Hanya Sebuah Diary ......

Sunday, 15 January 2017

200 Hari Bersama Xiaomi Mi4

Lelah dengan merk HP bahasa jawa yang semakin hari semakin gak bisa diandalkan, mengganti smartphone adalah pilihan yang terbaik. Dan kebetulan banget, saat-saat lelah itu dapet rezeki mendadak yang akhirnya bisa beli HP baru. Yap, hari itu, Rabu 29 Juni 2016 saya mencoba move on ke Merk HP China bernama Xiaomi.

HP inceran saya sebenarnya adalah Asus Zenfone 2 selfie dan laser. Tapi, karena isi dompet gak mencukupi, terpaksa harus beli HP merk lain. Melihat speknya lumayan oke dan harganya cukup bersahabat, akhirnya pilihan itu jatuh pada HP Xiaomi Mi4 (Mi 4W)



Beberapa keunggulan yang memikat



Dibekali dengan RAM 3GB dan memori internal 16GB dua hal yang membuat saya memutuskan untuk memilihnya. Yap, kapasitas ini terbilang cukup besar, apalagi kalau dibandingkan dengan HP saya yang sebelumnya. Layarnya juga sebesar 5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 piksel berjenis LCD IPS.

Body-nya oke punya. Berdimensi 139.2 x 68.5 x 8.9 mm dengan bahan metal yang terkesan mewah, elegan dan gak terlalu tebal membuat HP ini lumayan enak buat digenggam atau buat mejeng.  



Gak hanya tampilan luarnya, HP ini juga dibekali dengan MIUI yang membuat tampilan antarmukanya menjadi lebih cantik dan enak dipandang. Supaya makin betah bermain HP, kita bisa menggunakan tema tampilan kesukaan kita. Kayak saya nih, biasa memasang tema yang semuanya serba biru :D

Pengalaman pemakaian yang menyenangkan
Selama pemakaian 200 hari, terhitung MIUI telah melakukan update atau pembaruan kalau gak salah ingat udah sebanyak 3x. Pembaruan ini menjadikan tampilan HP lebih bagus dan bagus lagi. Ada juga tambahan beberapa fitur yang semakin mendukung untuk multi talksing.

Yang paling aku suka, HP ini dilengkapi dengan Led notifikasi dibagian bawah yang akan menyala-nyala dengan warna berbeda per aplikasinya. Jadi kita tau, kalau lampu nyala berwarna biru tandanya ada panggilan masuk tak terjawab. Warna merah ada pesan masuk. Warna putih ada pesan masuk atau notif di aplikasi WA. Warna ungu ada notif BBM. Atau warna kuning tanda ada notif di aplikasi Gmail. Semua warna tergantung pengaturan yang kita atur.

Ada juga lampu senter yang bisa "on terus" saat HP digunakan untuk aktivitas apapun. Termasuk saat mengambil gambar (jadi bisa menjadi sinar kamera tanpa menyalakan flash saat gelap).

Saat menggunakan aplikasi juga cepat dan gak lemot. Kita bisa menikmati aplikasi dengan nyaman tanpa lola.

Pencahayaan layar atau Auto-brightness HP ini juga aku suka banget. Dalam keadaan gelap, cahayanya akan meredup seredupnya. Yang begini nih jadi gak terlalu merusak mata Pun kalau di tempat terang, cahaya sinarnya akan bertambah dan gak menyulitkan kita bermain HP.  Dan ini semua berganti otomatis.

Apalagi soal kameranya. Dilengkapi dengan fitur Autofocus, LED flash, 1/3” sensor size, 1.12ยตm pixel size, geo tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR, kamera ini lumayan bisa diandalkan buat fotografi ala-ala gue. Kamera belakang yang memiliki 13 Megapixel ini menghasilkan gambar yang cukup jernih. Kecepatan mengambil gambarnya juga oke. 
Beberapa contoh hasil potret kamera Xioami Mi4 bisa liat di bawah ini, atau cek IG @RaNurri, yak :D


No edit, hanya tambah watermark :D






Termasuk kamera depannya juga. Meskipun cuma 8 Megapixel, kamera oke banget bisa bikin wajah terlihat cantik dan mulus. Efek beautynya itu emang the best, mampu membuat yang gak suka selfie jadi hobi foto-foto karena hasil kameranya bikin wajah bening dan cantik. Meski tanpa lipstik, bibir bisa terlihat pink. Apalagi kalau pake lipstik, makin-makinlah pokoknya. Bahkan tanpa efek beauty atau mode normal, kamera itu juga bisa bikin wajah putih mulus meskipun gak secantik menggunakan efek beauty-nya. Buat yang suka selfie-selfie, HP ini emang jadi rekomen banget deh.
Contoh hasil kamera depannya satu aja, yak :D
Kalau untuk di tempat yang agak gelap atau malam hari atau dalam ruangan, hasil gambar kedua kamera memang gak terlalu bagus. Tapi untuk di tempat yang gak terlalu gelap hasil gambarnya masih lumayanlahh. Apalagi kalau diluar, cukup memuaskan kalau untuk saya :D

Batrai
Dibilang hemat, gak terlalu. Dibilang boros enggak juga. Dalam pemakaian yang super sibuk, biasanya harus ngecas sampai 3x dalam sehari. atau dalam keadaan lumayan sibuk, ngecas bisa 2x. Tapi kalau pemakaian santai, HP ini bisa bertahan 1 hari, atau bahkan lebih.

Kekurangan yang bikin greget
Sayang banget, HP ini belum beredar resmi di Indonesia sehingga tidak memiliki garansi resmi dari Xiaomi. Hanya ada garansi distributor yang kalau menurut aku kurang sempurna. Jaringannya juga hanya dilengkapi dengan 2G dan 3G, belum dilengkapi dengan 4G LTE

Selain itu, HP ini juga hanya bisa 1 simcard dan gak bisa menggunakan memori external atau micro sd.  Buat saya yang terbiasa menyimpan data di memori external, ini  jadi kerasa banget gak bisa bebas menyimpan data. Karena hanya bisa mengandalkan penyimpanan internal, penyimpanan akun xiaomi, atau akun google.

Dipemakaian yang semakin lama, semakin terasa ketidakstabilannya. Misalnya, memori yang cepat penuh. Padahal, beberapa data, sampah, aplikasi sudah dibersihkan dan di hapus. Atau pas lagi enak-enak buka suatu aplikasi, tiba-tiba ada notif bahwa aplikasi tersebut terpaksa berhenti.  Ini sering banget, lho. Beberapa teman yang menggunakan Xiaomi juga sering mengalaminya.



***

Hari ini adalah hari ke 200 saya menggunakan Xiaomi Mi4 ini. Bagi saya, HP ini cukup bersabahat. Namun sayang, seiiring berjalannya waktu, HP ini tidak stabil dan kerap kali membuat saya lelah dan ingin berpaling saja. Setiap smartphone pasti memiliki keunggulan dan kekurangnya tersendiri. Tapi menurut saya, kekurangan dan kelebihan HP ini sudah cukup sesuai dengan harganya yang hanya Rp. 1.750.000 sewaktu saya beli [29-06-2016].

Untuk pemakaian yang sedang-sedang aja, HP ini masih bisa direkomendasikan. Apalagi yang suka selfie-selfie, bahagialah kamu! HP murah, bisa bikin cantik pulak. Tapi kalau untuk pemakaian yang sok lumayan sibuk (macem saya ini), kapasitas dan ketidakstabilannya itu harus dipikirin lagi. Lebih baik beli HP yang sesuai dengan kebutuhan aja.

Kayaknya cukup segini aja ceritanya. Kalau kepanjangan kan gak bagus juga. 
Postingan ini murni hasil pengalaman dari pemakaian pribadi.
Sekian dan semoga bermanfaat! :)
Share:

14 comments:

  1. Wah kalah sama Redmi 2 dong ya. Punyaku ini udah 4G hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalah๐Ÿ˜‚
      Tapi Mi4 ini punya 2 versi.
      Ada yg udah 4G, tapi Ramnya 2GB..

      Delete
  2. Wahahaha, aku syok ketika pakai xiaomi udah dapat pemberitahuan aja zzzz. Waktu itu bimbang mau beli xiaomi atau oppo akhirnya ku pilih oppo yang udah 4G hahaha #biarkekinian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hpku sebelum xiaomi ini Oppo.
      Cuma masih yg kelas bawah๐Ÿ˜‚

      Delete
  3. Kameranya bagus ya. Aku mau beralih ke Android tapi kalo minjem Android temen suka bingung, beda banget yak. Wkwk.

    Btw nanti pas 300 harinya ditulis juga gak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cciiieee, sekarang pake iphone ya pasti? :p
      ah, sama. aku juga kl pake iphone tmnku suka bingung. makanya gak mau. hahaah..

      Kayaknya gak usah ditulis, karena aku udah punya yg baru. *ehhh :p

      Delete
  4. Dulu aku sempet terpincut dengan xiaomi.. Pas di toko hp, ternyata aku lebih tergiur dengan oppo.. Sekarang udah setahun lebih.. Karena hapeku belum 4g, jadi pengen beli baru, tapi e tapiiiii.... ๐Ÿ˜œ

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah gak sengaja beli xiaomi ini. hahaha...
      wah, wah,,, tapi isi dompet gak mendukung pasti? :p

      Delete
  5. Saya baca ini karena sebelumnya pakai xiaomi juga. Kemudian hilang. Jadi sedih. Huhu. Dulu saya pake Redmi Note. Sejauh saya pakai saya suka banget. Sudah murah, baterai awet, aplikasi ga lemot. Ah kangen hape lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama pemakaian, aku juga suka. Tapi ya itu, lama kelamaan, kebutuhan aplikasiku makin banyak :(

      Delete
  6. Punyaku Mi4c Nur, tapi WA nggak pernah muncul notif itu? Kok aneh? Tapi kamera depan dan RAM-nya yaa so fantastis!! ๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah, Mba Dhanis...
      Mungkin karena something. Hahah...
      Iya, aku suka banget kamera depannya. Ramnya juga 3GB, paling besar selama aku punya HP :D

      Delete
  7. Aq pakai Redmi 4A, aman sentausa ndak pernah ada masalah termasuk WA-nya jg lancar jaya.

    ReplyDelete
  8. dulunya mau beli hp redmi3 tapi belum ada garansinya jadi gak beli deh Bola Online

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top