seorang SPB di toko itu.

“Siang juga, Mas. Yang tadi ada di layar  itu namanya Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL."

Rama terdiam,  matanya masih tertuju pada HP yang mampu mengunci pandangannya. "Speknya gimana, Mas?" sahut Rama dengan suara pelan.

"Wah, spesifikasinya gak usah dikhawatirkan, Mas. Asus tau kok yang terbaik buat pengguanya."

"Yakin Mas? Ini HP bagus gak?"

"Oh, untuk urusan bagus atau tidaknya bisa Mas nilai sendiri."  

Zenfone 2  ZE500KL ini diciptakan dengan versi android yang sudah update ke 5.0.2 dengan kemampuan komputasi mobile andalannya,  prosesor Snapdragon 410 (seri MSM 8916) dari Qualcomm SoC 4-inti dengan kombinasi  RAM LPDDR3 2GB, Mas.

Nah, Snapdragon 410 ini merupakan SoC 64-bit dengan arsitektur ARM Cortex-A53 yang merupakan pengembangan dari Cortex-A7. Arsitektur inilah yang membuat kemampuan Zenfone 2 ZE500KL lebih baik dari segi kinerja dibandingkan model Zenfone sebelumnya, Mas. namun tetap menjaga konsumsi daya agar tak memboroskan baterai. Batrai bisa tahan lama saat digunakan.

Di HP ini, sudah menggunakan teknologi konektivitas WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth V4.0 + A2DP dan  Dual Micro SIM card yang bisa digunakan secara bersamaan.  Untuk satelit navigation, ada GPS & GLONASS yang membuat "kemasan" ini semakin lengkap.

Layarnya yang berukuran  5 inch semakin memudahkan kita dalam beraktifitas. Dengan layar 5 inch tersebut, tentu kita bisa melihat gambar/layar HP lebih jelas. Yang makin asyik adalah layar HP  ini diberikan perlindungan Gorilla Glass 4.


Keunggulan selanjutnya, Zenfone  ZE500KL ini memiliki penyimpanan atau kapasitas memori yang sangat luas. Mas mau tau berapa? Penyimpananya itu sebesar 16 GB. Itu juga masih bisa ditambah dengan slot memori (Micro SD) yang tersedia hingga 128 GB. Belum puas dengan itu? Tenang, masih ada tambahan ekstra penyimpanan menggunakan Asus Webstrotage berbasis Cloud yang mempunyai kapasitas 5 GB.

Nah, dengan begini Mas bisa dengan mudah menyimpan data dan aplikasi dalam HP. Zaman sekarang ini memang banyak HP terbaru, tapi yang mempunyai kapasitas memori yang banyak itu masih sedikit, Mas. Jadi, kita gak bisa bebas menyimpan ini itu di HP. Padahal, sekarang ini banyak aplikasi dan layanan keren yang wajib kita miliki di HP. Dengan Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ini, Mas bisa lebih bebas bereksperimen.


Asus memang sengaja menyatukan kinerja-kinerja terbaik agar HP ini bisa berfungsi dengan baik dan sempurna sesuai kebutuhan pengguannya, Mas. Nah, Asus tau banget  kalau pengguna smartphone itu maunya HP yang bisa bekerja multitasking.

Kenapa bisa multitasking? Ya tentu aja karena kapasitas penyimpananya besar. Jadi, HP tidak mudah lola apalagi hank.

“Nah, untuk informasi penyimpanan sudah jelas belum, Mas? Ada yang mau ditanyakan atau saya lanjut penjelas mengenalan mengenai Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL  ini?” tanya laki-laki itu dibarengi lengkungan senyum di bibirnya.

Rama terdiam. Ingatannya tertuju pada ponsel miliknya. Kapastitas penyimpanan yang dimiliki Zenfone 2 Laser 5.0 sangat besar sekali. Tidak seperti ponsel miliknya yang hanya berkapasitas 2 GB. Ya, hal ini yang membuat Rama tidak bisa menyimpan banyak gambar, apalagi aplikasi.
“Penjelasannya dilanjut saja, Mas.” sahut Rama.
“Oke, saya lanjut, ya.”  jawab lelaki itu.

Kalau boleh jujur, Zenfone 2 Laser 5.0 ini adalah salah satu smartphone terbaik dari Asus, Mas.. Selain performa yang canggih, kapasitas penyimpanan besar, HP ini juga memiliki keunggulan di teknologi jaringannya.

Kalau boleh tebak, HP Mas yang sekarang pasti menggunakan jaringan 3G, ya? Di era yang semakin modern ini, teknologi semakin berkembang lagi sesuai dengan kebutuhan manusia, Mas. Kali ini, Asus mengadopsi teknoloogi jaringan 4G LTE di Zenfone ZE500KL. Apa keunggulannya? Tentu saja dengan 4G, jaringan internetnya jadi semakin cepat atau lebih cepat dari 3G. Tidak bisa dipungkiri kan, kalau aktivitas yang sering dilakukan anak jaman sekarang itu adalah menjelajah internet. Nah, adanya jaringan 4G semakin memuaskan pengguanya saat berselancar di dunia internet.

Selain itu adalagi nih, Mas.. Selanjutnya ada keistemewaan di tampilannya.  Zenfone ZE500KL memiliki tampilan yang menarik berkat ZenUI.

HP keren tapi tampilan dalamnya biasa aja atau membosankan itu sama saja seperti teh tanpa gula, Mas. Tapi tidak dengan Zenfone laser ini. Selain kinerja yang keren,  Asus juga membekali ZenUI untuk kostumasi tampilan layar HP yang lebih elegan dan menarik, serta tidak membosankan. Jadi, kita akan betah berlama-lama bermain HP karena tampilannya menarik dan bisa diatur sesuka hati.
Semua orang pasti suka dong dengan tampilan HP atau antar muka yang menarik.
Seperti saya ini, Mas. Saya suka kalau warna tampilan biru semua. Dengan ZenUI, saya bisa atur tampilan HP saya seperti yang saya mau.

Secara total, ada sekitar 1.000 modifikasi dari tampilan Android standar hingga menjadi tampilan yang bisa kita lihat sebagai ZenUI dari Asus.


Selain mempercantik tampilan, kegunaan ZenUI juga untuk mempermudah dalam mengatur aplikasi yang dimiliki. Mas, bisa mengunci aplikasi tertentu agar tidak bisa diakses sembarang orang maupun memindahkannya ke SD card. Asik, tah?

Misalnya ada aplikasi yang pribadi banget, kita bisa menjaganya agar tidak bisa diakses orang lain. Itulah kehebatan ZenUI.

Dan sekarang, tampilan antarmuka di HP udah keren, tampilan fisik Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL pun juga disama kerenkan, Mas. Ya, kalau Mas mau tau nih, Desain Asus Zenfone itu sudah meraih iF Design Award 2015 karena tampilannya yang keren, inovatif dan ergonomis sesuai dengan kehidupan penggunanya.

Kalau Mas pemerhati yang baik, HP ini masih seperti jajaran zenfone lainnya, Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL ini umumnya dibuat dengan Grasir melingkar pada tombol power dan di bawah soft button. Desainnya pun masih sama dengan Zenfone lainnya, terdapat tombol power, speaker, panel soft dan kamera. Tapi, ada 1 yang berbeda, ada jendela laser berwarna hitam yang berada di sebelah kamera belakang.


Ohiya, Teknik molding NCVM yang unik pada back cover juga membuat bagian penutup berbahan plastik ini jadi terlihat seperti bahan metal yang mudah digenggam.

Nah, ngomongin mudah digenggam, Mas tau dong kalau jajaran Zenfone berbentuk melengkung di sisi belakang? Iya, benar. Asus masih memfokuskan jajaran Zenfone dengan keunggulan bentuk yang mudah digenggam itu, Mas!  Bentuk sisi belakangnya itu dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia.  Mungkin enaknya seperti genggam tangan pacar, Mas. *ehh..

“Oke, terima kasih atas penjelasannya, Mas. Tapi gini, saya mau cari HP yang kameranya bagus dan bisa saya andalkan buat digunakan dalam kompetisi fotografi. Apa HP ini bisa?” Ucap Rama sedikit memotong penjelasan laki-laki itu.

“Oh iya. Maaf Mas, saya terlalu semangat menjelaskan performa kecanggihan Zenfone 2 Laser 5.0 sampai  lupa menjelaskan keunggulan utama yang dimilikinya. Tentu aja bisa, Mas. Dan kalau boleh jujur, Zenfone 2 Laser 5.0 adalah pilihan yang tepat untuk Mas andalkan buat kompetisi fotografi.

Mas, ini suka banget foto-foto, ya? Gak salah pilih deh kalau punya Zenfone 2 Laser 5.0. HP ini punya  kecanggihan kamera yang tinggi, Mas. Kamera belakang yang dimilikinya mencapai 13 MP. Jadi, kualitas gambarnya lebig bagus. Yang mengistimewakan lagi, kamera ini mampu menangkap fokus sangat cepat, yaitu dalam 0,03 detik.

