5 Hal Sepele yang Bisa Memengaruhi Kualitas Tidur

Para ahli kesehatan mengatakan, "tidur nyenyak itu sama pentingnya dengan makanan sehat." Karena seperti kekurangan vitamin, kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Tahukah kamu apa saja dampaknya bagi tubuh?

  • Kita akan sulit berkonsentrasi dan tidak mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama 
  • Mudah lelah dan mudah uring-uringan atau mudah marah 
  • Suasana hati jadi mudah berubah-ubah karena kadar kortisol (hormon stress) akan naik 
  • Dapat menyebabkan seseorang berhalusinasi 
  • Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung 
  • Gairah seks menurun dan mempengaruhi jumlah testosteron 
  • Kurang waspada dan respon pun jadi lambat 
Selain berbagai efek tersebut, tentu saja masih ada banyak efek lainnya yang akan kita alami jika kurang tidur atau tidak tidur nyenyak di malam hari. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Beberapa di antaranya justru dianggap sepele sehingga seringkali tidak diperhatikan. 

Nah, untuk memperbaiki kualitas tidurmu dan agar kamu lebih produktif serta lebih kreatif di siang hari, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

1. Perhatikan kualitas ranjang (tempat tidur) yang kamu gunakan 
Menurut survei yang dilakukan oleh Yayasan Tidur Nasional USA menemukan bahwa, 82 juta warga Amerika ternyata kurang tidur karena salah memilih tempat tidur. 25% dari orang yang mengaku kurang tidur tersebut mengatakan bahwa, kurang tidur tersebut mempengaruhi aktivitas mereka di siang hari. 

Oleh sebab itu, cobalah lebih selektif dalam memilih tempat tidur atau springbed yang akan kamu beli. Saya pribadi merekomendasikan merk seperti Airland  yang memang sudah sejak lama terkenal selalu memberikan kualitas terbaik untuk setiap spring bed yang mereka buat. 

Kalau kamu tertarik untuk membeli Airland Spring Bed, saya merekomendasikan official store mereka yang ada di toko online Bukalapak sebagai tempat mencari dan membeli. Dengan memilih official online store, kamu setidaknya akan dapat 4 keuntungan, yaitu: 

  1. Kamu akan mendapatkan produk yang 100% asli 
  2. Harga spring bed Airland di toko online cenderung lebih murah dibandingkan dengan toko offline 
  3. Ada banyak voucher diskon atau cashback yang ditawarkan oleh toko online (Bukalapak) yang bisa kamu manfaatkan untuk berhemat 
  4. Pilihannya banyak dan kamu tidak perlu repot mencari dari satu toko mebel ke toko mebel lainnya hanya untuk menemukan desain atau kriteria springbed yang kamu inginkan
2. Cahaya 
Beberapa diantara kita ada yang biasanya merasa kesulitan tidur apabila lampu dimatikan. Ada yang merasa takut sehingga sulit tidur dan gelisah. Ada juga yang merasa sesak nafas ketika berada di sebuah ruangan yang gelap. Atau karena alasan lainnya. 

Tapi, menurut penelitian tidur di bawah cahaya yang terang tidak hanya dapat menyebabkan berbagai masalah seperti, menyebabkan resiko kanker makin besar, depresi mempengaruhi kesuburan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, menyebabkan perubahan hormonal, melainkan dapat juga menyebabkan insomnia atau gangguan tidur.

3. Notifikasi dari smartphone atau gadget 
Terbiasa membiarkan gadget hidup dan tetap menampilkan serta memperdengarkan notifikasi di malam hari beresiko membuat kita jadi sering terjaga. Karena kerap kali, notifikasi yang berasal dari sosial media seperti grup di WhatsApp, Facebook, Twitter, dan lain-lain selalu berbunyi dan mengganggu tidur kita.

4. Tidur dengan jendela terbuka 
Tidur dengan jendela terbuka ada untungnya, tapi juga dapat menyebabkan sejumlah masalah. Benefitnya, jendela yang terbuka akan membuat sirkulasi udara di dalam kamar jadi lebih baik. Tapi sayang, kadang-kadang cuaca yang dingin menyebabkan tidur kita tidak nyenyak apabila jendela dibuka. Tidak hanya itu, membuka jendela akan menyebabkan nyamuk lebih banyak sehingga akan mengganggu tidur kita.

5. Makan makanan pedas 
Banyak orang yang belum menyadari bahwa mengkonsumsi makanan pedas ternyata bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari. Menurut seorang pakar Gangguan Tidur yang berasal dari Amerika Serikat mengatakan bahwa, mengkonsumsi makanan pedas di malam hari sebelum tidur akan memicu metabolisme dan meningkatkan suhu tubuh. 

Akibatnya, aktivitas otak akan bertambah padahal ketika kita tidur, otot dan tubuh sedang beristirahat. Mengkonsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan kita mengalami mimpi buruk.

Rekomendasi tempat beli kasur (spring bed) yang bagus dan murah 
Apabila selama ini kamu sering merasa bermasalah dengan tidur karena kasur yang kamu gunakan atau springbed yang kamu pilih ternyata membuat kamu sering tidak tidur nyenyak atau mungkin sering membuatmu pegal-pegal ketika bangun di pagi hari, saya merekomendasikan Airland spring bed sebagai solusinya. Karena spring bed yang satu ini terkenal memiliki kualitas yang sudah dibuktikan oleh banyak orang. 

Kalau kamu tertarik untuk membeli, kamu bisa mengklik link yang telah saya berikan di atas. Link tersebut akan membawamu langsung ke official store (toko resmi) mereka yang ada di Bukalapak. Di sana, kamu bisa memilih berbagai macam spring bed merk Airland yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tunggu apalagi?
Yuk, perbaiki kualitas tidur kita!

4 comments:

  1. saya ngekos dulu juga beli kasurnya online di bukalapak. harga nya variatif dan bisa bandingin harga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman skrng emang harus pinter ya cari barang murah tp bagus. M

      Delete
  2. terkadang memang kita tidak terlalu memperhatikan, tapi ternyata itu mempengaruhi kesehatan tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap bner. Banyak hal-hal gk penting yg sbnrnya sangatt penting

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^