Teknik Sablon Kaos Wanita Yang Harus Kamu Tau

Media sablon dewasa ini menjadi salah satu teknik untuk membuat dan mencetak desain ilustrasi gambar melalui peranan komputer. Desain ini kemudian digunakan pada bahan kaos, plastik, kertas, kaca maupun kayu. 

Besarnya peranan kaos dalam kehidupan, menjadi alternatif seseorang memilih memberikan desain sablon untuk memperbaiki penampilan. Biar style jadi lebih keren dan kekinian.  


Sekarang ini, kita bisa mudah meneemui berbagai kegiatan acara organisasi dalam masyarakat yang memiliki berbagai tujuan dalam pengadaan. Gak jarang panitia kegiatan membuat kaos bagi para kontestan demi membuat semakin meriahnya proses pelaksanaan acara. 

Kondisi ini menyebabkan semakin meningkatnya permintaan untuk jasa print kaos atau sering disebut sablon kaos. Peluang bisnis sablon akan terbuka lebar dan menjadi usaha yang mendatangkan laba yang besar. 

Untuk para pebisnis pemula, terdapat beberapa keunggulan dari penggunaan teknik sablon yang harus kita ketahui. Berikut sedikit penjelasan dari keunggulan teknik sablon. 

1. Kita dapat mencetak kaos dengan berbagai bentuk desain dalam jumlah besar. 

2. Hasil sablon tampak lebih bagus dan jelas. Hal ini akan memberikan kepuasan tersediri bagi para customer. 

3. Teknik kaos sablon akan memberikan kesan menarik yang berbeda dengan kaos yang banyak dijual dipasaran seperti jenis glitter dan glow in the dark. 

4. Meskipun harga percetakan sablon cukup terjangkau, hasil yang ditawarkan tetap bagus. 

5. Memiliki sifat yang mudah diaplikasikan sehingga dapat digunakan untuk berbagai desain sablon yang bervariatif. Tetapi perlu disesuaikan pula desain dengan teknik printing sablon agar menghasilkan cetakan yang lebih bagus. 

6. Besarnya peluang usaha, minimnya biaya operasional produksi yang diikuti penggunaan alat sablon yang mudah, membuat banyak pebisnis pemula tertarik untuk lebih mendalami cara pemakaiannya. Alteranif usaha ini cocok untuk bisnis kelompok UMKM dan perorangan. 

Teknik cetak sablon 

Memiliki berbagai perkakas sablon adalah hal yang penting sebelum kita memulai membuka bisnis percetakan desain. Nah, dibawah ini adalah langkah-langkah dalam mencetak desain sablon. 

1. Pilihlah kaos dengan bahan warna yang terang. 

2. Siapkan triplek dengan ukuran yang sudah diatur. 

3. Pastikan rangka/ screen sudah melalui proses afdruk 

4. Periksalah kesiapan rakel sebelum proses percetakan sablon dimulai 

5. Gunakan tinta khusus sablon atau tektil dengan kualitas yang bagus. Belilah tinta yang sesuai dengan karakteristik sablon agar proses pecetakan dapat membuat warna lebih jelas. 

6. Berikan lapisan selotip dan tutuplah menggunakan plastik untuk melindungi area yang tidak Anda inginkan terkena sablon 

7. Siapkan kain katun dan air secukupnya untuk membersikan tinta sisa tinta terdapat diluar pada area sablon. 


Langkah Mencetak Sablon 

1. Siapkan kaos yang ingin disablon. Setelah itu masukan triplek ke dalam kaos agar tinta tidak meresap ke sisi bagian lainnya. Selain itu, tinta akan sablon terserap merata pada area permukaan kain. 

2. Sejajarkan rangka screen tepat diatas desain ilustrasi gambar kaos yag ingin di sablon. Hal ini dapat mengurangi risiko kesalahan posisi dalam sablon. 

3. Gunakanlah selotip untuk menutupi area desain agar tidak tercampur warna lainnya. 

4. Letakkan rangka screen tepat diatas desain baju. 

5. Berikan tinta tepat diatas desain ilustrasi gambar yang akan disablon. Kemudian tariklah rakel ke bawah dengan tekanan yang rata. Tarikan hanya dapat dilakukan satu kali untuk menghasilkan sablon yang bagus. 

6. Pastikan kebersihan pada peralatan cetak sebelum digunakan mesablon kaos dengan warna lainnya. 

Pada tahap terakhir, lakukan semua langkah-langkah diatas dengan tepat sampai desain kaos tampak sempurnaa. Tahapan tersebut juga dapat meminimalisir adanya kasus human error. 

Dari prosesnnya tampak lebih mudah bukan? Nah, bagi kalian yang hendak merintis bisnis sablon persiapkanlah berbagai peralatan pendukungnya. Jangan lupa, apabila sablon sudah tercetak sepenuhnya tunggulah sampai dingin dan kering secara sempurna. 

Proses pengeringan dapat kita lakukan dengan bantuan angin maupun cahaya matahari. Teknik ini akan memberikan hasil kering yang merata sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih bagus. 


Berani coba? Yuk, ah. Dicoba!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^