5 Manfaat Website untuk Bisnis Online

Di Postingan yang telah lewat, sebelumnya aku pernah membahas tentang bagaimana memulai bisnis online. Dalam artikel tersebut, dijelaskan pula cara membeli domain yang tepat untuk sebuah bisnis online. Mungkin masih ada pemilik bisnis online yang masih ragu, apakah harus membuat website atau tidak untuk bisnis onlinenya. Tenang saja, hal tersebut wajar kok. Kamu atau mungkin kita bukan satu-satunya yang masih bingung apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari website untuk bisnis online.
Source: Google

Nah, dalam artikel ini, ada sedikit penjelaskan lima manfaat website untuk bisnis online agar kita semakin yakin untuk membuat website.

Muncul di Hasil Pencarian Google
Apa yang dilakukan orang-orang sebelum melakukan pembelian online? Googling. Saat ini pelanggan melakukan pencarian atau riset kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum membeli barang secara online.

Misal, ada orang yang ingin membeli sepatu kulit. Ia akan mencari kata kunci tersebut di Google untuk mencari harga sepatu kulit, sepatu kulit lokal atau impor, dan kata kunci lainnya yang masih berkaitan dengan sepatu kulit.

Apa yang terjadi jika bisnis online hanya mengandalkan media sosial dan tidak memiliki website? Tentu sulit untuk muncul di hasil pencarian Google. Dengan memiliki website, bisnis online akan mudah menjaring konsumen melalui hasil pencarian organik Google di berbagai kata kunci.

Konsumen Lebih Mudah Belanja Online
Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya bahwa konsumen melakukan pencarian terlebih dahulu sebelum berbelanja online. Memiliki website adalah cara bisnis online untuk memudahkan konsumen untuk menemukan produk yang konsumen butuhkan melalui hasil pencarian Google.

Semakin sulit konsumen menemukan kita di dunia maya, semakin sulit juga kita untuk memenangkan persaingan di era digital.
Konsumen Lebih Percaya
Website resmi bisnis online tidak hanya bermanfaat untuk memudahkan konsumen untuk berbelanja online, tetapi juga untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Menurut Verisign, 84 persen konsumen lebih percaya terhadap bisnis yang memiliki website dibanding yang hanya mengandalkan media sosial.

Jangan biarkan konsumen pergi hanya karena bisnis online yang kita kelola tidak memiliki website. Semakin kredibilitas turun, semakin banyak juga konsumen yang kabur ke merek lain. Artinya, keuntungan kita juga bisa menurun.

Punya Email dengan Domain Sendiri
Masih terkait dengan kepercayaan konsumen. Semakin mudahnya teknologi terdapat juga orang-orang yang memanfaatkan teknologi untuk kejahatan, salah satunya menipu konsumen secara online.

Mungkin kita tidak punya kuasa untuk memberantas pelaku-pelaku kejahatan online tersebut. Namun, kita bisa melindungi bisnis online kita dari penipuan dengan memiliki email dengan domain sendiri. Sebab, biasanya pelaku kejahatan online menggunakan domain email gratis untuk melakukan kejahatannya. Dan tentu saja, email dengan domain bisnis online, hanya kita yang bisa memilikinya dan mengelolanya.

Media untuk Press Release
Manfaat yang kelima adalah menjadikan website untuk sarana press release. Menerbitkan press release di media mungkin bisa menelan banyak dana. Dan bagi sebagian besar bisnis online yang belum bisa mengalokasikan dananya untuk menerbitkan press release di media massa, website bisa menjadi alternatif.  

kita bisa menerbitkan press release di website kita kapan saja tanpa memerlukan biaya. Dengan begitu konsumen tetap bisa mengetahui update-update terbaru tentang promo hingga kegiatan bisnis online kita.

Jadi tunggu apa lagi? Sekarang adalah waktu yang tepat bagi kita untuk membuat website untuk bisnis online kita. Jangan biarkan konsumen beralih ke merek lain karena sulit menemukan produk kita di hasil pencarian Google. Website adalah investasi jangka panjang untuk kesuksesan bisnis online kita.

2 comments:

  1. sekarang bisnis online dapat dilakukan melalui olshop besar, lalu kita menjadi seller.

    Cuma jika ingin memulai dengan memanfaatkan sarana website sebagai press release, dibutuhkan modal yang agak besar, kecuali jika ingin menggunakan blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilakukan Secara bertahap ya untuk membuat bisnis online jadi sukses

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^