Tidak sebaik yang kau baca, Tidak pula seburuk yang kau pikirkan

Friday, 13 October 2017

Kerja Nyata 79 Tahun Sinar Mas

Sinar Mas itu apa sih sebenarnya? Dalam suatu kesempatan, aku pernah bertanya kepada seorang teman tentang apa Sinar Mas itu sebenarnya. Ntah kenapa, nama ini sering sekali disebut-sebut banyak orang, terkhusus dalam lingkungan kerjaku. Aku yang belum paham betul dengan apa itu Sinar Mas jadi dihantui banyak tanda tanya.

Bukannya sinar mas itu sebuah nama bank, ya? Nah, sebatas pengetahuanku, Sinar Mas ini adalah nama sebuah bank yang cukup lama dikenal masyarakat. Tapi kok, pembicaraan tentang sinar mas begitu luas seperti bukan hanya sebuah bank?

Keingintahuan itu juga berlanjut saat aku datang ke suatu kawasan perumahan di BSD. Banyak orang menyebut-nyebut bahwa komplek perumahan sekaligus beberapa kawasan yang ada di sana dibangun dibawah pengawasan PT. Sinar Mas.

Jadi, Sinar Mas itu apa sih?


Ibarat sebuah keluarga, Sinar Mas adalah "orangtua" yang memiliki banyak anak. Yap, Sinar Mas adalah sebuah brand dari perusahaan yang bergerak dalam 6 Pilar. Makanya, jangan heran kalau obrolan tentang Sinar Mas begitu luas.

Sinar Mas mempunyai peran pentingnya di 6 Pilar usaha dalam bidang:
1. Pulp & Kertas,
2. Agribisnis & Pangan,
3. Layanan Keuangan,
4. Pengembangan & Realestat,
5. Telekomunikasi, 
6. Energi & Infrastruktur.

Keenam bisnis ini memang dikelola secara independen, namun dipersatukan dalam kesamaan nilai dan histori perusahaan Sinar Mas.

Wujud Kesuksesan Sinar Mas dalam 6 Pilar Bisnis


Kids Zaman Now seperti kita, berselancar dalam dunia maya adalah hal yang paling sering kita lakukan. Kamu tau atau bahkan pengguna Provider Smartfren? Sebuah provider pertama yang mengandalkan teknologi 4G LTE Advanced yang ada di Indonesia. Jaringannya memang terkenal cepat dan anti lelet. Sepengalaman aku menggunakan Smartfren, itu memang benar adanya. Download cepet, scroll Instagram cepat, apalagi kalau buat video call, jaringannya benar-benar stabil dan lancar.

Nah, PT Smartfren Telecom Tbk ini merupakan anak dari perusahaan Sinar Mas. Smartfren bersama Sinas Mas berhasil menginovasikan dan menyempurnakaan kebutuhan pengguna dengan jaringan yang cepat dan terluas di Indonesia. Semua ini merupakan wujud dari kesuksesan Sinar Mas dalam bidang Komunikasi dan Teknologi

Di pilar bisnis Pulp & Kertas, Sinar Mas sukses menjadi yang terdepan. Jangan heran deh kalau merk buku tulis Sinar Dunia begitu mendunia dalam dunia pendidikan. Kamu pasti tau dong merk buku tulis Sinar Dunia. Buku tulis yang banyak bahkan menjadi incaran hampir semua para orangtua saat menyiapkan perlengkapan untuk anaknya sekolah karena kertas yang digunakan bagus, tebakl dan tidak kusam seperti beberapa merk lain.

Dalam Agribisnis & Pangan, yang berdiri sejak tahun 1996 Sinar Mas melalui Agri-Resources Ltd (GAR) berhasil mengelola perkebunan kelapa sawit yang terintegrasi terbesar di dunia. Dengan begini, Sinar Mas semakin mengedepankan efisiensi, produktivitas, kualitas dan juga berkelanjun di setiap rantai. Bahkan, tidak hanya untuk dinikmati masyarakat dalam negeri, produk berkualitas berbasis kelapa sawitnya juga di ekspor. Salah satu produk kelapa sawit yang kamu pasti tau adalah Minyak Goreng Filma.

Merangkap dalam usaha Layanan Keuangan, Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk menyediakan layanan keuangan. Bukan hanya untuk nasabah korporasi, Sinar Mas juga melayani nasabah dengan usaha mikro, kecil dan menengah, termasuk perorangan juga melalui anak perusahaan yang dinaunginya.


Dengan jangkauan masyarakat yang luas, Sinar Mas memberikan layanan berkualitas global di sektor perbankannya. Termasuk juga asuransi, pembiayaan nasabah, dan manajemen aset yang terpadu dan solutif. Sinar Mas juga peduli kepada masyarakat tentang bagaimana mengelola keuangan. Nah, aku pernah mengikuti kegiatan seminar edukasi keuangan bersama Sinar Mas.

Melalui nama yang dikenal dengan Sinar Mas Land, Sinar Mas juga ikut berperan dalam Pengembangan & Realestat. 

Sinar Mas Land ini merupakan salah satu pengembangan properti terbesar yang ada di Indonesia. Beragam produk seperti kota mandiri, perumahan, kawasan komersial, industri, hotel, hingga resor wisata disediakan oleh Sinar Mas Land. Dan semua ini tidak hanya tersebar di Indonesia, tapi juga ada di Asia Hingga Eropa.

Dengan visi menjadi pengembang properti terkemuka di Asia Tengggara, Sinar Mas memiliki reputasi yang dipercaya oleh pelanggan, karyawan, hingga seluruh pemangku kepentingan terkait. Ya gimana enggak, Sinar Mas menawarkan sebuah lingkungan dengan kehidupan berkualitas yang dibangun dan dikelola dengan mengedepankan inovasi terkini yang berlandaskan kearifan dan pengalaman untuk mencapai keseimbangan aspek ekonomi dan kesejahteraan sosial dengan mengedepankan kelestarian lingkungan pula.


Dalam suatu kesempatan, aku pernah berkunjung ke perumahan Assana House yang ada di BSD, sebuah kawasan yang hampir semua dikelola oleh Sinar Mas Land. Memang sih masih dalam pembangunan. Tapi, di sini sudah terasa sekali bahwa Sinar Mas benar-benar mengedepankan lingkungan dengan penghijauan. Penanaman dan perawatan pepohonan dan rerumputan dilakukan dengan baik demi terciptanya lingkungan hijau. Juga tersedia ruang atau lapangan untuk bermain anak-anak.

Selain itu, SInar Mas juga memiliki pilar bisnis  Energi & Infrastruktur. Sinar Mas memperluas bisnisnya dan bergerak dalam penyediaan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia. Melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan lainnya, bisnis ini sudah beroperasi sejak tahun 1998.

Yap, gak bisa dipungkiri kalau begitu banyak sekali peran Sinar Mas dalam memenuhi kebutuhan masyarakat juga pembangunan Indonesia. Termasuk dalam membuka lapangan pekerjaan. Melalui pemberdayaan yang sehat,  aman,  dan nyaman, saat ini ada kurang lebih 380.000 orang karyawan Sinar Mas yang merupakan anak bangsa, lho!

Melalui akun media sosial Instagram @Sinar_mas , Facebook Sinar Mas , Twitter @sinar_masid aku jadi bisa tau lebih banyak tentang Sinar Mas.

Tidak hanya berfokus pada bisnis untuk mendapat keuntungan perusahaan, Sinar Mas juga berperan aktif dalam kegiatan sosial Berbagi Kebaikan untuk masyarakat Indonesia. Sinar Mas begitu memerhatikan Masa Depan Indonesia melalui program-program kemanusiaannya.

Perjalanan bisnis Sinar Mas dari tahun ke tahunnya dilewatkan dengan berbagai pencapaian. Gak terasa lho, sekarang Sinar Mas udah berusia 79 Tahun. #SM79 , di usia 79 Tahun Sinar Mas ini, Sinar Mas ikut berpartisipasi dalam promosi Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD pada  11 - 15 Oktober 2017, dimana Sinar Mas berkontribusi dalam bidang ekonomi dan perdagangan nasional.

Trade Expo Indonesia 2017 merupakan Pameran produk-produk Ekspor terbesar di Indonesia. Sinar Mas ikut berpasrtisipasi dalam event ini karena sebagian besar produk-produk unggulan Sinar Mas tidak hanya dinikmati dalam negeri, namun di ekspor ke luar negeri juga.  Di sini, kita bisa menjadi saksi betapa Indonesia memiliki banyak produk unggulan yang diminati pasar dunia.

Menginjak ke 79 Tahun Sinar Mas, Sinar Mas akan terus berkomitmen untuk menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan dalam aspek ekonomi, kelestarian lingkungan maupun kesejahteraan sosial. Saat ini juga Sinar Mas berinisiatif untuk terlibat pula dalam penyediaan layanan kesehatan dan pendidikan. Sinar Mas juga akan terus berfokus pada layanan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat sehingga mampu mendorong kesejahteraan dan perekonomian bangsa.

Bukti Nyata Kerja 79 Tahun Sinar Mas begitu aku rasakan, terutama pada pembangunan disekitar komplek perumahan BSD atau Bumi Serpong Damai, Tangerang. Di sana, kelestarian lingkungan benar-benar terjaga dan begitu terasa.

Keberhasilan Sinar Mas juga tidak lepas bakat-bakat hebat anak Indonesia. Sinar Mas semakin bangga dengan ratusan ribu tangan anak bangsa yang menghasilkan karya dan produk-produk unggulan hingga produk Indonesia ikut dinikmati dalam pasar dunia.
Share:

4 comments:

  1. memang top ya, anakku juga bekerj di anak cabang sianr mas bagian telekomunikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, keren...
      Bagus ya SInar Mas dlm menciptakan lapangan pekerjaannya

      Delete
  2. Waktu kecil saya ngehnya sinar mas ini ada iklan asuransinya. Ternyata budang usahanya banyak sekali ya

    ReplyDelete
  3. Pertama kali tahu sinar mas ya di buku sinar dunia kak, ckckck

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top