Hanya Sebuah Diary ......

Monday, 31 October 2016

Bersama Catfiz - Dari Mengapresiasikan sampai Jadi Kebutuhan

Bersama Catfiz, Dari Mengapresiasikan sampai Jadi Kebutuhan - Beberapa waktu lalu, aku pernah "terjebak" datang ke sebuah acara yang pesertanya hampir semuanya adalah seorang Programer, "anak IT"  atau orang-orang yang mengerti tentang luar dalam teknologi. Banyak diantara mereka yang pekerjaannya membuat sebuah aplikasi untuk perusahaan tempat mereka bekerja.

Di sana, mereka berbagi tentang pengalaman mereka dalam membuat aplikasi. Mulai dari menyusun kode-kodenya, sampai memasarkannya. Entah, ya, aku bukan menjadi bagian dari mereka yang mengerti seluk-beluk teknologi, jadi kurang paham istilah-istilah atau bahasa yang mereka gunakan dalam obrolan itu. Tapi yang aku tau pasti adalah untuk membuat sesuatu itu gak mudah. Apalagi sebuah layanan messenger, chatting, atau aplikasi buat ngobrol seperti BBM, Whats App, Telegram dan lainnya yang sudah mendunia.


Saat itu aku mikir betapa kerennya mereka yang menciptakan aplikasi-aplikasi itu. Sayangnya, sayang banget, aplikasi yang populer digunakan sekarang itu rata-rata bukan buatan atau produksi dari Indonesia. Lalu kapan ya Indonesia berkarya?



Sampai suatu ketika, ada seseorang yang memberitahuku kalau Indonesia juga aplikasi messenger, Loh!
Wow. buatan Indonesia? Kok aku baru tau? Ah, menyedihkan! Apalagi katanya aplikasi ini sudah ada sejak lama, sekitar 4 tahun yang lalu.

Semua berawal dari obrolan gak jelas sore itu. Tiba-tiba, teman bloggerku menyebut sebuah aplikasi yang bernama Catfiz. 

"Apa itu Catfiz?" Sebuah pertanyaan yang pasti akan diajukan semua orang yang baru mendengar suatu kata yang asing baginya. Iya, aku bertanya demikian ketika dia menyebut-nyebut Catfiz.

Sebelum dia menjelaskan apa itu Catfiz dia nyindir aku terlebih dahalu. "Pasti gak tau Catfiz kan. Padahal Catfiz itu buatan Indonesia, lho!
Jleb! Pribumi macam apa aku ini. Sebuah karya anak bangsa sendiri tidak kugunakan. Bahkan parahnya, aku tidak mengetahuinya. Maafkan aku! Tapi semua belum terlambat, kan?

"Jadi Catfiz itu apa?" Karena aku ingin lebih mengenal karya anak bangsa sendiri, aku pun terus medesaknya untuk menjawab pertanyaan itu.

"Catfiz itu aplikasi layanan untuk ngobrol atau aplikasi messenger seperti BBM atau Whats App gitu."

Setelah mendengar penjelasan itu, tanpa ragu dan gak mau nanya-nanya lagi, aku langsung download aplikasi Catfiz di Play Store yang ada di hape androidku.

Mengenal Catfiz Lebih Dekat
Tak kenal maka tak sayang. Gak afdol banget kalau menggunakan sesuatu tapi gak tau seluk-beluknya. Nah, demi sayang dengan Catfiz ini, aku mencari info tentang aplikasi ini dari berbagai media.

Messenger Catfiz dikenal dengan nama lain "Lele", Catfiz atau CF adalah aplikasi messenger dalam sistem operasi android yang merupakan hasil karya anak bangsa Indonesia. Iya, Catfiz adalah produk dalam negeri yang memang belum terlalu mendunia. Namun, sudah banyak juga masyarakat Indonesia yang mengenal dan menggunakan aplikasi ini. Terutama banget di kota Surabaya, kota tempat tinggal para Founder atau pencipta aplikasi ini.  Gak hanya di Indonesia juga, negara lain seperti Arab dan India sudah menggunakan Catfiz ini, lho. Makanya, Catfiz hadir dengan 3 pilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.

Terhitung sudah sekitar 70.000 pengguna yang menggunakan Catfiz pada awal tahun 2016. Pasti menuju akhir tahun ini sudah bertambah lebih banyak lagi, ya. 

Mengapa dinamakan Catfiz yang artinya Lele? Semua berawal dari diskusi di pinggir kolam ikan Lela. Lele termasuk ikan yang mudah berkembang biak, disukai banyak orang. Lele yang dalam bahasa Inggris adalah Catfish disulap menjadi Catfiz. Alasannya tentu untuk membawa dampak yang baik untuk CF dari waktu ke waktu. 

Kalau dengar kota Surabaya dan 10 November, aku jadi ingat Hari ulang tahunku Pahlawan. Nah, bersamaan dengan itu Catfiz mulai ada di Play Store. Tepatnya pada 10 November 2012. Hadirnya Catfiz di samakan dengan hari bersejarahnya kota Surabaya. Tapi, sebelum ada di Play Store, sudah banyak juga masyarakat, yang menggunakan CF melalui download dari situs resminya, https://www.catfiz.com/. Awal mulanya tentu aja  dari "orang dalam" Catfiz yang akhirnya menyebar ke masyarakat luas.

Sebenarnya, Catfiz memiliki usia yang hampir sama dengan aplikasi BBM, WA, atau Line. Namun perkembangannya tidak terlalu sepesat mereka. Jadi negara kita sendiri, kita malah lebih menggunakan produk luar negeri. Duh, yuk, sadar!


Sejak awal mula Catfiz hadir, CF sudah memiliki keunggulan aplikasi messenger yang mempunyai fitur pembaruan status/aktivitas yang bisa disukai atau komentar seperti media sosial facebook. Namun bentuknya lebih sederhana dan simpel.


Waktu berlalu dan membuat CF semakin berkembang. Yang tadinya masih versi beta, sekarang semakin melakukan pembaruan hingga versi 2.2. 

Apa yang Istimewa di Catfiz?
Sekitar awal bulan Agustus 2016 kemarin, untuk pertama kalinya aku bergabung di Catfiz. Saat itu, daftar teman yang ada di kontakku baru 3. Karena suatu hal, aku terpaksa absen dulu dari aplikasi ini, dan kembali menggunakan CF pada 19 Oktober 2016. Nah, saat ini aku baru mulai mengerti CF dan merasakan istimewanya Catfiz. Daftar teman dan grup CF juga mulai nambah. Hehhe

Kalau kamu menggunakan aplikasi ini, penggunanya akan mendapat NIC: Nomor Induk Catfiz (semacam pin BBM) dan username yang digunakan sebagai Identitas agar teman lain bisa menemukan akun CF kita dengan mudah.
Nih, akun Catfizku @RaNurri atau NIC: 8F9A13AE3F. Jangan lupa di Add dan Chat catfiz aku, ya :D

Untuk mengetahui Identitas kita ini, kita bisa melihatnya di bagian profil. Tampilan Profil kita ini ada dibagian kanan atas. Di sana, kita bisa mengatur melihat dan update status atau foto profil, mengetahui barcode id, username dan NIC, serta melakukan pengaturan untuk akun kita. 


Tampilan Profil @RaNurri


Di Catfiz, kita bisa berinteraksi dengan teman lewat update, like dan komentar di status



Salah satu yang membuatku merasa betah di Catfiz adalah adanya fitur bisa pajang status yang dilengkapi dengan sukai dan bisa berkomentar juga. Ini seru. lho! Jadi, CF ini semacam facebook yang bisa komen dan like, tapi sederhana dan simpel namun tetap terasa keseruannya.

Dengan adanya fitur ini, jadi ngerasa dekat dengan teman-teman CF yang ada di kontakku. Aku bisa melihat aktivitas mereka, termasuk apa yang mereka rasakan melalui pembaruannya. Aku juga kalau lagi iseng atau bete, jadi bikin status kemudian di komen dengan teman lain. Jadinya kita balas-balasan komen, atau bahkan ngobrol di status. Hehehe


Ada tempat penyimpanan data 


Namanya Fizzlink. Ini tempat penyimpanan data dalam aplikasi Catfiz. Kita bisa mengunggah file dengan format apa saja hingga kapasitasnya mencapai 500MB. Keunggulan Fizzlink yang menguntungkan kita banget, kalau kita unggah file, kita tidak akan mengeluarkan kuota internet lagi jika ingin membagikan file tersebut.  Jadi, makan kuotanya cuma pas pertama kali unggah aja.

Fizzlink ini bisa sangat bermanfaat kalau kita punya online shop. Sekali unggah file atau foto, bebas dibagikan kemana aja tanpa takut kuota abis. 

Gak ada iklan yang bersebaran
Aku jera dengan aplikasi yang di dalamnya bertaburan iklan. Misalnya BBM. Apalagi lagi iklannya ngeselin banget. Padahal gak mau buka iklan tersebut, tapi ada saat "trik" dari aplikasinya yang membuat aku terjebak masuk ke dalam iklan tersebut. Makanya, aku hanya pake BBM kalau lagi butuh aja. Aplikasi andalan aku saat ini cuma Whats App dan Catfiz. Alasannya tentu saja karena di dalamnya gak ada iklan dari pihak ketiga. 

Daripada kamu semakin penasaran dengan Catfiz, simak ulasan dan pengalamanku, yuk!

Hampir sama seperti aplikasi Whats App, untuk masuk ke aplikasi ini, kita hanya perlu memasukkan nomor telepon. Setelah itu, pihak CF akan mengirim kode verifikasi agar login sukses. Jika sudah masuk dalam aplikasi, baru setelahnya kita bisa mengatur email agar CF kita makin aman. 


Dari segi tampilan, Catfiz menjunjung tinggi warna merah putih. Tema ini bawaan dan gak bisa diganti. Desainnya sederhana, simpel dan enak dilihat. Ya, meskipun aku lebih suka yang biru-biru, aplikasi ini cukup memanjakan mata juga dengan warna merah putihnya.

Biar obrolan jadi lebih seru, gak ketinggalan Catfiz menyediakan emot-emot lucu seperti aplikasi lainnya. Tapi tetap mempunyai ciri khas sendiri. Entah, ya, aku merasa emotnya lebih lucu-lucu meskipun masih kala banyak dengan emot di aplikasi Whats App.
Selain emot, ada juga stiker kartu yang Indonesia bangetlah pokoknya. Mueeheheh

Selanjutnya, mari kita lihat yang ada di Catfiz!
:Pembaruan
Layaknya layanan obrolan pada umumnya, Catfiz ini memiliki Pembaruan atau yang biasa kita sebut beranda. Nah, di beranda ini, kita bisa melihat update-an status atau update foto profil dari teman-teman yang ada di kontak kita.
Seperti yang aku bilang tadi, di beranda ini, fiturnya mirip seperti facebook. Kita bisa berkomentar dan menyukai kiriman dari yang teman kita. 

Di kolom komentar pada status, kita bisa menggunakan kutipan agar membalas komennya terarah atau jelas untuk siapa. Jika ada suatu aktivitas dari status tersebut, misal ada yang komentar atau like, otomatis, status itu akan berada di paling atas.

::Obrolan
Di sini tempat kita untuk ngobrol atau mengirim pesan pribadi ke teman kita. Gak hanya pesan teks biasa, kita bisa mengirim file dengan berbagai tipe, bisa juga mengirim rekaman suara. Ciri khas Catfiz yang beda dari aplikasi messenger lainnya adalah adanya BLITZ!!! atau semacam PING!!! jika di aplikasi BBM.

:::Grup
Ngobrol berdua memang jadi lebih intim dan privat. Tapi ada kalanya kita ingin ngobrol bareng teman lebih dari satu, alias rame-rame biar tambah seru. Nah, kalau mau begini, berarti kita perlu membuat sebuah grup.

Bisa ngapain aja di grup?
Dibagian bawah kiri bawah dalam layar grup yang sudah di buka, ada opsi lampiran yang bisa kamu gunain untuk memasukkan berkas ke dalam grup.

So' kalau kamu ingin mengirim dokumen dalam sebuah layanan obrolan, Catfiz ini bisa sangat membantumu banget. Ngirim foto, video, audio, dan berkas-berkas lainnya bisa. Bahkan, di grup ini, kamu bisa mempromosikan akun CF temanmu. Ya, barangkali dia jomlo dan butuh jodoh. Bisa tuh di promosiin biar segera bertemu dengan jodohnya. *uhuks!

Minggir ke bagian kanan bawah, ada ikon emot yang kalau kita buka akan berisi emot-emot lucu yang bisa kita gunain buat bikin obrolan kita makin seru. Iya. Kalau menurut aku pribadi, sebuah obrolan dengan menggunakan emot itu jadi lebih berasa, karena emot itu kadang semakin membuat obrolan itu jadi seperti nyata.

Samping ikon emot, ada ikon seperti mic yang berfungsi kalau kita mau ngirim voice note atau rekam suara. Nah, ini nih yang makin bikin grup jadi seru. Kadang VN ini bisa kita gunain untuk merekam suara nyanyian dari salah satu member yang punya suara bagus.
Atau bermanfaat banget buat mereka yang capek atau males ngetik. Solusinya adalah ngomong aja, rekam, dan kirim!

Di bagian kanan atas, ada ikon 3 titik ke bawah yang merupakan opsi untuk nyeting grup. Mode hening itu berfungsi untuk mematikan notifikasi grup kalau memang aktivitas grup yang rame jadi bikin hape bunyi mulu. Nah, baiknya emang di heningkan aja. Selanjutnya juga dalam opsi ini, kita bisa menyimpan obrolan, menghapus obrolan, mengundang teman untuk bergabung juga, atau keluar grup.

Nah, kalau "Buat Pintasan" itu semacam pengatura supaya grup ini ada di layar depan hape kita. Jadi, kalau klik ikon grup yang udah ada di layar menu hape, kita akan langsung terhubung masuk ke dalam grup.

::::Teman
Tab selanjutnya, paling kanan, itu adalah fitur di mana kita bisa melihat daftar teman-teman yang ada di kontak kita. Untuk menambahkan teman, kita bisa menggunakan NIC, nomor telepon dan username. Atau bisa juga menggunakan undangan melalui media sosial.

Karena masih baru, daftar teman di CF aku masih baru 133 orang. Tapi dengan teman segitu, Catfizku udah lumayan rame obrolannya. Di berandaku juga gak pernah sepi dengan pembaruan status. Heheh

Yang Harus Kamu Tau di Catfiz
Sebagai pemula yang baru menggunakan sebuah aplikasi, kadang kita terlihat begitu awam, norak dan serba gak tau. Iya, itu aku banget. Tapi berkat bantuan teman yang sudah lebih dulu menggunakan Catfiz, sedikit demi sedikit aku jadi mulai tau dan mengerti, juga ditambah pengalaman setelah mengunakan CF. Baiklah, jadi hal-hal berikut ini wajib banget kamu tau.

1. Tanda Pesan Belum Terikiri, Terkirim dan Sudah dibaca.
Adakalanya kita gelisah menunggu balasan pesan yang telah dikirim. Lalu bertanya-tanya dan penasaran apakah pesan itu sudah sampai, sudah dibaca atau belum. Nah, untuk mengatasi itu semua, kita perlu tau tanda-tanda itu dalam obrolan di Catfiz.
  • Jika kamu mengirim pesan lalu ikon di pesan tersebut berbentuk amplop tertutup dan berwarna abu-abu, itu tandanya pesan yang kamu kirim masih pending alias belum sampai pada temanmu.
  • Jika ikonnya amplop tertutup, berubah warna menjadi hijau dan ada ceklis satu, berarti pesan sudah diterima, namun belum dibaca.
  • Jika ikon amplop berganti menjadi amplop terbuka, maka itu adalah tanda pesan sudah diterima dan dibaca. 
2. Lingkaran Biru pada Foto Profil Teman
Kalau kamu melihat lingkaran biru pada foto profil temanmu, itu adalah tanda bahwa ada aktivitas baru pada akun teman itu. Misalnya, dia update profil atau status baru, atau ada komentar dan like pada status barunya.

3. Ikon N warna biru 

Jika ada ikon huruf N berwarna biru, itu tandanya ada notif atau pemberitahuan seperti adanya pesan masuk, ada yang komentar atau sukai di status, atau ada permintaan pertemanan atau grup baru.

Kelebihan dan Kekurangan
Bicara soal kelebihan dan kekurangan, setiap aplikasi pasti memilikinya. Keunggulan Catfiz pasti sudah kamu tau dari penjelasan aku di atas. Nah, kalau soal kekurangannya, Catfiz ini masih belum mendunia, jadi penggunanya belum sebanyak aplikasi BBM, WA, atau Line. Makanya, yuk, kamu-kamu semua gunain Catfiz, biar produk buatan Indonesia ini bisa terkenal dan semakin banyak di gunakan.

Catfiz juga belum melengkapi aplikasinya dengan fitur panggilan telepon dan video call. Juga dalam aplikasi CF belum bisa mengirim Maps, atau lokasi. Kiranya, itu aja kekurangan yang aku rasakan banget.


Mengapa aku dan kamu harus menggunakan Catfiz?

Jika bukan dimulai dari kita, lalu siapa yang akan memulainya?
Awal mula menggunakan Catfiz tentu aja karena aku mau tau bagaimana hasil karya anak bangsa. Lalu beberapa hari kemudian diberitahu seorang teman kalau Catfiz sedang mengadakan Lomba Blog. Wah, iseng-iseng berhadiah. Kayaknya gak salah buat ikutan? Makanya jangan heran postingan ini baru dibuat pas H-1 deadline. Mueheheh... Sekalian ngasih tau ke kalian semua kalau ini lho, ada aplikasi messenger bernama Catfiz yang merupakan buatan asli Indonesia melalui postingan ini.

Berawal dari "ingin menghargai dan mengapresiasikan karya anak bangsa" inilah,  akhirnya Catfiz menjadi aplikasi kebutuhanku layaknya Whats App yang selalu aku gunakan setiap hari. Karena di Catfiz, aku merasakan banyak hal yang beda keseruannya. Aku mulai bertemu dengan orang-orang baru melalui interaksi "tidak sengaja" yang akhirnya membuat kami menjadi seperti teman. Juga berbagai info dari grup yang aku ikuti di Catfiz yang memberiku banyak pengetahuan yang tidak bisa aku dapatkan di aplikasi lain.


Di Catfiz ini, aku mengenal teman-teman yang sebagian besar dari wilayah Jawa dan kebanyakan dari Surabaya. Temanku yang sejauh ini aku kenal itu ada Mba Nana, Mas Rosyidi, Mba Bintang, Atuk, Mas Satria, Mba Julia, dan masih ada beberapa lagi. Termasuknya beberapa teman blog udah duduk manis di daftar teman Catfizku.

***

Memang gak bisa dipungkiri bahwa aplikasi yang satu ini belum terkenal di penjuru dunia, tapi semua ini tidak membuat Catfiz lemah apalagi menyerah. Terbukti Catfiz semakin memperbaiki diri agar semakin siap untuk bersaing dengan aplikasi lainnya, serta menujukkan jati dirinya sebagai Produk Indonesia. Ini nih yang membuatku jadi betah. Dia gak meniru aplikasi lain dan tetap menunjukkan ciri khasnya aplikasi Indonesia.


Kalau kamu baru tau Catfiz, segera download dan rasakan keseruannya, yuk! Cintai produk sendiri untuk menghargai karya anak bangsa untuk Indonesia yang lebih baik.




Share:

8 comments:

  1. hmm. uda semacam kayak facebook gitu ya

    ReplyDelete
  2. Pernah baca juga salah satu postingan kawan blogger yang ngebahas aplikasi ini. Eh kirain Catfiz itu cuma buat chatting doang, semacam kayak WhatsApp dan Telegram. Ternyata bisa jiga buat bikin status + komentar + like.

    Mantep pisan lah..

    ReplyDelete
  3. Aq udah instal catfiz juga dulu. Add aku yaa ^_^

    ReplyDelete
  4. Udah kayaknya perpaduan FB dan WA, ya :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top