Hanya Sebuah Diary ......

Thursday, 20 October 2016

Asuransi Jiwa Mikro SiPeci - Premi 50 ribu untuk 1 Tahun

Asuransi Jiwa Mikro si Peci, Premi 50 ribu untuk 1 Tahun - Kalian pasti pernah menjadi "korban" dari para marketer jasa penyedia layanan Asuransi. Entah Asuransi Pendidikan, Kesehatan, Jiwa, dan lain sebagainya. Saat dijelaskan mengenai manfaat dan keuntungan kita dapatkan, saat itu pula kita jadi tertarik dan berkeinginan untuk bergabung dengan jasa asuransi tersebut. Namun apa daya, setelah dijelaskan mengenai premi yang harus dibayar, kita hanya bisa tertunduk lemas lalu gak jadi join. Siapa yang gitu hayo? Wkwkw

Jujur, kadang kala saya tertarik untuk mendaftarkan diri pada layanan asuransi. Tapi, mendadak lemes pas tau premi atau uang yang harus dikeluarkan ternyata gak murah. Akhirnya saya pun cuma bisa pasrah meng-asuransikan diri kepada Allah SWT saja, namun tetap mengikuti jaminan kesehatan BJPS dari pemerintah dengan membayar Premi Rp. 80.000/bulan yang difasilitasi dari kantor.

Ohiya, buat kamu yang belum tau apa itu Asuransi, ada sedikit penjelasannya nih.
"Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Istilah "diasuransikan" biasanya merujuk pada segala sesuatu yang mendapatkan perlindungan. - Wikipedia"

Tapi, pemikiran tentang biaya Asuransi yang mahal itu seketika berubah setelah saya datang ke event Seminar Edukasi Keuangan bareng Sinar Mas MSIG Life dan Komunitas Warung Blogger. Karena di akhir acara, saya dan semua peserta dihadiahkan atau mendapat sebuah kertas keras seperti voucer pulsa yang ternyata adalah sebuah Voucer Asuransi Jiwa Mikro dari SiPeci.

Kalian pasti bertanya-tanya apa itu Asuransi Jiwa Mikro Si Peci. Saya juga awalnya gak tau itu. Tapi, setelah membuka bungkusannya dan mencari info  di Mbah Google, ternyata Asuransi Jiwa Mikro SiPeci adalah Asuransi yang merupakan produk amanah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonedis) yang diciptakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah agar dapat memiliki asuransi sebagai mekanisme perlindungan atas risiko keuangan yang dihadapi. 

Asuransi Jiwa ini sengaja diciptakan supaya semua masyarakat bisa memiliki asuransi dengan harga yang ekonomis dan terjangkau. Yaitu dengan Preminya yang hanya Rp. 50.000,- untuk 1 tahun.

Kalian pasti tau kalau mendaftar sebuah layanan asuransi itu tidak murah dan mudah. Tapi itu gak berlaku untuk Asuransi Jiwa SiPeci, karena SiPeci memiliki motto SMES, yakni Sederhana administrasinya, Mudah didapat, Ekonomis harganya, dan Segera proses pembayaran klaimnya.

Yakin proses administrasinya sederhana? Iyalah, karena daftarnya cuma lewat SMS aja.
Cara bergabung asuransi ini mudah banget. Kita tinggal membeli Voucer Asuransinya. Kemudian Gosok voucernya agar terlihat/mendapat kode atau nomor pin. Nah, setelah mendapat kode atau nomor pin itu, kita tinggal mendaftarkan diri dengan cara mengirim SMS melalui ponsel atau smartphone yang kita miliki.

Cara daftarnya:
Ketik: REG<spasi>NO PIN<spasi>NAMA PESERTA<spasi>Tgl/Bln/Thn lahir<spasi>NO. KTP(tanpa titik & spasi)
Kirim SMS-nya  ke:    08111385000

Setelah melakukan aktivasi, kita akan menerima Konfirmasi Kepesertaan melalui SMS dari Perusahaan Asuransi dalam waktu 1x24 jam. Lihat contohnya pada gambar di bawah ini, ya.


Contoh Mendaftar Asuransi Jiwa Mikro SiPEci
Kalau sudah mendapat SMS balasan dari SIPECI, segeralah simpan kode kepesertaan itu bersama Voucer, Polis dan Form Klaimnya yang kita dapatkan saat membeli Asuransi ini. Karena akan dibutuhkan saat kita mau perpanjang asuransi atau mau klaim. 


