Asus ZenFone Max M2 - Smartphone Murah, Canggih Pula

Hadirnya banyak smartphone terbaru dari berbagai brand memang membuat kita dibikin pusing saat ingin memiliki smartphone yang bagus dan benar-benar bagus. Kalo nanya sama penjual smartphone yang kita datangi mah mereka pasti bilang smartphone yang mereka jual lah yang paling bagus. Ya, dimaklumi sih. Namanya juga lagi mengejar target jual toko.

Tapi, kalau aku gak mau asal menerima rekomendasi dari toko tersebut. Alih-alih, malah bisa dirugikan karena produknya gak beneran bagus. Trauma sama yang dulu, kata mas-mas nya HP yang kubeli bagus, eh pas dipake ternyata malah lebih banyak kekurangannya.


Memilih smartphone emang susah-susah gampang sih. Kadang susahnya kayak nyari jodoh yang ternyata lagi dijagain orang. Tapi kadang gampang kayak nyari kacang di warung. Nah, biar gampang gitu, baiknya tuh sebelum membeli smartphone kudu kita selidiki dulu mana smartphone bagus yang emang sangat direkomendasikan dan sesuai dengan kebutuhan kita, terutama yang pas dengan isi dompet, guys!

Kalau aku nih,  gak pernah ambil pusing saat memilih smartphone andalan. Sebagai salah satu pengguna brand Asus yang beberapa tahun terakhir ini menggunakan smartphone dari keluarga ZenFone, aku mulai yakin kalau Asus bisa diandalkan dan sangat direkomendasikan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Nah, kalau smartphone yang sekarang, aku menggunakan Asus ZenFone Max Pro M1 yang harganya cuma 2 jutaan yang benar-benar memuaskan dari segi performa, batrai, tampilan, kamera dan masih banyak lagi.
Detik-detik sebelum chicken dinner
Yang paling spesial banget tuh, smartphone ini benar-benar mendukung unuk bermain game. Yak, semenjak punya HP ini, aku jadi gamers dadakan yang main game mulu. Dari sini juga aku benar-benar percaya bahwa ZenFone Max ini emang keren. Tapi sayang, ada minus pada layar yang belum "full screen" seperti HP impianku.  Itu lho, yang layarnya bener-bener full nyampe atas, bawah dan pinggirannya. 

Tapi aku gak memusingkan itu, karena Desember 2018 lalu, Asus memperkenalkan smartphone terbarunya dengan design layar yang lebih lebar yang bisa memuaskan para penggunanya. Apalagi, smartphone ini juga sangat mendukung untuk bermain game. Dan sesuai yang aku mau banget, harga smartphone ini dibanderol dengan harga yang cuma 2 jutaan. Tentu dong, aku mulai melirik ZenFone Max M2 ini.

Sepertinya Asus emang gak mau berhenti melahirkan smartphone baru andalahannya, untuk memuaskan para pecinta game. smartphone ini pun banyak diminati kaum milenial seperti kita karena harganya pun di-press habis agar tetap murah dan terjangkau.

Sebagai "kakak"  dari Smarthone terdahulunya, yaitu Asus ZenFone Max Pro M1, tentu saja Asus menyumbang banyak peningkatan pada ZenFone Max M2 dengan mengusung "daleman" yang lebih baik lagi. Emang sih gak ada embel-embel "Pro" nya, tapi kita gak bisa menganggap remeh smartphone ini.

Mulai dari Batrai dan Perfoma
Yang pertamakali aku lihat dalam sebuah Smartphone adalah kapasitas batrainya. Harus awet pokoknya! Abis gimana, ya. Aku tuh tipe cewek yang males ngecas HP, tapi nyaris setiap waktu tidak bisa melepas smartphone dari genggaman. Capek akutuh kalo bentar-bentar ngecas! Makanya, sebisa mungkin, aku harus memiliki sebuah smartphone yang bisa bertahan lama bersamaku.

Seperti ZenFone Max M2 misalnya. smartphonoe ini punya baterai besar dengan kapasitas 4.000mAh yang bisa menemani hari-hari kita, karena smartphone ini bisa standby lebih lama. Gak heran sih, selain kapasitas batrainya yang besar, ZenFone Max Pro M2 dibekali dengan prosesor terbaru juga. Nah, inilah salah satu penyebab smartphone ini bisa hemat energi.

ZenFone Max M2 diusung dengan Qualcomm Snapdragon 632 octa core processor yang dibangun dengan arsitektur ARM 14nm. Nah, prosesor ini merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal punya performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas. Performa CPU nya 40% lebih tinggi dan grafis nya 10% lebih baik dari perangkat  Snapdragon di bawahnya. Smartphone ini juga diusung dengan GPU Qualcomm Adreno 506.

Dengan segala kehebatan yang ada di dalamnya, smartphone ini bisa bertahan standby 33 hari dengan jaringan 4G, 21 jam kalo kamu suka menonton video, 22 jam untuk wifi web browsing, 8 jam bermain game Free Fire, dan 35 Jam telponan dengan jaringan 3G. Tahan lama banget, yak!

HPnya Bisa buat nge-Game juga!
Jangan diremehin deh! Meskipun harganya cukup murah, Smartphone ini bisa menunjang kebutuhan kita dalam bermain game juga. Karena smartphone ini memiliki Batrai yang gak boros, tahan lama dan yang paling penting, Gak pake panas. Tentu aja game ini sangat mumpuni dan memuaskan dalam bermain game juga. Contohnya saat aku memainkan game PUBG ini. Aku bermain dengan lancar, gak pake hank atau nge-lag . Pokoknya tanpa hambatan apapun deh. Main game pun lebih enak dan bisa berjam-jam.
Btw, bisalah main bareng aku di PUBG. Add aja: "Kekasihmuh"


Belum bisa kebeli ROG Phone, kita bisa latihan jadi Gamers sejati dengan ZenFone Max M2. Karena selain menggunakan prosesor terbaru, smartphone ini juga diusung dengan system operasi pure Android Oreo 8.0,  yang membuat smartphone ini punya perfoma yang sangat "enteng" , apalagi kalau dipake untuk bermain game. Makanya, gak merugikan!

Smartphone ini  hadir dengan pilihan kapasitas RAM 3GB/ROM 32GB dan RAM 4GB/ROM 64GB  yang bisa mendukung MicroSD hingga 2TB dan mendapat Google Drive 100GB gratis selama 1 tahun. Nah, supaya semakin memuaskan, kita harus pilih kapasitas RAM/ROM yang sesuai dengan pemakaian juga. Lebih mantap sih yang RAM 4GB/ ROM 64GB tuh. 

Slot Cardnya ada 3, jadi kita menggunakan 2 simcard + 1 slot untuk MicroSD. Penyimpanan jadi semakin banyak nih dengan adanya tambahan memori kan. Smartphone ini pun bisa diandalkan untuk ber-multitasking dengan baik. Buka aplikasi apapun gak lelet, bahkan ketika membukanya bersamaan. Termasuk pas lagi main game juga.

Beralih ke Max Kameranya yang bisa diandalkan
Mengusung dual camera  dengan sensor yang beresolusi 13 MP dengan Aperture F/1.8 dan 2 MP untuk mode bokehnya. Kamera ZenFone Max M2 juga bisa diandalkan dalam photopgraphy-nya. Hasil gambar yang diciptakan dari kamera ini memiliki kualitas yang bagus dan bisa menangkap dengan detail gambar tersebut dalam situasi apapun. Mau siang, malam, outdoor atau di dalam ruangan, kita tetap bisa mengabadikan gambar dengan baik. Jadi, kita gak akan kelewat mengabadikan moment seru yang akan kita abadikan.

Ceritanya lagi pepotoan pake Asus ZenFone Max M2 nih
Kamera ZenFone Max M2 juga dibekali dengan dukungan fitur AI Scene Detection yang bisa mendeteksi 13 Jenis foto. Tentu aja dengan dukungan fitur ini, tangkapan gambar yang dihasilkan akan lebih bagus dan detail sesuai objek gambar yang kita tangkap. Misalnya jenis foto panorama, hewan, makanan dan sebagainya.




Untuk menghasilkan gambar yang semakin bagus dan berkualitas, Smartphone ini juga dibekali dengan pengaturan foto manual, dimana kita bisa mengatur ISO, Shutter, Exposure Value, AF, dan white balance untuk menyesuaikan settingan apa yang tepat agar gambar yang dihasilkan lebih bagus. Nah, smartphone ini cocok banget buat kalian yang mau belajar photography. 


