3 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Gajian

Hari gajian adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Apalagi jika semasa hidup mereka diluangkan untuk bekerja. Gak usah jauh-jauh ngomongin mereka, karena aku sendiri adalah wanita yang selalu menanti hari gajian. Ya, meskipun kadang uang gajian itu bener-bener cepat berlalu. Ditunggunya 25 hari, habisnya dalam 3 hari. Wkwkwk......
Pernah gak sih kalian merasakan happy banget  ketika hari gajian itu datang? Kadang nih, mood yang tadinya lagi buruk mendadak bagus ketika gajian itu telah datang. Yang kemarin mau beli ini itu gak bisa karena gak punya duit, sekarang bisa membeli yang diinginkannya karena udah gajian.

Tapi nih , jangan sampai lupa, ya. Ada 3 hal penting yang harus kita lakukan setelah mendapat uang gajian. Apa aja sih? Yuk, simak!


1. Bayar Tagihan
Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan kalau abis gajian. Tagihan listrik, air, kebersihan, keamanan dan lainnya merupakan Tagihan atau "utang" yang harus dibayar. Kalau hal ini ditunda-tunda dan akhirnya malah uangnya abis dan gak bisa bayar, maka akibatnya bisa fatal. Listrik bisa diputus, rumah gelap, malu ah sama tetangga sebelah. Dan yang lebih fatal lagi, kita akan "dikejar-kejar" untuk melunasi utang tersebut. Makanya nih, Bayar Tagihan adalah hal utama yang harus kita lakukan setelah gajian. Biar gak lupa, biar uangnya gak abis gitu aja.  


2. Sisihkan Untuk Orangtua
Meskipun mereka tidak pernah meminta, menyisihkan uang hasil dari kerja keras kita adalah sebuah kewajiban. Apalagi jika kita masih tinggal atau hidup bersama orangtua, bantulah mereka meringankan pengeluaran rumah seperti untuk belanja bulanan, membeli perlengkapan dan peralatan rumah, dan lainnya.

Gak cuma membantu yang wajib kita bantu, ada baiknya kita menyisihkan uang untuk bekal tabungan kedua orangtua kita.


3. Beramal 
Hidup yang serba berkecukupan jangan sampai membuat kita lupa bahwa masih banyak saudara-saudara kita  masih kekurangan. Daripada uang habis untuk foya-foya gak jelas, ada baiknya kita sisihkan uang gaji kita untuk beramal, membagi rezeki kita untuk orang yang membutuhkan.


Sudah melakukan 3 hal tersebut? Kamu boleh menggunakan uang gajian itu buat keperluan lainnya. Beli lipstik, sepatu atau nyetok makanan buat cemilan. Tapi inget, ya. Belilah barang-barang yang kamu butuhkan, bukan membeli barang yang kamu inginkan. Tetap hemat meski kamu merasa uangmu banyak.

Ohiya. Jangan lupa sisihkan uang gaji untuk tabungan juga, ya. Karena tabungan juga sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Baik tabungan jangka panjang, atau tabungan yang menjadi cadangan jika kita memerlukan uang.

6 comments:

  1. Wahahaha, iya banget emang ya. Baru datang udah main pergi XD. Harus pandai memanage keuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener. Mbak. Kalau gak bisa ngemanage nya, dijamin bisa keleyengan. Huhuh

      Delete
  2. Bayar tagihan kudu itu,, biar tidur nyenyak,, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha, iya bener. Jadi sampe tagihan jadi numpuk

      Delete
  3. setuju nih. kadang uang gajian cuman numpang lewat doang.
    gue belum ngerasain gajian sih, jdi cuman pnya uang dari pemberian orangtua.
    tapi skrg gue mulai bayar kebutuhan dan sisanya ditabung. dan skrg pelan'' mulai menghemat untuk gaya hidup. ngikutin temen'' yg udah pnya penghasilan dan gaya hidupnya tinggi, gue belom sanggup. nyari tmen yg lain aja jdinya.
    ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaya hidup di Zaman nw ini emang bener-bener bikin boros. Apalagi kalau beteman sama yang kerja dengn gaji di atas 5 juta. HUfff...
      Yaudahlah, berteman sama aku aja~~~

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^