Cara Menghilangkan Notifikasi Yang Muncul Di Atas Layar

Ngeselin emang kalo pas lagi seru-serunya main game, tiba-tiba ada notifikasi atau pemberitahuan yang muncul di atas layar. Otomatis konsentrasi pas lagi main game jadi ilang dong. Bahkan bisa gak sengaja kesentuh notifikasi itu dan malah jadi keluar dari aplikasi game tersebut. Pernah? Pernah?

Aku salah satunya yang suka ngeluh kalau ada notifikasi yang muncul di atas layar pas lagi main papji alias PUBG. Pernah juga malah kesentuh notif itu, dan akhirnya keluar dari aplikasi game. Sumpah sih ini ngeselin banget. Sesungguhnya notifikasi yang muncul di atas layar itu benar-bener ganggu. Salah satunya dari aplikasi WhatsApp. Maklumlah, banyak fans nya. sering ada yang chat dan buru-buru minta dibales.

Ketidaknyamanan ini ternyata gak hanya aku yang ngerasain. Banyak tuh abang-abang yang kesel juga kalo pas lagi main game, pacarnya ngechat WA. Padahal lagi seru-serunya nembakin musuh. Ntah beneran apa enggak, ada tuh yang mutusin pacarnya gara-gara suka ganggu pas lagi main Game. Wkwkkww...

Keluhanku soal notifikasi atau pemberitahuan yang suka muncul di atas layar ternyata dipahami juga sama mas-mas sebelah, dan akhirnya aku tau cara menghilangkan notifkasii tersebut supaya gak muncul dan ganggu-ganggu kita lagi.

Cara Menghilangkan Notifikasi Yang Muncul Di Atas Layar
Cara ini aku gunakan pada smartphone yang aku punya, yaitu Asus Zenfone Max Pro M1. Semoga bisa diterapkan di kamu juga, yak!

1. Buka Pengaturan, pilih Aplikasi dan Notifikasi (Apps & Aplication)
Pertama, buka menu Setting atau Pengaturan yang ada di Smartphone. Trus buka Apps & Notification, kemudian buka aplikasi yang notifikasinya ingin kita hilangkan atau non-aktifkan. Nah, dalam contoh ini, aku ingin menghilangkan notifikasi di aplikasi Whats App, karena menurutku, ini yang paling ganggu bangets!

2. Pilih Notifikasi Aplikasi (App Notification)
Pada smartphone yang aku pake, pilihan Notifikasi Aplikasi ini ada di paling atas. Setelah itu, pilih bagian Chats.

Nah, di sini ada 2 pilihan Notifikasi Grup dan Notifikasi Pesan (yang biasa dikirim perorangan). Kita bisa mengatur kedua notifikasi tersebut. Dalam contoh ini, aku mau ubah settingan Notifikasi Grup dulu, ya


3. Setelah Klik Notifikasi Grup, akan muncul beberapa settingan. Nah, kita Pilih "Tingkat Kepentingan" . Setelah itu akan muncul pilihan pada tingkat kepentingan. Yaitu Penting, Tinggi, Sedang, Rendah. Nah, kita pilih yang "Tinggi - buat suara" saja.  Jadi, kalau ada chat masuk, hanya bunyi suara pesan aja. Gak ada notifikasi yang muncul ke bawah dari atas layar.

Untuk mengatur Chat Pesan (personal) kita tinggal ulangi cara step 3. Ubahlah "Tingkat Kepentingan" nya menjadi Tinggi (buat suara) saja atau bisa tanpa suara atau sesuai keinginanmu saja.

Trus, kalau di-setting begini, kita gak bisa tau dong kalau ada pesan Whats App yang masuk?

Ets, gak gitu juga. Pengaturan yang kita terapkan di atas hanya untuk menghilangkan/mematikan notifikasi yang muncul di atas layar. Kita tetap akan tau jika ada pesan grup atau pesan personal yang masuk karena pada layar smartphone tetap memberikan "kode" kalau ada pesan Whats App yang masuk.

Bedanya, saat kita sedang "on" menggunakan smartphone kita, gak ada notif yang "turun" dari layar atas. Hanya ada suara (jika mode dering) sebagai tanda ada pesan masuk dan munculnya Icon Whats App secara tiba-tiba di atas layar. Kalau HP dalam keadaan di silent, akan muncul icon Whats App saja di atas layar. Icon nya doang lho ya. Tentu, ini gak ganggu. Kecuali kita swipe layar atas ke bawah, baru deh akan terlihat pesan Whats App yang muncul. Kita juga bisa langsung membalas pesan tersebut dengan menekan "Balas" untuk mengetik pesan.


Menurut aku pribadi, pengaturan ini sangat bermanfaat banget dan sangat direkomendasikan untuk diterapkan karena jadi meminimalisir gangguan yang sering datang dari notifikasi yang masuk dan "turun" dari atas layar. Aku pun serasa lebih tenang setelah menerapkan pengaturan ini, meskipun awalnya aku ragu takut malah kehilangan notifikasi penting. Tapi ternyata aku salah. Settingan ini gak berpengaruh buruk dan justru snagat berfaedah!

Buat kalian ingin mencoba, sok atuh silakan!
Semoga bermanfaat dan isi postingan ini bisa dimengerti dengan jelas.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^