Kenapa bisa secepat itu menangkap gambar? Itu karena smartphone ini memiliki sinar laser auto fokus berwarna merah yang bekerja untuk memfokuskan objek gambar yang akan diabadikan dari jarak dekat maupun jauh.

Kamera yang dimilikinya juga mempunyai nilai aperture hingga f/2.0, Mas sehingga bisa menangkap gambar yang bagus walau pun dalam keadaan yang minim cahaya. So' gak usah takut kalau mengambil foto saat malam hari.
Apalagi kalau di siang hari, hasilnya bagus banget, Mas. Mirip-mirip sama hasil kamera DSLR gitu, Mas. Mueheheh...

Buat lomba fotografinya, Mas, di HP ini bisa menggunakan mode fotografi. Tepatnya ada di sisi kiri bawah.  Ada 18 mode yang tersedia. Mas bisa menggunakan Auto, Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama,  Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.

Hp ini memiliki kamera depan dan belakang, Mas.. Kamera belakang beresolusi 13 MP, kalau kamera depan beresolusi maksimal 5 megapiksel. Di kamera depan ini, Mas bisa menggunakan 10 mode pemotretan, yaitu Beautification, Selfie Panorama, Auto, Night, HDR, Effect, Low Light, GIF Animation, Slow Motion, dan Time Lapse. 

Pengaturan kameranya juga banyak. Ada pengaturan untuk perubahan white balance, ISO, timer, nilai eksposur, deteksi wajah, kualitas gambar, pengaturan untuk video dan masih banyak lagi.

Banyak pilihan pengaturan kamera

Ya pokoknya Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL ini cocok deh buat Mas gunakna untuk kompetisi besok.

***
Rama terdiam. Smartphone ini memang memiliki kecanggihan luar biasa. Banyak keunggulan, performa yang bagus dan kamera yang dimilikinya sangat canggih. Kamera Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL ini sangat bisa diandalkannya untuk kompetisi lomba besok.

Namun Rama mulai gelisah memikirkan harga. “Pasti harganya mahal.” keluhnya dalam hati.

“Jadi gimana, Mas? Mau Zenfone 2 Laser 5.0 yang warna apa?” suara lelaki itu menyadarkan Rama dari lamunannya.

“Aduh, maaf banget, Mas. Sepertinya uang saya gak cukup beli HP secanggih ini. Uang saya hanya ada Rp. 2.500.000,- Saya cari HP yang lain aja deh, yang lebih murah. Hehhee”

“Yah, jangan sedih gitu, Mas, Uangnya cukup kok untuk beli Zenfone 2 Laser 5.0 ini. Malah masih ada kembaliannya.”

Rama tercengang, “Serius, Mas? Memang harga HP ini berapa, ya?” tanya Rama dengan wajah penasaran.

“Harganya hanya Rp 2.099.000 aja kok, Mas.”

Rama tersenyum. Masih ada rasa tak percaya dalam benaknya.

"Hah? Beneran, Mas? Yaudah, saya mau yang warna merah saja, ya."

Sekali lagi, Rama sangat kagum dengan Asus. Brand Elektronik terbesar ini benar-benar bisa memenuhi kebutuhannya tanpa harus merogoh dompetnya dalam-dalam. Ya, Asus menciptakan Zenfone 2 Laser 5.0 dengan harga yang sesuai dengan uang yang dimiliknya.

Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL, Smartphone yang Tidak Meragukan.
Kini Rama tau, kamera apa yang bisa diandalkannya untuk kompetisi  besok.

***

Pagi yang di cerah di kampus. Di halaman taman belakang, kompetisi lomba fotografi dilaksanakan.
Rama berjalan dengan penuh ketenangan. Digenggamnya smartphone Zenfone 2 Laser 5.0 yang telah diandalkannya untuk meraih kemenangan.
Semangatnya masih  membara.
Selesai berkompetisi, Rama bergabung dengan teman-teman sekelasnya. Dengan bangga, ia menunjukkan gambar  hasil kamera canggih dari smartphone yang semalam baru menjadi miliknya.

Pemenang kompetisi memang baru diumumkan 14 hari lagi, tapi Rama yakin, namanya pasti ada di salah satu daftar pemenang kompetisi itu.

4 komentar:

  1. walaahh aku baru tau fungsinya laser di hape ini ternyata untuk menangkap autofokus lebih cepat heheh.. good luck nuiii ^^

    BalasHapus
  2. Spesifikasinya oke banget. Asus memang keren :D

    BalasHapus
  3. pengen punya gadget ini. seru banget nih. Kayanya spesifikasinya sangat menawan hati

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Blog Archive

Popular Posts

Partner

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia