Jakarta nurri@nurlianasyaf.com 0856-9529-3813 @ranurri Catfiz: @ranurri

Hanya Sebuah Diary ......

Kamis, 09 Juni 2016

Problematika Laptopku di Windows 10

Laptopku, Pacarku. Mungkin itu ungkapan yang tepat buat wanita single, 21 tahun yang setiap hari bermesraan dengan laptopnya. Sayang-sayangan, pegang-pegangan, elus-elusan, bahkan sampai tidur bareng juga di kamar. Astaghfirullah!!! 


Sebut saja wanita itu adalah aku. Yap, hampir setiap hari aku menghabiskan waktu bersama laptop untuk mengerjakan berbagai hal, mulai dari yang penting sampai yang tidak penting. Laptop yang aku miliki dari Brand Asus dengan type X453M. Sedikit tentang spesifikasinya, laptop 14" ini memiliki RAM 2GB dan dukungan prosesor Intel Bay Trail M Dual Core 2840 yang berkecepatan hingga 2.58GHz. Saat pertama membelinya, kurasa kemampuan laptop ini cukup untuk digunakan buat ngeblog dan mengerjakan tugas kantor.

Ini adalah laptop pertama yang aku beli sekitar bulan September 2015 menggunakan uang jerih payahku sendiri. *halah...

Harganya memang masih kelas bawah, tapi aku sangat bersyukur dan bergantung pada laptop ini untuk keseharianku. Tapi sungguh disayangkan, akhir-akhir ini aku merasa ada yang tidak beres dengan laptopku.

OS atau Operating System bawaan dari laptop ini adalah Windows 8, ori. Dalam pemakaian bulan pertama aku sudah merasa kurang nyaman saat menggunakan laptop ini. Aku sering mengalami masalah karena sepertinya laptopku ini kurang mumpuni atau keberatan dengan penggunaan windows 8. Karena setiap kali membuka windows, (menu, atau apalah itu namanya) malah terjadi hank dan sebagainya. Hanya opini, ya. :D

Karena masalah itu sering terjadi, akhirnya aku berpikir untuk mengganti/menurunkan OS nya menjadi Windows 7 biar lebih entengSetelah konsultasi dengan temanku yang lumayan paham laptop, mereka pun menyarankan hal yang sama. Tapi, ada beberapa teman yang menyarankanku untuk meng-ugrade windows nya menjadi 10. Konon katanya, windows 10 lebih ringan dari windows 8. Sayang juga jika harus instal ulang ke windows 7.

Dan akhirnya, aku memutuskan untuk meng-upgrade laptopku menjadi windows 10 dengan bermodalkan wifi kantor. 

Alhamdulillah, benar saja. Setelah OS-nya berubah menjadi Windows 10, laptopku jadi lebih ringan dan enak digunakannya. Gak loading lama alias lola seperti saat menggunakan Windows 8. Pokoknya, perbedaannya kerasa banget deh...

Namun sayang, beberapa bulan setelah itu aku mulai menemukan kejanggalan. Aku mulai merasa ada yang aneh dengan laptopku.

Icon Batrai dan Volume yang datang dan pergi
Aku ini orangnya kadang cuek, kadang perhatian layaknya pacar kamu. Suatu hari, setelah menyalahkan laptop, bagian desktop yang langsung aku lihat adalah taskbar untuk melihat berapa persen kapasitas batrai yang dimiliki laptopku. Namun na'as. Aku tidak menemukan icon batrainya.

Tidak ada icon batrai

Cari mencari, aku menelusuri semua icon yang ada di taskbar, sampai pada settingan icon. Coba tanya ke beberapa teman dan google, tapi setingan iconku sudah benar.

Akhirnya aku memutuskan untuk merestart laptop. Setelah laptop hidup kembali, icon batrai tetap tidak muncul.

 - aku pun pasrah -

Keesokan harinya, ketika aku baru menyalakan laptop, ternyata icon batrai itu ada dan tampil manis ditempatnya. Trus kemarin ini icon kemana?
Waktu berlalu, sampai akhirnya aku sadar kalau icon batrai di laptopku kadang muncul , kadang hilang. Padahal, setingan tidak pernah berubah.
Belum selesai dengan masalah icon batrai yang datang dan pergi itu, hari ini, aku mendapati kalau ada icon yang hilang lagi, yaitu icon volume. Padahal, biasanya ada icon volume disamping kanan icon network

Tidak ada Icon Batrai dan Volume
Aku meninjau kembali kejadian ini dengan melihat setingan icon nya. Dan hasilnya begini.

