Cara Cek In Online Batik Air yang Memudahkan Perjalanan

Sejak kemunculannya disebut-sebut mempermudah penumpang pesawat terbang , Cek In online dalam dunia penerbangan sering menjadi pembicaraan banyak orang. Pasalnya nih, dengan adanya cek in online, kita tidak perlu bersusah payah ke Bandara jauh di awal waktu sebelum jadwal penerbangan tiba hanya untuk cek in lebih awal.


Eh, iya. Cek in dalam tranportasi udara itu apa sih? Nah, Cek in adalah "kegiatan" konfirmasi kepada pihak maskapai bahwa kita "hadir" dan benar-benar akan menaiki pesawat sesuai jadwal penerbangan yang tertera di dalam tiket untuk terbang ke tempat tujuan.

Saat kita melakukan cek in, biasanya kita bisa memilih tempat duduk/kursi di dalam pesawat. Semakin kita cek in di akhir waktu, semakin besar kemungkinan kita akan dapat kursi bagian belakang. Pun sebaliknya. Jika kita cek in di awal waktu, kita bisa mendapat kursi bagian depan. Nah, kabarnya sih, kursi di depan lebih "enak" daripada kursi dibagian belakang. Itulah alasannya kenapa banyak orang yang berbondong-bondong cek in di awal waktu.

Lalu bagaimana caranya cek in di awal waktu tanpa harus datang ke bandara langsung?

Baiklah. Dalam postingan kali ini, aku mau kasih sedikit tutorial bagaimana cek in online dalam maskapai penerbangan Batik Air. Gimana caranya? Yuk, simak!

1. Buka browser internet dan ketik https://www.batikair.com/en/Checkin.
Setelah loading beberapa saat, kita akan masuk ke dalam halaman Web Check In.


2.  Lengkapi data dengan memasukkan Nama Belakang Penumpang di kolom "Last Name". dan Kode Boking tiket pesawat di bagian  bawahnya. Biasany, kode booking ini terdiri dari gabungan angka dan huruf, seperti contohnya "A5LFTY".
Jika Last Name dan kode booking sudah terisi, klik "Countinue"

3. Kita masuk ke halaman pemberitahuan larangan-larangan selama menggunakan pesawat terbang. Untuk melanjutkan, klik "No, Countinue To Check In"


 4. Masuk ke halaman selanjutnya. Klik "Select Seat" untuk memilih kursi pesawat sebelum melanjutkan cek in


5. Kini giliran kita memilih kursi. Bagian kiri halaman, ada penjelasan kotak warna putih berarti kursi masih kosong/tersedia. Sedangkan kotak abu-abu, tandanya kursi sudah dipilih penumpang lain. Ada juga kursi dengan garis 2 menandakan bahwa kursi tersebut berada di pintu darurat. 


Untuk memilih kursi, cukup klik pada kotak putih yang kita mau. Untuk Kursi deretan A dan F adalah kursi yang berada di dekat jendela.

Setelah memilih kursi, klik Return  dan klik Cek In untuk melanjutkan Cek In

6. Cek In berhasil.
Di halaman ini, kita akan melihat review tiket kita.  Kode Penerbangan Pesawat. Asal keberangkan  dan Tujuan. Juga tanggal dan jam keberangkatan dan jam tiba ditujuan.

Supaya lebih enak, ada baiknya kita klik Email Boarding Pass agar boarding pass dikirim kembali ke alamat email yang kita input. Kalau kita punya printer, bisa juga boarding pass tersebut di print.. atau kalau mau simpel, cukup screenshoot saja halaman boarding pass nya. Tinggal pilih deh sesuai selera.


Gambar di atas adalah boarding pass setelah kita melakukan cek in onlie.

Langkah selanjutnya, silakan datangi Counter Check In  Bandara yang telah disediakan dalam penerbangan Batik Air untuk mencetak tiket aslinya. Bisa juga sekalian menitipkan/menyimpan barang bawaan di dalam bagasi pesawat jika barang-barang yang kita bawa tidak memungkinkan untuk masuk ke dalam cabin pesawat.

Baiklah. Kiranya cukup postingan kali ini.


Jika mengalami kegagalan saat cek in online dengan cara di atas, bisa cek kembali data-data yang sudah diinput. Barang kali gagal karena ada kesalahan data. Tapi kalau data yang diinput sudah benar tapi masih gak bisa, silakan menghubungi call center Batik Air yang masih satu jalur dengan Lion Air Group di nomor  (+6221) 6379 8000 atau (+6280) 4177 8899.


Semoga bermanfaat!

4 comments:

  1. Kesan pertama, Batik air lbh enak dr lion pokok e,, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuhhhh, jauh beda banget emang. Hahahha
      Citilink juga kalah tuhh

      Delete
  2. gue malah baru tau, kalo cek in itu berpangaruh dengan tempat duduk yang kita pesan di pesawat. kayaknya kalo gue enggak gitu.
    tapi sejauh ini sih, gue belom pernah ngerasain cek in online gtu. soalnya udah dilakuin sama adek. punya adek ternyata enak juga, bisa disuruh-suruh.

    ehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman aku sih gitu, ya.. Cek in paling akhir, dikasih tempat duduknya kedapetan yg belakang. Kalau cek in di awal, masih bisa dpt depan...

      Aku ngerasain tuh gimana jadi adikmu itu :(

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^