3 Cara Sederhana Mengatasi HP Error

3 Cara Sederhana Mengatasi HP Error - Yang namanya barang elektronik, pasti akan mengalami beberapa peristiwa saat kita menggunakannya. Gak sedikit barang elektronik mengalami error atau berada dalam kondisi yang tidak normal. Misalnya, layarnya tiba-tiba cuma blank putih/hitam. Aplikasi tidak bisa dibuka atau ditutup. Layar tidak bisa disentuh. Layar hanya menampilkan gambar terakhir dan tidak bisa diutak-atik lagi.


Yap, gapapa. Sesekali HP mengalami peristiwa seperti itu termasuk hal yang wajar. Mungkin saat itu dia lelah. Namanya juga barang elektronik. But, kamu gak usah panik. Gak usah terburu ingin pergi ke service center untuk perbaikan, atau bahkan terburu ingin  mengganti dengan HP lain. Tenang-tenang, ada beberapa cara sederhana yang harus kamu lakukan untuk mengatasi HP Error.

1. Restart Handphone
Lagi seru-serunya main HP, tiba-tiba HP blank dan tidak melaksanakan respon yang kita berikan? Coba tenangkan diri dulu. Lalu tekan power untuk me-Restart atau mulai ulang HP. Bisa juga menekan tombol Off atau matikan HP tersebut. Diamkan sejenak, lalu tekan kembali powernya untuk menghidupkan kembali HP. Biasanya, HP akan lebih fresh dan gak ngambek lagi.

2. Clear Data
Sedang buka suatu aplikasi, tapi layar hanya diam dan tidak bisa diutak atik? Atau bahkan aplikasi bernotif error dan tidak bisa dibuka? Hem, biasanya kita hanya perlu buka halaman pengaturan untuk menghapus/clear Data aplikasi tersebut.  Setelah Data terhapus, aplikasi akan kembali seperti "baru" dan bisa kita gunakan kembali.

Tapi perlu diingat, ya. Menghapus data akan menghilangkan data dalam aplikasi tersebut. Otomatis, ketika kita membuka aplikasi tersebut, kita harus log in atau memasukkan data ulang.

3. Uninstal Aplikasi
Udah coba  clear data dan coba login kembali, namun hape belum kembali normal? Mungkin kamu butuh penanganan khusus. Coba deh re-instal aplikasi tersebut. Caranya, Uninstal / Hapus aplikasi tersebut. Kemudian download dan mulai login kembali. Biasanya error-error itu akan hilang ketika kita meng-uninstalnya. Dan aplikasi akan seperti baru kembali saat kita mendownload ulang. Tapi pastikan kamu ingat akun untuk login kembali, ya.

Baiklah. 3 cara di atas adalah cara sederhana mengatasi HP error yang sering aku lakukan berkat saran dari beberapa teman. Alhamdulillah, semua bisa teratasi dengan mudahnya. Seperti kasus error pada aplikasi Instagram saya beberapa hari lalu yang tidak bisa dibuka. Setelah melakukan 3 cara di atas, akhirnya aplikasi tersebut mau berfungsi seperti sedia kala. HUfff...

Nah, kalau suatu hari HP kamu error dan sudah melakukan 3 cara di atas namun HP tetap error, Mungkin kamu harus konsultasi dengan temanmu yang teknisi HP atau datang ke service hape sebelum masalahnya semakin serius. Tapi kalau HPmu masih punya garansi, lebih baik gunakan garansi tersebut untuk pengecekan HPnya.

Yaudah, ya. Cukup sekian dan terima kasih.
I Miss you too~

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^