Bukan cuma itu aja, Gak ketinggalan juga fitur efek bokeh yang bisa menghasilkan efek blur pada background. Efek bokeh ini akan otomatis membuat blur background pada gambar tangkapan kita dan menjadikan gambar itu blur dengan natural. 

Kamera Depannya juga oke punya  berkat resolusi 8MP yang dilengkapi dengan Soflight Led Flasnya dan F2.0 aperture. Dengan kamera ini, kita bisa mendapatkan hasil foto selfie terbaik namun tetap memberikan kesan "natural". Buat kita yang gak Percaya diri kalo selfie, fitur Real Time Beautification yang kita gunakan bisa dengan mudah membuat wajah jadi mulus, menghilangkan jerwat, menyeimbangkan bentuk wajah, mencerahkan warna kulit dan masih banyak lagi deh pokoknya! Intinya sih bisa bikin kita jadi cakep! 

Soal Rekam Gambar atau Video. ZenFone Max M2 juga tetap bisa diandalkan. Selain hasil fotonya yang oke, tentu aja kameranya bisa digunakan untuk merekam video. Ya, meskipun opsi dalam merekam video terbilang sedikit, tapi menurutku ini udah cukup buat pemula seperti kita yang suka masih suka coba-coba. 


Salah satu fitur yang menurutku harus kalian coba ketika sedang merekam gambar adalah Image Stabilization. Iya bener. Kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur Electronic Image Stabilization (EIS). Nah, untuk mengaktifkannya, tinggal pilih "On" dalam opsi Image Stabilizationnya. Dengan fitur ini, ZenFone Max M2 mampu meminimalisir gerakan atau goyangan yang timbul saat kita sedang merekam. Tentu aja otomatis gambar yang kita rekam jadi stabil, gak blur, gak "grasak-grusuk"  atau goyang-goyang gitu. Hasil rekam videonya pun jadi lebih oke dan punya kuliatas yang bagus.

Tampilan dan Body-nya
Awalnya aku menolak mentah-mentah smartphone layar lebar. Tapi sekarang harus aku akui bahwa menggunakan smartphone layar lebar lebih asyik daripada layar yang kecil. Itu terbukti betapa betahnya aku menggunakan ZenFone Max Pro M1 yang memiliki layar seluas 5.99 inch. Dengan layar lebar begini, kita makin puas saat menggunakan multimedianya, seperti nonton film, berfoto, video, apalagi nge-game. Nah, yang berasa manfaatnya tuh bener-bener memuaskan banget kalo buat nge-game. Jari-jari jadi lebih leluasa menyentuh layar dalam permainan game apapun.


Sama halnya dengan Asus ZenFone Max M2. Ini lagi, layarnya lebih besar, Cuy! Layarnya itu sekitar 6,3 Inchi dengan lebar 19:9 yang beresolusi HD+ (1520x720). Makin memuaskan nih. Karena bezel di pinggirnya itu dibuat sangat tipis.

Tapi jangan salah sangka dulu, lho. Meskipun HP ini memiliki layar yang lebar, smartphone ini tetap enak dilihat, enak digenggam dan tetap ringan dalam genggaman atau saat kita bawa kemana-mana. Iya, beneran gak berat. Kita tetap bisa menggunakan smartphone ini dengan nyaman karena bodynya itu lebih ringkas dan lebih ramping.

Meskipun memiliki batrai yang besar, Smartphone ini ramping dan tebalnya hanya 7,7 mm aja. Tentu ini lebih tipis dibanding smartphone pendahulunya, meskipun Sekilas, smartphone ini bener-bener persis dengan smartphone  Max Pro M1.

Body nya yang ramping ini juga terlihat elegan dengan design body metal premium yang bikin HP ini gak terlihat besar. Nah, ada pilihan warna yang bisa kita pilih saat membeli ZenFone Max M2.  Ada Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver. Kalau aku nih, tentu pilih Space Blue :D

Smartphone ini juga cocok banget buat kalian yang "grasak-grusuk" yang gak sengaja sering menjatuhkan smartphone. Karena smartphone ini dibuat dengan layar yang dilapisi Corning Gorila Glass 6 yang tentu aja tahan banting dan gak mudah pecah.

Yang Istimewah Lagi
Gak cuma point-point yang udah aku jelaskan di atas, ada juga Audio yang dirancang dengan pembaruan yang hadir dengan 5 magnet speaker yang dilenkapi dengan metal voice coil. Tentu saja, kita akan mendapat pengalaman baru saat menggunakan multimedianya. ZenFone Max M2 semakin maximal dengan suara yang jernih dan keras. Nah, ini berkat 5 magnet speaker tadi yang juga dikontrol dengan teknologi NXP low-distortion smart amplifier. Gak bikin telinga sakit!

Udah kebayang gimana asyiknya saat mendengarkan musik, menonto video, rekam suara atau pas lagi ngegame? Pasti menyenangkan sih karena suara yang dihasilkan enak didengar. Apalagi kalau lagi  galau-galau gitu, terus diem di kamar, play musik, lalu nyanyi-nyanyi, karokean! Kualitas suara yang bagus dan jernih bisa menghibur diri dan membuat mood jadi oke lagi.

Keamaan dalam smartphone ini juga terjamin tapi tidak menyusahkan kita. Ada Rear fingerprint yang berada di bagian tengah body belakang. Sensor ini mampu membuka smartphone yang terkunci dalam waktu 0.3 menit dan bisa merekam hingga 5 jari. Trus ada Face unlock yang bisa membuka layar dengan cepat ketika kita mengarahkan smartphone ini ke wajah kita. Aku paling suka dengan fitur ini, karena sangat membantu banget kalo tanganku lagi basah. Jadi, untuk menyalakan layar buat melihat jam atau notifikasi, tinggal gunakan face unlock tanpa menekan atau menyentuh layar dengan tangan tanganku yang basah.

Sensor lain yang tertanam dalam smartphone ini ada Accelerator, E-Compass, Proximity, ambient Light Sensor dan Gyroscope. Penggunaan Gyroscope ini berasa banget manfaatnya kalau kita main game, Gengs. Hanya dengan menggerakkan smartphone ke kiri/kanan, layar jadi ikut bergerak. Main PUBG jadi lebih asyik pas lagi nembakin bareng kamu .

Jadi, kesimpulannya nih.....
ZenFone benar-benar bisa diandalkan menjadi smartphone terbaik yang bisa kita gunakan untuk multitasking dan menemani hari-hari kita. Kamera oke. Batrai apalagi. Enak dibuat ngegame juga. Punya body dan tampilan yang sangat kekinian. Trus nih, yang paling bikin bahagia adalah harganya yang cuma 2 jutaan, Iya, Harga ZenFone Max M2 hanya Rp 2.299.000 untuk varian RAM 3GB/ROM 32GB , sedangkan untuk yang di atasnya, harganya Rp 2.699.000 dengan kapasitas RAM 4GB/ROM 64GB.
Spesifikasi Lengkap Asus ZenFone Max M2
Karena kalo menjelaskan semua fiturnya gak cukup dalam satu postingan, jadi kamu bisa melihat spesifikasi lengkap Asus ZenFone Max M2 pada table di atas ya, Gengs. Lengkap kok!

Meskipun murah, Smartphone ini bukan HP Ghoib yang pas dicari ternyata gak ada barangnya. Bukan, kok,. Bukan. Tentu aja smartphone ini udah dijual dan tersebar luas, terutama di seluruh Indonesia. Kamu bisa mendapatkan Asus ZenFone Max M2 di toko-toko smartphone. Kalau gak mau repot, bisa juga beli di situs online yang kamu percaya.

Jadi, beli ZenFone Max M2 yang varian apa? Kalau aku sih, pilih yang sesuai kebutuhan. Yang 4GB/64GB aja biar lebih greget!  


Baca juga: Homecare24 - Perawat Panggilan ke Rumah Yang Terpercaya

4 comments:

  1. saya dari bulan lalu nungguin flash salenya zenfone..pengen banget deh suerr bisa ngegame lama-lama dan gak perlu loading lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya, Mbak...
      Semoga nanti ada lagi harga spesial yang murah abisss

      Delete
  2. Mantep nih samrtphone,
    mupeng nih
    klo ngegame pastinya lancar tanpa hambatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, Kak. Aku udah cobain, dan lancar jaya

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^