Tidak sebaik yang kau baca, Tidak pula seburuk yang kau pikirkan

Friday, 16 June 2017

7 Tips Mudik Aman dan Selamat Sampai Tujuan dengan Transportasi Udara

Alhamdulillah, tidak terasa ya saat ini kita udah memasuki minggu ke-4 Ramadan. Berbagai suka dan duka puasa pasti udah kita rasakan. Keseruan, kebersamaan dan keceriaan ramadan pun tidak luput dari hari-hari kita. Mulai dari sahur bareng sebelm terbit matahari, sampai buka bersamaa saat matahari tenggelam. Semoga semua merasakan hal yang sama, ya? Amiin!

Di minggu penghujung Ramadan ini, hampir semua orang sibuk menyiapkan perjalanan mudik ke kampung halaman. Moment Idul Fitri memang menjadi saat yang dinanti-nanti untuk bertemu, bekumpul dan merasakaan kebahagiaan bersama keluarga. Terlebih untuk anak perantau yang tinggal di kota orang, yang setiap harinya tidak bisa bersama keluarga dan sanak saudara.

Nah-nah, sebelum perjalanan mudik tiba, ada baiknya kita persiapkan dengan matang, agar mudik bisa aman, dan selamat sampai tujuan. Baiknya juga nih, persiapan mudik udah dilakukan sekitar 90 hari - 30 hari sebelum hari H.

Oke-oke, biar kalian gak penasaran, yuk simak 7 Tips Mudik Aman dan Selamat Sampai Tujuan ala-ala RaNurri.
1. Tentukan Alat Transportasi Yang Tepat
Mudik adalah moment terbaik untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara bagi semua orang. Jadi jangan heran kalau saat arus mudik tiba, banyak orang yang berbondong-bondong pergi ke kampung halaman mereka. Dalam kondisi seperti ini, kita wajib memilih alat transportasi yang tepat, agar mudik tetap aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. 

Salah satu pilihan yang tepat adalah memilih alat udara yang bisa menghemat waktu agar perjalanan tidak memakan banyak waktu. 

2. Pesan Tiket Pesawat Jauh Hari Sebelum Mudik
Saat arus mudik, kita gak boleh ulur-ulur waktu untuk memesan tiket. Salah-salah, kita bisa kehabisan tiket pesawat dan gagal mudik. Dohh, jangan sampe deh! MAkanya, kita harus memesan tiket jauh hari sebelum hari H mudik. Misalnya 1 bulan sebelum mudik.

Saat ini, tiket pesawat untuk mudik udah tersedia di banyak teman, termasuk bisa dipesan secara online. Jadi kita bisa beli tiket mudik tanpa harus datang ke Bandara. Cukup pesan dari rumah aja bisa tuh! Tapi sebelum membeli, pastikan juga tiket yang mau kita pesan sudah sesuai dengan tujuan dan waktu yang kita tentukan untuk mudik. 

3. Siapkan Barang Bawaan Sesuai yang Dibutuhkan
Untuk menghemat bawaan saat mudik, kita cukup membawa barang bawaan sesuai yang dibutuhkan aja. Misalnya kita mudik 3 hari, nah, cukup bawa 3 potong celana, baju, dan pakaian dalam saja. Dan 1 jaket untuk melindungi tubuh dari dingin. Jangan membawa barang atau pakaian yang tidak penting hanya karena pakaian itu bagus-bagus. Hihihi

4. Bawa Obat-obatan
Seperti sedia Payung Sebelum Hujan. Kita pun harus menyiapkan obat-obatan sebelum sakit. Setiap orang memang tidak pernah menginginkan sakit, tapi kita tidak pernah tau kapan sakit itu menyerang tubuh kita. Nah-nah dalam perjalanan mudik ini, kita harus siap sedia membawa obat-obatan yang sekiranya di butuhkan.

Biasanya sih, gejala-gejala yang sering timbul ketika mudik ialah pusing, diare, mual, masuk angin, atau batuk pilek. Nah, kita harus menyiapan obat-obat untuk gelaja tersebut. Sedia juga penghangat atau minyak angin untuk teman diperjalanan. Biasanya minyak angin ini sangat dibutuhkan dan sering digunakan sebagai penghangat badan dari AC pesawat, atau angin saat diperjalanan setelah naik pesawat.

5. Siapkan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman
Agar kumpul keluarga saat mudik semakin erat, ada baiknya kita membawa oleh-oleh dari kota dimana kita tinggal / merantau. Sama halnya seperti kita yang sering dibawain oleh-oleh saat setelah mudik. 

Oleh-oleh apa yang bisa kita bawa? Hem....
Gak cuma makanan dan minuman aja yang bisa dijadikan oleh-oleh. Barang-barang seperti hiasan, baju, tas, atau aksesoris lainnya bisa lho kita jadikan untuk oleh-oleh. 

6. Gunakan Koper dan siapkan kunci gembok
Untuk membawa semua barang bawaan tersebut, baiknya kita simpan rapi di tas koper yang bisa di tarik dan mudah dibawa kemana-mana. Hal ini jadi memudahkan kita saat mudik dan gak perlu kerepotan meskipun barang bawaannya banyak. Tinggal tarik aja tas kopernya, semua jadi beres, walaupun kita mudik sendirian.



Jangan lupa, koper yang kita bawa dikunci dengan gembok agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Hal ini melindungi kita dari kejahatan orang agar tidak ada yang bisa memasukkan barang-barang terlarang dalam koper kita.

7. Beri Tanda untuk Membedakan Tas Koper Kita dengan yang lain
Untuk menghindari tas koper yang tertukar dengan milik orang lain, ada baiknya kita memberi tanda khusus yang membedakan tas kita dengan milik orang. Misalnya diberi gantungan nama, gambar atau semacamnya. Tapi, tanda ini pun harus melekat erat permanen pada tas koper, dan pastikan tidak bisa dilepas atau terlepas.

Nah, kiranya cukup itu aja 7 Tips sebelum berangkat mudik. Tapi gak hanya punya itu aja, aku mau kasih 7 tips ketika hendak berangkat mudik.



1. H- 1 hari mudik, pasti semua barang bawaan mudik sudah lengkap dan tidak ada yang tertinggal.
2.H-1 hari mudik, jangan terlalu banyak aktivitas. Tidurlah lebih awal agar keesokannya harinya tidak kelehanan dan bisa bangun lebih awal. Pikirkanjuga estimasi waktu dari rumah menuju bandara.
3. Ketika hari H, pastikan tiket sudah tersimpan rapi di tas dan siap untuk ditunjukan pada petugas bandara. Teliti kembali di mana lokasi bandara, terminal dan waktu keberangkatan.
4. Ketika hari H, usahakan sampai di bandara 1-2 jam sebelum keberangkatan, atau cek in.
5. Ketika sudah berada di dalam pesawat, simpan barang bawaan pada tempat yang sudah disediakan.
6. Duduk yang manis, perhatikan aba-aba dari pramugari. Kemudian berhentilah menggunakan HP dan segera matikan gadget tersebut. 
7. Selama berada di atas awan, tetap tenang, berdoa, perhatikan keadaan sekitar dan jaga keselamatan sampai pesawat kembali mendarat.

Agar mudik aman, nyaman dan selamat sampai tujuan harus di mulai dari kita seperti yang diajarkan dari komunitas #SobatAviasi yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan

Sebelum hari H mudik tiba, yuk persiapkan segalanya dengan matang agar mudik bisa aman, nyaman dan selamat sampai tujuan dengan transportasi udara atau pesawat :)
Share:

5 comments:

  1. Biasanya yang jadi kendala adalah di transportasi darat. Biasanya tiket kereta ataupun bus sudah habis di jauh-jauh hari. Sama halnya dengan pesawat, mesti kudu pesan sebulan sebelumnya biar mudik dengan tenang. Bener tuh kadang koper bisa ketuker loh, saya pernah ngalamin ini pas mudik ke jogja. di bandara koper saya ada yang ngambil tapi untungnya di pemeriksaan nomor tiket koper orang yang ngambil gak bisa bawa soalnya nomornya beda. untunglah koper saya kembali setelah petugas penjaga koper nyimpan koper saya di tempat yang aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh, ngeri banget ya kayak gitu. Bagus ada nomor tiket koper.
      Emang bagusnya mah mudik pake koper yang antimainstream, biar gak ketuker dan paling beda dengan yang lain. Hhahaha

      Delete
  2. Semoga teman2 yg mudik bisa mudik dgn nyaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan juga selamat sampai tujuan hingga kembali ke kota masing-masing lagi, ya. Hihihi

      Delete
  3. Biasanya aku sudah matiin HP sebelum masuk pesawat. hehehe

    Atut lupa

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top