Ingat Ganjil Genap dan Plat Kendaraan Seluruh Indonesia

Pernah mendengar tentang jalur ganjil genap? Yaps, peraturan ganjil genap memang belum direalisasikan pada seluruh kota di Indonesia. Namun di kota besar seperti Jakarta, system seperti ini telah dilakukan, bahkan sudah diberlakukan di beberapa titik jalan di Jakarta.

Source: Google

Dalam peraturan ini, ganjil genap sendiri ditentukan berdasarkan nomor plat kendaraan.  Misalnya B 112, plat nomor ini tergolong genap karena nomor belakangnya adalah 2. Iya, ganjil genal dilihat dari angka belakang plat nomor tersebut. Dan plat nomor tersebut boleh lewat sesuai tanggal kalender. Misal tanggal 1 yang merupakan ganjil, maka plat ganjil yang boleh melintas. Jika tanggal 2, maka plat genap yang bebas melintas, pun dengan tanggal-tanggal lainnya.

Nah, berbicara tentang plat nomor kendaran, dari contoh tersebut plat dengan huruf depan B berasal dari mana sih? Apakah berasal dari daerah kamu? Yaps, setiap daerah pasti memiliki plat nomor dengan huruf depan yang berbeda. Adapun beberapa nomor plat kendaraan seluruh Indonesia yang harus kamu ketahui yakni: 

Aceh (BL) 
Yang berbeda dari yang lainnya, Aceh memiliki banyak perbedaan pada huruf  depan kendaraan. Setiap daerahnya punya masing-masing kode atau huruf; seperti:  

A dan J= Kota Banda 

L dan B= Aceh Kabupaten Aceh Besar 

P= Kabupaten Pidie 

O= Kabupaten Pidie Jaya 

C= Kabupaten Aceh Jaya 

E= Kabupaten Aceh Barat 

W= Kabupaten Aceh Barat Daya 

V= Kabupaten Nagan Raya 

G= kabupaten Aceh Tengah 

Y= kabupaten Bener Meriah 

K dan Q= Kabupaten Aceh Utara 

Z= Kabupaten Bireuen 

N= Kota Lhokseumawe 

M= Kota Sabang 

T= Kabupaten Aceh Selatan 

I= Kota Subulussalam 

F= Kabupaten Aceh Timur 

D= Kota Langsa 

H= Kabupaten Gayo Lues 

X= Kabupaten Aceh Tenggara 

R= Kabupaten Aceh Singkil 

S= Kabupaten Simeulue 


Sumatera 

BB= pesisir Barat atau Sumatera Utara bagian Barat 

BK = pesisir Timur atau Sumatera Utara bagian Timur 

BA= Sumatera Barat 

G= Kabupaten Pesisir Selatan 

A, B dan R= Kota Padang 

F= Kota Pariaman 

N= Kota Padang Panjang 

P= Kota Solok 

M= Kota Payakumbuh 

C dan X= Kabupaten 50 Kota 

BM = Riau 

BP = Kepulauan Riau 

BD = Bengkulu 

BE = Lampung 

BG = Sumatera Selatan 

R= Kota Dumai 

BN = Kepulauan Bangka Belitung 

BH = Jambi 


Jawa 
Salah satu plat kendaraan seluruh Indonesia yang setiap wilayah kabupaten-nya memiliki perbedaan yakni pulau Jawa. Beberapa yang terlihat yakni: 

Jawa Barat 

A = Banten 

K-O= Kabupaten Pandeglang 

A-J= Kabupaten/Kota Serang 

U-Z= Kota Cilegon 

B-C**/V**= Kota Tangerang 

U-Z= Kabupaten Lebak 

B = DKI Jakarta 

B-K**/Y*= Kota Bekasi 

D = Kabupaten Bandung 

B-E**/Z**= Kota Depok 

D-S**,T**= Kota Cimahi 

E = eks Karesidenan Cirebon 

Z = Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis 

E – P*/R*/S*/T*= Kabupaten Indramayu 

E – U*/V*/W*/X*= Kabupaten Majalengka 

D-U**,X**= Kabupaten Bandung Barat 

F – W-Y= Kabupaten Cianjur 

E – Y*/Z*= Kabupaten Kuningan 

F = Karesidenan Bogor 

F – U/V= Kabupaten Sukabumi) 

F – S/T= Kota Sukabumi 


Jawa Tengah 

G – C/L/V= Kabupaten Batang 

G – E/N/Y= Kota Tegal 

G – G/R/J= Kabupaten Brebes 

G = Karesidenan Pekalongan 

G – D/M/W= Kabupaten Pemalang 

H = Karesidenan Semarang 

H – D/M/U= Kabupaten Kendal 

H – E/N/J= Kabupaten Demak 

H – A/F/G/H//P/R/S/W/X/Y/Z= Kota Semarang 

K= Pati 

R = Banyumas 

AA = Karesidenan Kedu 

AA – F/P/Z= Kabupaten Wonosobo 

AA – A/H/K/S= Kota Magelang 

AA – E/N/Y= Kabupaten Temanggung 

AA – C/L/V= Kabupaten Purworejo 

AA – D/M/W= Kabupaten Kebumen 

AD = Karesidenan Surakarta 

AB = DI Yogyakarta 


Jawa Timur 

W = Sidoarjo, Gresik 

L = Kota Surabaya 

P = Karesidenan Besuki 

M = Karesidenan Madura 

N = Karesidenan Malang 

S = Karesidenan Bojonegoro 

AG = Karesidenan Kediri 

AE = Karesidenan Madiun 


Bali dan Nusa Tenggara 

DR = NTB I 

EA = NTB II 

DK = Bali 

DH = NTT I 

EB = NTT II 

ED = NTT III 

KALIMANTAN 

KB = Kalimantan Barat 

DA = Kalimantan Selatan 

KT = Kalimantan Timur 

KH = Kalimantan Tengah 


SULAWESI 

DL = Sulawesi Utara Kepulauan 

DB = Sulawesi Utara 

DM = Gorontalo 

DT = Sulawesi Tenggara 

DN = Sulawesi Tengah 

DD = Sulawesi Selatan I 

DW = Sulawesi Selatan II 

DP = Sulawesi Selatan III 


Maluku dan Papua 

DG = Maluku Utara 

DE = Maluku 

DS = Papua 

DF = Timor Timur 

PB = Papua Barat 

Baiklah. Sekarang udah tau dong kode atau awalan huruf plat kendaraan di seluruh Indonesia? Trus, huruf depan pada nomor kendaraan Kamu udah inget juga? Selain huruf depan plat kendaraan Kamu, perhatikan juga nomor belakang plat Kamu ya, agar nantinya tak salah rute ganjil genap jika berada di kota-kota besar.

2 comments:

  1. wah, baru tau saya..
    yang saya tau cuma plat B doang..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga gak hapal banget. Lumayan kan bisa ada contekan ini hahha

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^