Jakarta nurri@nurlianasyaf.com 0856-9529-3813 @ranurri Catfiz: @ranurri

Hanya Sebuah Diary ......

Kamis, 30 Juni 2016

Cara Sederhana Agar Tubuh Gak Kekurangan Cairan

Salah satu penyebab datangnya penyakit dalam tubuh kita adalah karena tubuh kita ini kekurangan cairan alias kurang minum air mineral atau air putih bening. Ketika sedang sakit pun, obat yang bisa menyembuhkan kita adalah air putih. Tapi nih, gak bisa dipungkiri kalau banyak dari kita masih sering jarang minum. Padahal, dalam sehari, tubuh harus mendapat cairan yang cukup. Iya apa enggak, nih? :p
Source: Google

Jika tubuh kita kurang minum, salah satu tanda yang paling jelas bisa kita lihat adalah urine atau air kencing yang berwarna kuning. Kalau warnanya putih bening, berati itu normal. Coba deh kamu ingat, tadi pipismu warna kuning atau putih bening? :v

Kalau kamu bertanya-tanya, berapa banyak air yang harus kita minum dalam sehari? Nih jawabannya:
"Kebutuhan cairan tiap orang memang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari." - Alodokter.com
Banyaknya aktivitas memang sering kali membuat kita lupa minum. Aku akui itu. Apalagi buat blogger-blogger kece, manis, keren, cantik, ganteng seperti kita. Aktivitas di depan laptop sering kali membuat kita lupa waktu, lupa melakukan kewajiban yang seharusnya dilakukan, salah satunya ya ini, minum air putih atau air mineral. Hem.. Laper, Aus, suka gak dirasa!  Yap, itu aku banget.

Berjam-jam di depan laptop membuat kita lupa segalanya. Kalau udah PW, mau bangun ke toilet aja rasanya males. Laper ingin makan atau aus ingin minum juga kadang masih ditahan. Padahal, minum itu gak melulu pas lagi aus juga lho.

Tapi, sekarang aku makin sadar kalau kebiasaan itu harus segera dimusnahkan. Kesibukan boleh banyak, tapi kesehatan harus tetap dijaga, Iya, tah?!

Alhamdulillah, saat ini aku mulai meninggalkan kebiasaan jarang minum itu. Nah, buat kamu yang punya masalah jarang minum karena lupa, aku punya beberapa trik supaga kamu gak lupa minum, dan tubuh gak kekurangan cairan. Yuk, simak caranya!

Letakkan Botol Minum di Samping Laptop


Menurutku cara ini ampuh banget. Dengan meletakkan botol minum berisi air minum di samping laptop atau monitor, mata kita pasti akan sering melihat botol minum itu. Melihat botol minum yang berisi air, otomatis pikiran akan mengingatkan kita untuk minum. Dan otak pun akan memerintahkan tangan untuk mengambil botol minum itu dan mendekatkannya ke bibir. Dan..... glek.. glek.. air pun masuk ke tubuh kita. Hore!!!

PS: Ini lagi bulan puasa. Jangan meletakkan botol minum di samping laptop. Takutnya malah diminum.

Set Alarm
Jika meletakkan botol minum berisi air minum di samping laptop atau monitor belum ampuh mengingatkanmu untuk minum, kamu bisa melakukan cara lain, yaitu dengan memasang alarm sebagai pengingat. Trik ini pernah aku lakukan untuk mengingatkan agar aku makan dan minum tepat waktu, lho.  Dan lumayan, sangat membantu. Hahaha....

Melakukan Aktivitas di Dapur
Lucu dan mungkin ribet memang.. Meletakkan botol minum berisi air minum di samping laptop atau monitor gak ampuh, set alarm juga belum berhasil, baiklah kamu butuh cara yang lain lagi. Mungkin kamu harus melakukan aktivitasmu di dapur saja!

Kebanyakan orang akan datang ke dapur jika ingin makan dan minum. Nah, kalau kamu melakukan aktivitas di dapur dan melihat salah satu keluargamu akan makan atau minum, otomatis kamu akan keingatan untuk minum.

Jika di rumahmu gak ada orang dan itu berarti gak ada yang datang ke dapur untuk minum, berarti kamu butuh kasih sayang dari seorang istri, suami, pacar, atau mantan yang bisa ngingetin kamu buat minum.

Tapi kebangetan banget sih kalau 3 cara di atas gak ampuh buat kamu. Itu tandanya kamu gak sayang diri sendiri. *Uhuks...

Kekurangan kasih sayang gak boleh buat kamu jadi kurang minum, ya! *ehh 
Semoga bermanfaat!

11 komentar:

  1. Wah itu cara yang sering saya lakukan mb tapi bukan botol yang di simpan di samping monitor adalah dispenser :) sehingga kalau haus tinggal minum deh :) jangan khawatir saya sip malem qo jadi gak bakal batalin puasa :) hihi

    BalasHapus
  2. aku tiap hari, minum air putih 6 botol per hari nur :l
    Botol yang 600ml

    BalasHapus
  3. Iya nih, aku kekurangan asupan yang bening bening. Entah kapan yang bening bening itu bisa menemani di samping letopku :|

    BalasHapus
  4. cara yng telah banyak orang pakai ya seperti diatas itu sih, tapi kalau saya mah nggak disamping laptop tapi dibelakangnya supaya nggak terlihat oleh temen kerja...malu, soalnya lagi bulan puasa

    BalasHapus
  5. Emang sih kadang minum ini suka terlupakan ama aktivitas yang 'gak bisa keganggu'. Saya juga minum kalo lagi haus doang. Harusnya 8 liter kan? Saya paling cuman 2 liter per hari.

    Beda ama makan, kalo makan mah gak akan pernah terlupakan, seperti mantan pacar..

    BalasHapus
  6. Sepertinya bisa dicoba nih mbak, tapi alhamdulillah saya meskipun kurang minuma tapi masih aman aman saja nih.

    BalasHapus
  7. botol minum dekat laptop udah kebiasaan dari dulu selalu ada
    sampe kadang lupa sudah imsyak, haha

    BalasHapus
  8. Samping laptop, segelas kopi biar betah melek. Aku memang kurang minum air putih. Kalau kopi bisa sepuluh gelas lebih.

    BalasHapus
  9. Banyak minum itu penting banget emang. Aku tiap puasa entah kenapa jadi kurang minum. Mestinya lebih banyak ya, soalnya takut kurang cairan kan. Waktu kemaren-kemaren pas sakit, pas cek darah dan diambil darah kata yang ngambil darahnya darahku kental karena kurang minum. Emang bener sih. :|

    Biasanya aku minum kalau haus aja, tapi enggak pernah dirutinin dan ditargetin mesti minum seberapa banyak. Soalnya suka kembung duluan liat air ahaha tapi tipsnya boleh juga tuh nuy.

    BalasHapus
  10. Keren nih mba, aku puasa begini malah kurang minum mulut terasa pait :D

    BalasHapus
  11. exatly , gue minim 8 botol setiap harinya kayakny itu gak kekurangan cairan kan

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Blog Archive

Popular Posts

Partner

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia