DS Layur Hostel - Hotel Capsul di Semarang

Melihat beberapa teman yang sering menginap di hotel capsule, sering kali membuat hati ingin ikutan nginep di sana juga. Tapi ya, kadang muncul tanda tanya juga. Gimana ya rasanya? Seru gak, ya? Bisa bobok nyenyak gak ya? Nyaman gak ya? Rekomen gak ya kalau cewek yang nginep? Hem...


Btw, tau kan yang sering disebut Hotel Capsule?
Itu lho. Jadi, dalam satu ruangan/kamar terdiri dari beberapa "ruang kecil" kasur bertingkat dengan sekat-sekat/pembatas. Nah, satu ruang kasur diisi oleh satu orang atau sesuai kapasitas. Trus juga udah disediakan colokan listrik dan lampu tidur. Tapi, kamar mandi terpisah dan merupakan kamar mandi umum barengan dengan penghuni lainnya.

Kebanyakan, bahkan hampir semua hotel capsule itu tidak memisahkan wanita dan pria. Dalam satu kamar atau ruangan hotel capsule, dihuni oleh wanita dan pria, alias campur. Trus juga kamar mandinya campur gitu. Nah, itu yang kadang jadi pertimbangan aku kalau lagi kepikiran pengen nginep di hotel Capsule. Ntah, ya. Buat yang jarang berpergian kayak aku, rasanya kurang nyaman aja kalau kamar mandinya campur cewek cowok gitu. Kalau kasur tidur, dirasa masih okelah. Yang penting ada pembatas dan tertutup.

Sempat bertanya-tanya dan minta rekomendasi teman tentang hotel capsule mana yang kamar tidur dan kamar mandinya gak campur. Tapi nihil. Katanya sih, semua hotel capsule ya campur gitulah. Kecuali, nyarinya yang "sharing room" dalam satu kamar, ada beberapa kasur, ada kamar mandi di dalam, dan diisi sesama wanita. Tapi boboknya bareng tanpa pembatas gitu. Ah, ini lagi. Aku belum biasa. Wkwkwkw..

Pasrah karena gak ada pilihan lain, akhirnya aku tetap nekad untuk nyobain salah satu Hotel Capsule di Semarang. Dan aku memantapkan Pilihanku pada DS Layur Hostel yang lokasinya gak terlalu jauh dari Stasiun Semarang Tawang.  Hostel ini bisa ditempuh cukup dengan jalan kaki, kalau kalian biasa jalan. Tapi kalau tipe males dan gampang lelah kayak aku, ya pesen Ojek Online adalah pilihan yang tepat. wkwkw

Lokasi kamarnya berada di lantai 2. Kedatanganku kala itu, lantai 1 sedang ada renovasi untuk kamar-kamar baru  dan hanya jadi jalanan untuk keluar-masuk aja. Kaau mau check-in, ada resepsionis yang siap melayani tepat di depan ketika hendak masuk.

Bicara soal kemewahan, hostel ini emang jauh dari kata mewah. Ya, bangunannya mirip seperti ruko yang disulap menjadi tempat penginapan. Bangunannya gak terlalu besar, tapi cukup untuk parkir beberapa motor atau mobil kalau kita bawa kendaraan.

Tapi jangan salah lho. Meskipun dari luarnya gak menjanjikan, hostel ini punya kenyamanan yang lumayan bikin kita istirahat dengan tenang.


Yang paling aku suka di sini, kamar dan kasurnya sangat terjaga kerapian dan kebersihannya, meskipun bagian luar kamar agak berantakan karena sedang ada pembangunan di lantai 1. Pintu kamar juga selalu tertutup rapat karena AC selalu menyala, plus jaga-jaga juga supaya nyamuk gak masuk. Dingin AC nya juga gak usah diragukan. Bikin nyenyak tidur meskipun kamar diisi banyak orang.

Ukuran kotak kasur/kapsul yang kita tempati juga lumayan luas dan gak pengap. Bisa deh kalau tidur berdua kalau kurusnya kayak aku. Trus juga udah tersedia bantal yang empuk dan selimut tebal kayak di hotel beneran. Enak banget deh bobok cantik dan selimutan karena AC nya dingin.


Untuk kenyamanan juga, ada dinding pembatas kita dengan "tetangga" kanan kiri. Trus juga ada gordeng buat jadi "pintu" keluar-masuk kasur. Emang sih gak ada kuncinya dan hanya penutup biasa, tapi cukup aman asal gak ada yang iseng buka-buka. Alhamdulillah, pas aku nginep di sana aman-aman aja.

Salah satu alasanku memilih tempat  ini juga karena kamar mandi antara cewek dan cowok dipisah. YEY! Kebayangkan gimana ngerinya kalau toiletnya barengan? Hem, aku sih merasa gak nyaman, ya. Syukurlah bisa menemukan DS Layur ini. Trus juga kamar mandi yang tersedia ada 3 pintu, jadi kita gak perlu berebut atau menunggu lama saat ingin menggunakan kamar mandi. Air yang tersedia juga ada anget-angetnya

Jadi, yang harus kamu tau di DS Layur Hostel;
  • Dalam 1 kamar, ada kasur tingkat 2 yang bisa diisi oleh Perempuan dan Laki-laki  (campur)
  • Ada 5 Kasur di Atas dan 5 Kasur di bawah (kalau tidak salah)
  • AC di dalam kamar dingin sangat
  • Selimut tebal, ala hotel bintang 5
  • Bantal yang nyaman dan kasur yang empuk
  • Ada Lampu tidur dan colokan listrik
  • Kamar Mandi Perempuan dan Laki-laki terpisah
  • Kamar mandi lumayan luas, ada 3 pintu
  • Tersedia Shower dengan air yang kadang hangat-kadang dingin
  • Ada loker kecil lengkap dengan kuncinya, untuk menyimpan barang-barang. 
  • Tersedia sabun, sikat gigi, air mineral di dalam loker.   
  • Ada Musholah/tempat untuk 2 orang sholat (depan belakang)
  • Tersedia mukena dan sajada
  • Lokasi sangat strategis
  • Kamar dan Kasur Bersih
Dari semua fasilitas dan kenyaman yang aku dapatkan itu, aku hanya membayar 45.000 dari pemesanan melalui traveloka karena sedang ada Promo.

Berharap banget suatu hari nanti bisa ke Semarang lagi. Trip bareng temen-temen lain biar lebih rame, dan nginep bareng di hotel capsul begini. Duh, seru gitu sebelum tidur kami bisa ngerumpi, trus pagi-pagi ngebangunin mereka. Enaknya sih dalam 1 kamar itu dihuni sama temen-temen kenal, yak :D
Jadi sih intinya, DS Layur Hostel ini adalah "hotel capsul" yang menurutku rekomended banget buat kita singgahi di Semarang. Buat kalian yang trip ala-ala hemat tapi menginginkan kenyamanan, bisalah pilih penginapan ini aja. Terutama yang takut tidur sendirian.. Kan kalau kapsulan gini jadi kayak tidur bareng-bareng, dengan sekat atau pembatas.

Fasilitasnya menurut aku lumayan lengkap. Bantal, selimut, sabun, sikat, gigi dan air mineral di dalam loker. Minus gak dapat handuk sih. Makanya harus siap minimal handuk kecil untuk mandi.


Pelayanan oke dan ramah banget. Kondisi yang agak berantakan karena sedang ada pembangunan harap dimaklumkan saja. Gak ganggu kita kok. Tapi itu kan pas aku ke sana, ya. Mungkin saat kalian membaca ini, pembangunan sudah selesai dan kondisi sudah lebih kondusif.

Jadi, kapan mau nyoba bobok di sini?

1 comment:

  1. Wah bagus banget nih hostel capsul yang ada di Semarang. Fasilitasnya juga memenuhi ya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^