Ketika Harga Oli Mobil Tidak Sebagus Mutunya

Pilihan harga oli mobil  di pasaran emang cukup beragam. Ada yang murah di harga 150 ribuan, tapi ada pula yang mencapai 300 ribuan per derigenya. Biasanya nih, pemilik mobil cenderung memilih oli dengan harga paling mahal karena mengira mutunya lebih baik ketimbang yang dijual dengan harga yang lebih murah. Namun aktualnya, ternyata tidak selalu menguntungkan, karena mahal tidaknya oli rupanya bukan penentu kualitas. Jadi, kita emang harus coba lebih bijak lagi dalam menyikapi masalah harga ini.




Oli memiliki peran penting sebagai pelumas mesin mobil yang akan melindunginya, baik dari gesekan, sampah, maupun karat. Oli yang berkualitas akan mampu memberikan perlindungan secara menyeluruh sehingga gak rugi kalau sering atau rutin ganti oli. Apalagi mobil membutuhkan proses ganti oli yang rutin. Karena semakin sering digunakan berpergian dan mengangkut beban berat, semakin sering pula penggantian oli harus dilakukan agar mesin mobil lebih awet.

Ciri-ciri Oli Mobil Berkualitas
Nah-nah! Supaya tidak fokus pada persoalan harga oli mobil dalam menentukan kualitas maka  kita harus kenali ciri-ciri oli yang berkualitas sebenarnya seperti apa. Dan, berikut adalah ciri-ciri umumnya yang harus kamu ketahui:

1. Warnanya jernih keemasan
Kualitas oli tentu paling mudah ditemukan dari warna oli mobil tersebut, jadi pertimbangkan untuk membelinya secara langsung. Sebab kalau dibeli melalui toko online tentu kesulitan mengecek kualitas warnanya, kecuali dibeli dulu baru dicek warnanya seperti apa. Namun umumnya oli yang bening dan berwarna kuning keemasan lebih baik ketimbang warna lain.

2. Tingkat kekentalannya pas
Semakin kental olinya maka cenderung memiliki kualitas yang semakin baik dalam melumasi setiap komponen mesin. Kekentalan ini akan memudahkan oli untuk melekat pada komponen mesin tersebut sehingga melindunginya dengan seksama dari gesekan sewaktu mobil dijalankan. Jadi cek kekentalannya, apalagi dengan kekentalan yang pas nantinya mesin mobil juga bebas dari karat. Jauhi oli mobil yang terlalu encer karena fungsinya tidak maksimal, kita pun kecewa dengan performa mesin mobil saat dijalankan.

3. Kekentalan oli tidak terpengaruh oleh suhu
Meskipun oli mobil yang dibeli dari situs belanja online maupun konvensional sudah kental, bisa jadi oli ini rentan encer oleh suhu yang meningkat. Hal ini tentu berbahaya karena ketika mobil dijalankan otomatis mesin menjadi panas dan bisa mengubah oli menjadi encer, kualitasnya pun turun. Oleh sebab itu perhatikan tingkat suhu tertinggi dan terendah oli mobil dari label kemasan olinya, yakni angka di depan huruf S dan juga W.

4. Dikemas dengan rapi dan tersegel rapat
Oli yang baik dan berkualitas tentunya diproduksi oleh pabrikan terpercaya yang kemudian memperhatikan detail produknya. Tidak terkecuali untuk urusan pengemasan yang memang dibuat serapi mungkin. Menggunakan botol dari bahan karet sintetis berkualitas dan tersegel rapi dan juga rapat, sehingga selama proses distribusi kualitas oli terjaga. Maka hindari membeli oli mobil yang kemasannya sudah buluk atau jelek.

Ketika Oli mobil memberi perlindungan optimal pada mesin mobil kesayangan kita, maka kita gak akan kecewa sudah teliti dalam memilih. Namun usahakan tidak terkecoh oleh harga dan memilih berdasarkan reputasi dan ulasan produk oli tersebut selama ini. Dalam memilih kita bisa mengandalkan informasi di buku panduan, namun untuk kualitas terbaik kadang kita perlu menjajal oli dari pabrikan ternama. Asalkan rekomendasi dari banyak orang dan terbukti berkualitas sah saja untuk dipilih, dan pastikan harga oli mobil tersebut sesuai kantong kita.

Baiklah, kiranya begitu ulasan aja ulasan tentang oli mobil. Semoga bermanfaat dan gak salah dalam memilih oli mobil. Dan yang belum membeli oli karena belum punya mobil, semoga bisa cepet punya mobil, yak :D

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^