Icon batrai (Power) dan Volume dalam keadaan off. Namun gak bisa diubah jadi on. Gak bisa diklik gitu lah pokoknya. Sekali lagi, aku gak pernah utak-atik setingan. Cukup hati kamu aja yang diutak-atik. 

Aku gak ngerti kenapa ini semua bisa terjadi. Entah pengaruh setelah upgrade windows atau memang dasarnya laptop ini yang bermasalah. Yang pasti, kondisi ini lumayan bikin gak nyaman. Gak ada icon batrai, aku jadi agak ribet harus buka settingan untuk lihat sisa batrainya. Gak jarang laptopku tiba-tiba mati karena ternyata batrainya habis karena sangking asiknya main. Dan icon volume yang gak ini bikin aku kebingungan juga, gimana cara supaya laptopku ada suaranya? Soalnya kemarin sore, terakhir aku pake laptop, suaranya aku mute. Hahah..

Aku coba naikin volumenya dengan menggunakan keyboard tapi gak ada hasil.

Aku juga gak tau, apa icon volume ini datang dan pergi kayak icon batrai atau akan hilang selamanya. Karena baru hari ini mengalaminya.

Kenapa gak dibawa ke Asus Service Center aja?
Ng.... Belum ada waktu nih.  Senin - Jumat, kerja. Sabtu ada acara kencan bareng mantan. Minggu, ASC tutup.  Jadi ya untuk saat ini masih bertahan, nikmatin kondisi ini dulu sampai lihat perkembangannya. Pengennya sih menyelesaikan masalah ini tanpa harus ke tukang serpis. Huahahah....

Tapi, yaa.... masih bingungin, sih. Sebenarnya laptop ini kenapa?

Apa masalah ini hanya aku yang rasa? Atau kamu juga pernah atau sedang mengalaminya? Yuk, ah, coba berbagi cerita! Atau ada yang mau kasih aku solusi tentang masalahku ini? Boleh banget!

Ditunggu di kolom komentar, ya! :D

8 komentar:

  1. Seringkali tuh. Linghtingku udah mati, volume pakai keyboard juga ndak bisa, batrey jangan ditanya lagi (udaah meleduk). Hahaha. Ini sudah laptop kedua dan masih saja gitu, emang kayaknya aku cuma bakat ngasih kasih sayang ke manusia (apalagi dia), bukan ke laptop. :'(

    BalasHapus
  2. HUahahah.......
    Masalahmu kayaknya cukup serius, Kak...
    Udah pernah bawa ke service centernya belum?

    BalasHapus
  3. Ilang2an mulu.. Persis kaya gebetan, gebetan yg mucul pas lagi butuh doang..

    Astagfirulloh :v

    BalasHapus
  4. Hampir sama dengan laptop aku. Laptop aku serinya di atasmu dikit. Pernah juga instal Windows 10, bisa memang, tapi sayang drivernya belum mendukung sepenuhnya. Di situs resmi download-nya memang belum ready. Saran saya, balik ke Windows 8 saja asal jangan balik ke sang mantan ea ea ea :) Kalau pengen enteng tambah atau upgrade RAM-nya. Punyaku udah aku upgrade kenceng banget. Mouse-nya baru dilihat aja udah jalan sendiri he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahha... Saran dari yang lain juga katanya mending tambah ram aja biar enteng. Kayaknya mau begitu aja. Kurang sreg sama windows 8. Huhuhu

      Hapus
  5. kalo yang masalah suara kemungkinan drivernya belum di update tuh soalnya ganti os, waktu saya upgrade ke win 10 juga banyak driver yang harus di update terus saya abis upgrade win 10 internet malah jadi lemot banget -_-

    BalasHapus
  6. punyaku windows 7 dong, dan gak ada masalah, dulunya sih windos 8, yasama mengalami sedikit masalah gitu

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Blog Archive

Popular Posts

Partner

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia