Hanya Sebuah Diary ......

Tuesday, 9 May 2017

Manfaat Penting Vacuum Cleaner Yang Jarang Kita Sadari

Manfaat Penting Vacuum Cleaner Yang Jarang Kita Sadari - Pernahkah kamu merasakan sesak napas dan hidung terasa tidak enak?  Atau bahkan hidung dan mata menjadi kemerahan, gatal dan flu atau bersin-bersin? Aku pernah. Beberapa waktu lalu, aku merasakan ketidaknyamanan itu. Napas agak sesak dan hidung terasa tidak enak. Kondisi ini aku rasakan baik di dalam rumah, perjalanan, maupun saat di kantor.

Awal mula, hanya ada rasa tidak nyaman seperti itu, tapi setelahnya, hidung malah terasa gatal, kemerahan, lalu disertai flu berat sampai "meler". Bahkan, aku juga merasa gatal-gatal dibeberapa bagian tubuh. Karena tidak mau menjadi semakin parah, akhirnya aku memutuskan untuk mengunjungi  dokter.

Setelah berkonsultasi, dokter menyimpulkan bahwa aku terkena Alergi Debu. Udara yang aku hirup kotor. Hal ini juga yang menyebabkan aku menjadi gatal-gatal. Karena debu yang entah aku temui di rumah, perjalanan atau di kantor menempel di tubuh dan membuatnya menjadi gatal-gatal. Akhirnya dokter memberikan beberapa obat dan vitamin untuk memulihkan kesehatan tubuh. Namun berpesan agar aku harus tetap menjaga diri dari debu suapaya kondisi badan bisa sehat dan stabil. 

Melindungi Diri Dari Debu Dimulai Dari Dalam Rumah

Secara kasat mata, udara kotor kadang memang tidak terlihat nyata. Tapi debu yang betebaran bisa kita lihat dengan jelas, terlebih saat tersorot sinar matahari. Debu yang ada disekitar kita bisa terdiri bulu-bulu hewan piaraan, kulit mati, potongan tubuh kecoak yang sudah mati, atau spora dari jamur. Bangkai kotoran inilah yang menjadi penyebab sakit atau alergi.

Tidak hanya debu, tapi hewan kecil bernama tungau juga bisa membahayakan kesehatan kita. Menurut penelitian, Tungau merupakan salah satu hewan yang menyebabkan reaksi alergi. Ukurannya yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop membuat kita tidak sadar bahwa dia bersarang dan menjadi penghuni barang-barang yang ada disekitar kita, terutama pada karpet, bantal, guling dan tempat tidur. Tungau memakan ketombe atau sel-sel kulit mati manusia dan meninggalkan gundukan kotoran serta bangkai. Nah, inilah yang akhirnya menjadi penyebab alergi pada tubuh.



Banyak orang tidak menyadari bahwa debu memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan. Debu yang terdiri dari partikel-partiket kecil ini bisa membuat kesehatan menjadi terganggu. Terutama dalam pernapasan dan alergi. Reaksi akibat alergi debu ini dapat dicegah atau diminimalkan dengan pola hidup sehat tanpa debu. Dan inilah manfaat penting adanya Vacuum Cleaner di rumah yang jarang kita sadari.


Vacuum Cleaner atau penghisap debu adalah salah satu alat modern yang digunakan untuk membersihkan debu dengan cepat dan efesien. Alat kebersihan ini merupakan salah satu alat penting yang seharunya ada dalam setiap rumah dan kantor. Bagaimana tidak, debu selalu bertebaran dimana saja. Apalagi di dalam rumah dan kantor yang dipenuhi barang-barang dan furniture. Dan untuk inilah Vacuum Cleaner dibutuhkan agar debu-debu dapat dibersihkan dengan tuntas.

Membersihkan debu dengan kemoceng, kain basah atau alat lainnya memang bisa, tapi hanya Vacuum Cleaner yang mampu membersihkan debu secara merata bahkan disela-sela kecil sekalipun. Dengan begini, debu akan terhisap habis dan tidak akan menumpuk atau menebal. Bahkan tidak hanya debu, bangkai hewan atau hewan-hewan kecil berbahaya seperti Tungau mampu terhisap oleh vacuum cleaner.

Untuk hidup sehat, kita bisa melindungi diri dari segala macam debu dan polusi yang bisa menggangu kesehatan kita. Semua bisa dimulai dari rumah, dengan Selalu bersihkan perabotan rumah secara rutin agar kondisinya tetap bersih dan terjaga. Termasuk lantai dan karpet. Jangan lupa juga membersihkan kasur, bantal, guling dan selimut, karena debu dan tungau banyak bersarang di sana. Gunakan alat pembersih agar debu dan kotoran lain yang bersarang di sana bisa hilang dengan tuntas.

Tidak hanya di rumah, saat di luar rumah, kita juga bisa melindungi diri dengan menggunakan masker penutup hidung agar udara kotor tidak terhirup. Masker ini juga bisa digunakan saat di dalam rumah jika sedang melakukan bersih-bersih.

Selain itu, gunakan pakaian panjang yang menutupi kulit. Hal ini bisa melindungi kita dari debu agar tidak menempel pada tubuh dan meminimalisir kambuhnya alergi.

Dan sekarang aku pun sadar, melindungi dari debu atau udara kotor adalah suatu keharusan. Makanya, saat ini aku hampir selalu menggunakan masker hidung. Pun dengan kebersihan di rumah, harus tetap terjaga, dan tidak membiarkan debu menempel apalagi sampai menebal.

Share:

20 comments:

  1. Nampaknya aku butuh juga nih, vacum cleaner. Soalnya kalo bersihin debu pake kemoceng tuh yaa itu tadi, idung jadi gatet gatel nggak jelas :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah paling gak mau pake kemoceng. Mending lap basah sekalian :/
      Tapi ya bagusnya mah emang vacuum cleaner ituu

      Delete
  2. Kepengen beli vacuum cleaner banget, tapi masih bingung yang bagus tuh yang gimana. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl yg aku tau, sharp bagus tuh, Kak.. Dia bisa sendot Tungau juga.

      Delete
  3. aku sudah pakai vacuum cleaner, emang lebih "aman" timbang disapu doang..

    cos kayaknya tungau tungau skrg berevolusi jg, mungkin karena lingkungan makin gersang jg kali ya..

    soalnya zaman aku kecil, itu kasus ama karpet cukup di awut awut pake sapu lidi aja..

    ReplyDelete
  4. Aku pengen banget kamar kos dibersihkan pake vacum, minimal sedot tungau supaya gak banyak tungau di kasur

    ReplyDelete
  5. Wah. Sepertiinya keluhannyahampir mirip dengan aku, mbak.
    Apalagi pas pagi hari nyapu2, rasanya hidung kalo ga ditutup sama masker bisa bersin2 ato ga sampe pilek gitu, gatel di hidung. Hhee

    ReplyDelete
  6. Vacuum cleaner yang enggak berisik ada enggak sih ya. Kadang suka terganggu sama suaranya. Ya, walaupun kalo pake alat ini bisa cukup bersih sih.

    ReplyDelete
  7. "Pernahkah kamu merasakan sesak napas dan hidung terasa tidak enak?"
    Sering! Sering! Tapi vacuum itu mahal. Sudah lama naksir pengen beli. Semoga tahu-tahu ada yang mau kasih hadiah vacuum cleaner. aamiin

    ReplyDelete
  8. Vacuum cleaner itu ada standarnya gak siih?
    Soalnya aku beli buat di mobil, tapi ngerasa gak maksimal.
    Apa aku aja yang hidungnya terlalu sensitif yaa...??

    Kalau untuk di rumah, karena gak pake karpet, jadi membersihkannya cenderung di sapu dan di pel.

    untuk tempat tidur atau kursi, kita memanfaatkan energi matahari sambil dipuku-pukul.
    Efektif mana yaa, Nurri?

    ReplyDelete
  9. gw pun lg cari vacum cleaner, ga ada refrensinya mba?

    saya kebetulan alergi juga, cm blom nemu yg sreg. Terutama di kasur dan sofa yg kl di kebas mengeluarkan debu banyak.

    ReplyDelete
  10. Pakai vacum cleaner ternyata lebih bersih ya, apalagi saat ini ukurannya ada yang kecil sehingga praktis digunakan.

    ReplyDelete
  11. Jadi keinget dulu ada kakak senioren yang nginap di kos kami. dianya bersin-bersin mulu, rupanya alergi debu hihihiii... cuma namanya anak kos ya mana punya vacuum cleaner.

    ReplyDelete
  12. Saya dari dl juga pengen punya vacuum mba. Soalnya dirumah pake karpet dan harus seminggu sekali harus diganti mba. Kalau gak beuuuhh bisa batuk kita

    ReplyDelete
  13. Nah.. Saya kayaknya malah ngga setuju sama kemoceng, tuh, Mba Nur.. Mendingan dengan lap basah kalau bukan vacuum sekalian..
    Cuma vacuum pakai listrik sih, ya. Dayanya besar ngga?

    ReplyDelete
  14. Vacuum cleaner itu emang perlu bgt ada di rumah, mbak. Aku ngerasain pas udh punya bayi. Mau nyedot laba-laba dan debu di karpet/kasur, pasti ngandelin vacuum cleaner :D

    ReplyDelete
  15. Penyedo debu ini juga mampu menyedot kotoran yang ada di area yang susah di jangkau contohnya di laptop dan komputer biasanya kita melihat bahwa sudah tidak da kotoran padahal mah banyak klo pake vakum jadi noda kecil bisa terangkat

    ReplyDelete
  16. Selama ini kalau sedot debu untuk menghilangkan tungau, aku pakai jasa Clean Well. Sudah ada di bbrp kota besar di Indo. :D Mayan... pake mesin besar dan kuat sedotnya, dan irit tenaga, krn yg ngerjain semuanya mereka. Hehe

    ReplyDelete
  17. Aku pengen beli ini cuma enggak kuat sama listriknya. Kabarnya boros banget.

    ReplyDelete
  18. hihihi, iya loh, vacum cleaner itu perlu,
    karena ada debu dan partikel yang ga bisa keangkat kalo kita cuma pake kemoceng atau alat yang buat nebas kasur,

    dan itu bisa bikin saluran pernapasan terganggu,

    di rumah juga pake sih, tapi aku juga mager banget kadang makenya T_T

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top