Hanya Sebuah Diary ......

Wednesday, 23 November 2016

Open Your Eyes - Indonesia Lawan Diabetes

Open Your Eyes, Indonesia Lawan Diabetes - Hari Diabetes nasional yang jatuh pada 14 November membuatku kembali merasa ditampar untuk kembali sadar dan membuka mata lebar-lebar dengan penyakit yang satu ini. Meskipun bukan penyakit menular, penyakit Diabetes Melitus atau yang biasa kita sebut dengan penyakit kencing manis ini wajib kita wasapadai. Apalagi kalau dalam sisilah keluarga ada yang mempunyai riwayat diabetes.

Penyakit turunan? Iya, bener! Kalau nenek-kakek, ibu-bapak, atau salah satu keluarga ada yang mengidap penyakit ini, tidak menutup kemungkinan bahwa kita, sebagai keluarganya juga bisa terkena penyakit ini. Duh, Bang! 

Ehtapi, gak usah terlalu takut. Asal kita membuka mata lebar-lebar dan mau mau berusaha untuk sehat, kita pasti bisa sehat! 



"Eyes On Diabetes" Sebuah tema dalam Simposium Hari Diabetes Sedunia juga semakin menyadarkanku bahwa mulai dari sekaranglah kita harus lebih membuka mata dengan penyakit diabetes. Inget, ya. Diabetes menduduki posisi ke-3 penyakit yang bisa menyebabkan kematian.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan di JCC- Jakarta, pada 19 November 2016 mengedukasi kita untuk lebih pintar lagi menghadapi penyakit diabetes. Di sana juga, ada sebuah stand yang menyiapkan buku-buku panduan untuk sehat dan terhindar dari penyakit tidak menular, salah satunya diabetes.


Minimnya pengetahuan tentang penyakit diabetes memang menjadi salah satu penyebab utama penderita diabetes menjadi bertambah banyak. Makanya, kita harus kudu, mesti harus membuka mata, mengenal lebih dalam apa itu penyakit diabetes.


Apa sih penyakit diabetes? biar gampang dipahami, diabetes adalah kondisi di mana tubuh kelebihan glukosa darah.  Glukosa darah yang baik adalah <140mg/dl setelah makan, dan <100mg/dl saat puasa. Jika glukosa darah saat puasa ≥ 126 mg/dl atau  200mg/dl 2 jam setelah makan, itu tandanya tubuh sudah dikatakan dengan diabetes. Biasanya, gejala-gejala yang sering dirasakan adalah sering haus, lapar dan sering kencing. Kalau gejala itu sudah dirasakan, kemungkinan sudah mengalami diabetes sejak 6 tahun yang lalu. Makanya, jangan nunggu sampai ada gejala, ya. Yuk, cek glukosa darah!

Cegah, Obati, dan Lawan Diabetes
Ibuku adalah salah satu penderita diabetes dengan komplikasi penyakit jantung. Ya, aku sadar bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa aku bisa terkena diabetes juga.  Tapi aku tau, dengan kesadaran sejak dini untuk menerapkan pola hidup sehat, kemungkinan itu juga bisa ditutup. Pun dengan kamu jua.


Cegah diabetes dari sekarang
Sedia payung sebelum hujan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Aku yakin kamu tau itu. Nah, sebelum penyakit diabetes ini singgah dalam tubuh kita, kita harus mencegah penyakit ini. Gimana caranya? Gampang! Terapkan saja pola hidup CERDIK!

Cek kesehatan secara teratur
Enyahkan asap rokok
Rutin beraktifitas atau olah raga
Diet yang seimbang
Istirahat yang cukup
Kelola stres dengan baik

Obati diabetes dengan baik
Kamu tau apa yang paling membahayakan dari penyakit diabetes? Iya, bener! KOMPLIKASINYA.
Penyakit diabetes yang tidak diobati, diperhatikan atau diacuhkan begitu saja bisa menyebabkan komplikasi atau timbulnya penyakit lain, seperti: Stroke, Jantung, Kebutaan, Gagal Ginjal, dan lainnya.

Meskipun sampai saat ini belum ditemukan obatnya, penderita diabetes masih bisa menjalani hidup sehat seperti biasa asal dengan menjaga pola hidup sehat. Seperti pola hidup CERDIK, ya!

Lawan dengan semangat untuk sehat
Bagaimana melawan penyakit diabetes? Menerapkan pola hidup sehat? Iya, bener! Pola hidup sehat termasuk tidak memakan makanan yang bisa menaikan kadar glukosa darah. serta terus beraktifitas fisik secara teratur agar kadar glukosa darah bisa turun.

Dan yang lebih penting lagi, jangan berhenti untuk mengikuti pengobatan, baik dari dokter maupun herbal. Teruslah memantau atau memeriksa kadar glukosa darah dan konsultasi ke Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU), puskesmas atau layanan kesehatan lainnya.

Jangan lupa juga untuk terus mengikuti penyuluhan-penyuluhan penyakit diabetes agar bisa mendapat informasi atau banyak pengetahuan diabetes. 

Kebanyakan orang menganggap bahwa penyakit tidak menular masih "lebih baik" daripada penyakit menular. Tapi sebenarnya, keduanya sama-sama tidak ada baiknya. Bahkan saat ini, angka kematian lebih tinggi karena penyakit tidak menular.

Yuk, ah, Open Your Eyes untuk Indonesia lebih sehat dengan mencegah, obati dan lawan penyakit diabetes. Ajak keluarga dan teman-teman kita untuk CERDIK agar terhindar dari penyakit tidak menular, terutama diabetes.
Share:

8 comments:

  1. TFS mba, saya juga agak takut tnih dengan penyakit ini karena saya suka banget ngopi dan makanan manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, mulai sekarang lebih hati-hati, Mbak. Terutama dlm pola makan. Hehhe

      Delete
  2. Harus jaga pola makan dan olahraga nich
    Terima kasih infonya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  3. Aku sudah baca beberapa tulisan tentang diabetes ini. Ternyata Uni ikut juga ya.
    Aku suka dengan akronim CERDIK ini. Bisa jadi pengingat betapa bahayanya Diabetes, namun juga terus diingatkan, betapa dekatnya.

    TFS, Uni...

    ReplyDelete
  4. sya juga saat ini lagi takut dengan penyakit ini, belakangan berat badan saya naik.. mau cek kolesterol tapi gak sempet mulu.
    tapi akhirnya habis baca ini saya mau cek.
    terima kasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas..
      Kita harus lebih perhatian lg dgn kesehatan. Apalagi soal penyakit diabet ini :(

      Delete
  5. Jujur kalo ngebahas diabetes agak2 ngeri sebenernya..semoga masyarakat Indonesia semakin berkurang penderita diabetes ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga ngeri :(
      Aamiin... Semoga segera terwujud Indonesia sehat :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top