Kue Kukus Matcha Skippy Peanut Butter

Bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah, dan bulan yang bikin aku banyak melakukan hal yang baru untuk menunggu waktu berbuka puasa atau sekedar mengisi kekosongan hati waktu. Ntah sejak kapan aku memulainya, yang pasti dalam setiap ramadan, ada aja hal baru yang akhirnya membuat hidupku jadi lebih berfaedah. YHA!

Beberapa tahun lalu, aku berkreasi membuat sebuah buku agenda dari lembaran buku tulis bekas sekolah, bekas kalender dan hiasan-hiasan lucu dari guntingan kartu undangan. Dan buku agenda ini jadi kesayangan aku banget karena berasa hasil tangan sendiri gitu. Nah, tahun ini aku nyoba-nyoba bikin cemilan kue kukus. Lumayan nih buat buka puasa!

Jujur sih, aku bukan cewek yang bisa apalagi pinter masak. Eh, belum. Bukannya gak bisa. Karena akhir-akhir ini aku emang lagi coba belajar masak agar bisa menjadi istri dan ibu yang baik untuk anak-anakku kelas. Cieee..

Kue Kukus Matcha Skippy Peanut Butter
Resep kue kali ini nyontek dari resep kakak yang pernah bikin kue ginian juga. Cara bikinnya mudah, simpel dan gak membutuhkan banyak bahan dan peralatan masak tapi kuenya enak. Makanya aku jadi tertarik untuk bikin kue kukus ini juga, tapi dengan versi yang lebih nikmat, yaitu dengan campuran Skippy Peanut Butter atau selai kacang gitu.  

Kenapa Matcha Skippy Peanut Butter?
Jadi, aku tuh salah satu pecinta Matcha dan nyaris segala makanan dan minuman yang berwarna hijau. Matcha punya rasa yang enak dengan warna hijau kan. Makanya aku tertarik membuat kue kukusnya. Terus juga Skippy selai kacang punya rasa yang enak dan menurutku bisa menjadi campuran untuk membuat kue kukus ini makin enak.

Trus gimana cara bikinnya? Nih, simak!

Bahan yang harus disiapkan
-Tapung Terigu
-Bubuk Minuman Matcha Latte (bisa beli di warung)
-Krim Kental Manis
-Gula Pasir
-Telur Ayam
-Skippy Creamy Peanut Butter 


Peralatan yang harus disiapkan untuk mengukus
-Mangkuk ukuran sedang untuk membuat adonan
-Sendok untuk mengaduk adonan
-Saringan sedang (bisa menggunakan saringan teh)
-Panci  Kecil untuk Mengukus
-Mangkuk / wadah adonan yang mau di kukus. Nah, ini pastiin harus tahan panas, ya.  
***
Cara membuat Adonan Kue Kukus Matcha Skippy Peanut Butter
  1. Siapkan mangkuk ukuran sedang dan saringan sedang. Tuangkan 3 sendok ke mangkuk, namun saring terlebih dahulu agar tepung terigunya jadi lebih halus dan gak menggumpal.
  2. Campurkan 1 sachet bubuk minuman Matcha Latte. Lalu aduk hingga rata dan benar-benar menyatu.
  3. Tambahkan 1 sachet kental manis. Aduk rata lagi.
  4. Tambahkan 4 sendok makan gula pasir dan aduk hingga rata.
  5. Tambahkan 1 telur ayam mentah (putih + kuning) nya. Aduk hingga rata.
Cara Memasaknya
  1. Tuang setengah adonan ke mangkok atau wadah untuk mengkukus. 
  2. Tambahkan 4 sendok Skippy Creamy Peanut Butter  di tengah-tengah adonan kuenya.
  3. Setelah menambahkan Skippy Creamy Peanut Butter, tuang kembali sisa adonan ke dalam mangukuk.
  4. Siapkan panci untuk mengukusnya. Tambahkan air di dalam panci sampai garis  yang ada. Lalu letakkan pembatas (semacam saringannya) pada tempatnya.
  5. Letakkan mangkuk adonan dalam panci dan tutup rapat. Nyalakan kompor gas dengan ukuran api yang sedang.
  6. Tunggu hingga kue matang, kurang lebih 45 menit. 
  7. Saat pengukusan udah 30 menit atau setengah matang, oleskan Skippy Creamy Peanut Butter di atas kukusan.
  8. Setelah 45 menit, coba tusuk adonan kue dengan garpu. Kalau ada bekas adonan yang masih lengket, berarti lanjutkan memasak sekitar 10 menit lagi. Kalau udah gak ada bekasnya, tanda udah mateng.
  9. Tambahkan atau oleskan lagi Skippy Creamy Peanut Butter di atasnya.
  10. Kue Kukus Matcha Creamy Skippy siap dinikmati!

Inilah penampakkan kue kukusnya! Itu selai kacang Skippy nya berasa lumer banget di mulut. Kacangnya berasa banget dan makin lezat dengan adonan matcha yang udah dicampur di dalamnya. Ya, meskipun kalau diliat-liat, warna hijau dari Matcha ini emang keliatan kurang "kuat" karena menyatu dengan berbagai campuran. Nah, kalau kalian mau warna hijaunya lebih keliatan, bisa ditambahkan pewarna makanan hijau gitu. Tapi pastikan itu aman, ya.

Kue kukus ini kalau diperhatiin jadi  macem martabak gitu, yak? Wkwkw. Rasanya pun nyerempet kayak martabak manis juga. Kalau makan ini, jadi nagih dan bisa bikin perut kenyang. Cocoklah buat menu manis buka puasa.

Sekian resep Kue Kukus Matcha Creamy Skippy ala-ala aku yang lagi belajar masak dan bikin kue untuk santapan buka puasa ini. Maklumin kalau masih amatiran. Ya, namanya juga lagi belajar. Tapi sungguh bangga lho meskipun baru bisa bikin ginian doang. 

Buat kalian yang tipe "laperan" kayak aku gini, bolehlah bikin kreasi cemilan ala-ala sendiri di rumah dengan Skippy. Daripada beli kue atau cemilan gak jelas di luaran yang kita gak tau itu terbuat dari bahan apa dan bersih atau enggak. 

Umumnya, orang-orang emang lebih sering menggunakan Selai kacang Skippy Creamy Peanut Butter untuk menambah rasa dan dioleskan di roti-roti. Tapi kalian harus tau juga kalau Skippy ini juga bisa dikreasikan dengan berbagai menu makanan yang seru ala kreasi kita sendiri. Dipaduin dengan pisang cokelat bisa. Buat barengan makan cilok juga bisa. Ya, pokoknya bisa-bisa aja gitu.

Sok atuh kamu coba kreasi dengan Skippy Creamy Peanut Butter ini. