Tidak sebaik yang kau baca, Tidak pula seburuk yang kau pikirkan

Wednesday, 1 November 2017

Mari Mengenal Tugas Awak Pesawat

Bukan rahasia lagi kalau Pesawat merupakan alat transportasi yang belakangan ini cukup digemari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan pesawat mampu memberikan berbagai fasilitas menarik bagi para penumpang. Salah satunya adalah fasilitas dari para awak pesawat. Nah, untuk itu, kita perlu mengenal tugas awak pesawat agar kita tahu hak kita, lho. Karena tugas awak pesawat ialah melayani para penumpang yang telah membeli tiket. Semua hak fasilitas para penumpang sudah terbayarkan dalam tiket boarding pass yang kita beli.

Source: Google
Awak pesawat sendiri, berdasarkan Peraturan Menteri No 185 Tahun 2015 Pasal 32 dibagi menjadi dua kategori.Yaitu terdiri atas awak cockpit dan awak kabin. Awak cockpit adalah kategori yang kita kenal terdiri dari seorang pilot dan kopilot. Tugas mereka adalah menerbangkan pesawat dengan baik dan memberi informasi seputar kondisi penerbangan kepada penumpang. Sedangkan awak kabin ialah mereka yang melayani para penumpang yang ada di kabin pesawat terbang.

Nah, awak kabin ini memiliki tugas seputar tentang keamanan dan kenyamanan penumpang. Tugas itu harus dilakukan secara baik, normatif, dan memperlakukan penumpang sesuai haknya, ya.
Berikut ini ada beberapa tugas awak kabin yang perlu kamu ketahui.

1.      Memberikan Demo Teknis Alat Keselamatan
Setelah semua penumpang duduk di kursinya, tugas awak pesawat adalah melakukan demo teknis tentang alat keselamatan. Awak pesawat memperagakan cara penggunaan beberapa alat keselamatan. Dari alat pelampung darurat sampai masker oksigen. Selain itu, awak pesawat juga memberitahukan instruksi-instruksi penting apabila kecelakaan terjadi.

2.      Memberikan Informasi
Awak pesawat juga perlu memberikan informasi lain yang diperlukan oleh penumpang. Misalnya, informasi letak toilet dan lain sebagainya. Awak pesawat biasanya juga perlu memberikan informasi tentang keadaan cuaca dan kemungkinan sampai ke tempat tujuan. Awak pesawat juga wajib menjawab beberapa pertanyaan penumpang yang masih dalam batas normatif. Jangan sampai penumpang kebingungan
Source: Google
3.      Menawarkan Pelayanan Lain
Awak pesawat juga perlu menawarkan pelayanan lainnya. Misalnya menawarkan makanan yang dijual di dalam pesawat. Atau menawarkan beberapa fasilitas lain yang masih dalam batas normatif.

4.      Melayani Dengan Adil
Seorang awak pesawat harus melayani semua penumpang dengan adil. Tidak boleh ada praktik tebang pilih kepada semua penumpang.

5.      Mengingatkan Penumpang Bila Salah
Tugas awak pesawat yang juga tak kalah penting ialah tetap mengingatkan para penumpang bila salah. Sebelumnya, awak pesawat harus membacakan tata tertib yang harus dipatuhi oleh para penumpang. Misalnya merokok dalam pesawat atau menyalakan selular. Seorang awak pesawat harus tegas mengingatkan para penumpang yang melanggar aturan. Sebab, hal ini juga berdampak pada kesalamatan dan kenyamanan para penumpang.

Baiklah, di atas adalah beberapa tugas awak pesawat. Nah, sekarang kamu udah mengenal tugas awak pesawat, kan? Jadi, kamu harus tahu hak dan kewajiban ketika dalam pesawat. Jangan lupa juga selalu upayakan untuk mematuhi instruksi dari para awak pesawat, ya. Karena ini menyangkut dalam kesalamatan dan kenyamanan para penumpang. Selama para penumpang patuh dan menghargai instruksi awak pesawat, perjalanan di dalam pesawat akan selalu selamat, aman, dan nyaman.
Share:

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^

Scroll To Top