Form Klaim dan Polis
Nah, kalau kamu gak menerima SMS konfirmasi kepesertaan, secepatnya kamu menghubungi layanan peserta, ya.

Jika sudah terdaftar sebagai peserta, kita akan mendapat keuntungan atau manfaat seperti:
  1. Bila meninggal dunia bukan karena kecelakaan, Peserta akan mendapatkan santunan sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah)
  2. Bila Peserta meninggal dunia karena kecelakaan, Peserta akan mendapatkan santunan sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah)

Asuransi Jiwa ini hanya berlaku selama 1 tahun. Tapi bisa juga diperpanjang dengan membeli voucernya lagi. Kemudian melakukan daftar perpanjang dengan mengirim SMS lagi.

Caranya perpanjangnya:
ketik: EXT<spasi>NO PIN<spasi>KODE KEPESERTAAN kirim ke  08111385000

Nah, untuk menjadi peserta Asuransi Jiwa ini minimal usia pesertanya harus 6 tahun sampai 65 tahun, ya.

Lalu gimana cara Klaim atau meminta "hak" dari Asuransi Jiwa Mikro SiPeci?
Caranya juga mudah:
  1. Melapor dalam 30 hari setelah musibah terjadi ke Konsorsium melalui kantor cabang Asuransi terdekat dengan membawa dan mengisi berkas Form Klaim
  2. Membawa Surat keterangan meninggal dari pihak berwenang yang menyatakan tanggal dan penyebab meninggal
  3. Membawa Copy KTP dan Kartu Keluarga
Klaim ini akan diproses atau dibayar dalam 10 hari kerja.

Produk bersama Asuransi Jiwa Mikro 'SiPeci' ini telah disosialisasikan pada 16 September 2014 di Kantor Sekretariat AAJI, dihadiri oleh 70 orang perwakilan perusahaan anggota AAJI.
OJK berharap, dengan adanya SiPeci dapat meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia.
Semoga tercapai, ya ^.^

Jadi menurut kamu, gimana dengan Asuransi Jiwa Mikro dari Sipeci yang preminya hanya Rp. 50.000 untuk setahun ini? Mueheheh... Murah, ya?! Semoga benar-benar bisa membantu masyarakat menengah ke bawah. Karena jika salah satu keluarganya ada yang meninggal dunia dan dia terdaftar dalam asuransi ini, keluarganya akan mendapat "hak" dari pihak asuransi yang dimana uang tersebut akan sangat bermanfaat untuk keluarga yang ditinggalkan.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Jiwa Mikro dari SiPeci ini, kamu bisa mendapatkannya pada agen atau lembaga atau jasa asuransi jiwa yang bekerjasama dengan Konsorsium SiPeci. Atau mungkin kamu bisa mencari informasi dengan menghubungi Kantor Layanan Konsumennya di 021- 315 50 000 atau 085 21915 0000

Asuransi Jiwa Mikro SiPeci ini memang belum banyak dikenal. Tapi semoga kedepannya bisa bermanfaat dengan baik, terutama untuk masyarakat menengah ke bawah. 

Semoga bermanfaat!
Share:

8 comments:

  1. Wah wah benar-benar murah. Jadi penasaran banget, Aku juga masih menggunakan BPJS kelas dua.

    ReplyDelete
  2. Duh, punyaku kebawa sama pacar. Waktu pulang acara seminar, gue langsung kondangan dan nitip segala bingkisan. Ahaha.

    Ternyata murah juga, toh. Ntap! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocoklah Yog buat masyarakat menengah bawah :D

      Delete
  3. Padahal 50ribu, setahun pula ya Mbak kok masih ada yg sayang keluarin duit buat asuransi kesehatan. 50rb buat rokok 2 pak/hari mah gak kerasa, tapi buat asuransi dikesampingkan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUahahaha, iya. Penyakitnya orang Indonesia tuh, Banyak mikirnya :D

      Delete
  4. konsep asuransinya simple banget ya mba, dan murah juga bener-bener cocok dan bisa bermanfaat untuk masyarakat menengah ke bawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik. Heheh

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top