Hanya Sebuah Diary ......

Saturday, 17 December 2016

Wirausaha Muda Mandiri, Ajang Bergengsi Tahun Ini

2013 adalah tahun pertama saya menjajaki dunia Blogger. Ya, betapa beruntungnya saya bisa bertemu dengan orang-orang istimewa yang ada di dalam ruang lingkup blogger. Dunia ngeblog, gak hanya masuk lebih dalam soal teknologi dan kepenulisan, saya juga kerap kali bertemu dengan teman-teman blogger yang berprofesi sebagai Wirausaha yang akhirnya membuat saya ikut masuk ke dalam dunia Wirausaha.
Sewaktu di acara Sharing Business bersama 1000 UMKM di JCC-Jakarta
Dalam beberapa kali kesempatan, saya kerap kali membawa diri ke acara-acara yang berbau tentang wirausaha. Salah satunya di acara Sharing Business bersama 1000 UMKM di gedung JCC, Jakarta.

Di sana, hadir 2 pengusaha sukses yang selalu menjadi inspirasi saya. Yaitu Mas J, pemilik Yuk Bisnis dan Mas Oppo Santosa dengan buku-buku terbaiknya.

Ya, meskipun status saya saat ini belum memiliki usaha, setidaknya berkat mereka saya jadi sadar bahwa berwirausaha jauh lebih baik daripada menjadi seorang karyawan. Dan bertekad, kelak saya akan menjadi seorang wirausaha sukses suatu hari nanti
Amiinin dulu, yak :D

Melihat teman-teman yang udah berwirausaha, atau banyaknya yang berwirausaha, termasuk online shop yang ada di Indonesia, kadang saya atau mungkin kalian juga berpikir bahwa bangsa kita ini sudah memiliki cukup banyak para wirausahawan. Iya gak, sih? Tapi ternyata itu salah. Indonesia baru memiliki 1,6% - tahun 2013 enterpreneur yang seharusnya minimal diangka 2% dari total populasi. Setidaknya itu yang digambarkan di negara maju. Ya, mungkin kita memang perlu sadar bahwa Indonesia kita ini masih banyak membutuhkan entrepreneur atau para wirausaha untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik. Terutama untuk memerangi jumlah pengangguran dan kemiskinan.

Menjadi wirausaha memang gak mudah. Tapi bukan berarti sulit juga,lho. Ada banyak cerita tentang pengusaha yang gagal. Namun banyak juga pengusaha-pengusaha yang sukses hingga mendapat omzet jutaan bahkan milyaran rupiah.

Salah satunya ada Denni dan Selvi, pemilik brand Kek Pisang Villa Batam yang merupakan oleh-oleh khas yang terkenal di Batam. Siapa sangka, omzet yang diraihnya udah lebih dari 20 milyar.

Karena kegigihannya dalam berwirausaha, Denni dan Selvi bisa meraih kesuksesan ini, lho.
Salah satunya juga berkat program Wirausaha Muda Mandiri yang mereka ikuti di tahun 2008. Iyap, mereka meraih juara kedua dalam ajang bergengsi ini.

Eh, apa sih, Wirausaha Muda Mandiri?
Yang aku tau sih ini adalah sebuah program untuk mendorong tumbuh kembang para wirausaha muda dari Bank Mandiri.

Komitmen Bank Mandiri untuk mendorong penguatan kualitas dan kuantitas pengusaha muda menciptakan lapangan kerja di Tanah Air dikuatkan dengan terciptanya sebuah program Tahunan yang bernama Wirausaha Muda Mandiri. Wirausaha Muda Mandiri atau yang biasa disebut dengan WMM adalah ajang tahunan untuk mendorong tumbuh kembangnya para wirausaha muda dengan tema yang berbeda dan digelar sejak tahun 2007.

Di tahun 2016 ini, Wirausaha Mandiri hadir dengan tema "Muda, Inovatif, Peduli". Bank Mandiri ingin bersama-sama menjadikan WMM sebagai salah satu elemet penting dalam pembentukan ekosistem wirausaha yang kondusif agar bisa menjadikan wirausaha muda yang tangguh, visioner, inovatif, serta memiliki keinginan untuk berkontribusi positif bagi masyarakat hingga dapat meningkatkan daya saing bangsa.






Pendaftaran Wirausaha Muda Mandiri udah dibuka terhitung mulai 14 September 2016. Nah, sebelum pendaftaran WMM ditutup pada 31 Desember 2016, ada baiknya baiknya kita, atau kamu-kamu yang sudah berwirausaha ikut mendaftarkan diri dalam ajang bergengsi ini. Rasanya sungguh disayangkan banget lho jika program kayak gini harus dilewatkan. Karena akan ada banyak pengalaman dan keistimewaan dalam program ini. Salah satunya juga mungkin bisa membuat usaha yang kita kelola jadi lebih sukses.

Cara daftarnya juga gak susah. Kita hanya tinggal mendaftar melalui website www.wirausahamandiri.co.id . Program ini gratis dan tidak dipungkut biaya apapun.

Lalu siapa aja yang bisa dan boleh ikutan Program Wirausaha Muda Mandiri 2016? Siapa aja boleh ikut kok. Namun dengan syarat dan ketentuan seperti di bawah ini, ya:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen identitas.
2. Usaha dijalankan minimal 1 tahun pada 1 Agustus 2016
3. Usia dan latar belakang pendidikan peserta WMM 2016 (lihat gambar)
4. Untuk bidang usaha teknologi minimal memiliki prototipe
5. Bukan merupakan jenis usaha yang dilarang oleh ketentuan hukum di Indonesia
6. Tidak sedang didaftarkan pada kompetisi lain, kecuali oleh Mandiri Group (Bank Mandiri dan subsidiaries company)
7. Lokasi kantor pusat berada di wilayah Indonesia
8. Merupakan pemilik bisnis/penemu/inovator
9. 1 usaha didaftarkan untuk 1 orang peserta
10. Peserta program WMM tahun sebelumnya & belum dinyatakan sebagai finalis nasional bisa mendaftar kembali
11. Inovasi/merk dagang brand usaha bukan merupakan bentuk plagiarisme secara ilegal
12. Project/usaha tidak sedang dalam penyelidikan kasus hukum perdata atau pidana

Peserta yang sudah mendaftar nantinya akan melewati 4 tahap penjurian yang ketat, yaitu Penjuarian Administratif, Lapangan, Tingkat Wilayah, dan Tingkat Nasional, sebelum akhirnya menjadi pemenang yang mendapatkan hadiah............... duh, kamu pasti ngiler deh. :/

Pemenang 1* Uang tunai Rp. 50.000.000,- (dipotong pajak) + trophy + sertifikat
Pemenang 2* Uang tunai Rp. 40.000.000,- (dipotong pajak) + trophy + sertifikat
Best of the Best 1 Uang tunai Rp. 50.000.000,- (dipotong pajak) + trophy + sertifikat
Best of the Best 2 Uang tunai Rp. 40.000.000,- (dipotong pajak) + trophy + sertifikat
Peserta terfavorit 1 Uang tunai Rp. 40.000.000,- (dipotong pajak) + trophy + sertifikat
Peserta terfavorit 2 Uang tunai Rp. 30.000.000,- (dipotong pajak) + trophy + sertifikat
* di masing-masing kategori dan bidang usaha yang dikompetisikan

Ada pula kesempatan untuk berjejaring dengan Mandiri Group, alumni program WMM serta
nasabah korporasi Bank Mandiri, kesempatan mendapatkan penawaran produk perbankan yang
sangat menarik (khusus bagi pemenang) dan kesempatan bergabung dalam program Mandiri
Inkubator Bisnis. 

Ingat, ya. Untuk informasi lebih lengkap tentang Wirausaha Muda Mandiri, kita bisa kunjungi websitenya di www.wirausahamandiri.co.id

Buat kamu yang udah memiliki usaha minimal 1 tahun, kayaknya wajib banget ikutan ajang bergengsi ini. Siapa tau foto kamu ada diantara wajah-wajah pemenang Wirausaha Muda Mandiri lainnya. :)

Jangan lupa, ya. Daftarkan diri sebelum 31 Desember 2016 berakhir.
Share:

16 comments:

  1. Sampai 31 Desember aja nih, gk krasa udah mendekati tanggal tsb. Buruan nih para calon wirausaha sukses ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..
      Sayang banget kalau sampai terlewat :)

      Delete
  2. Kesempatan emas seperti ini tentu akan dimanfaatkan oleh mereka yang ingin maju. Apalagi pendaftarannya gratis.
    Salam hangat dati Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Pakde...
      Kesempatan ini bisa menjadi ajang untuk mendapat bnyk pengalaman juga :)

      Delete
  3. Hadiahnya bikin mupeng. Semangat berjuang semoga bisa tembus tahap akhir. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Sempat ikut sosialisasinya di Balikpapan, rupanya mesti ada badan hukum ya, teman saya pelan2 mundur. Tapi, tentunya banyak juga yang mau ikut, banyak juga yang punya inovasi2 usaha.
    Eh, tapi saya nemunya banyak di bidang kuliner, hihihi. Enak,enak,enak

    ReplyDelete
  5. Aku berminta, tapi sudah tidak muda lagi. ^_^

    ReplyDelete
  6. Hayuk, kesempatan untuk para generasi muda. ^_^

    ReplyDelete
  7. Berguna buat ajang bertukar pengalaman. :o

    ReplyDelete
  8. Pendaftarannya aja gratis. Tunggu apa lagi? :D

    ReplyDelete
  9. Itu hadiahnya bikin ngiler, Nuy :D

    ReplyDelete
  10. Wah, ga ngajak2 nunuy nih,, wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Wah, ga ngajak2 nunuy nih,, wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Program yang bagus. Semoga makin banyak wirausahawan muda :)

    ReplyDelete
  13. semoga tahun depan bisa ikutan.. sekarang lagi proses jadi wirausaha

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top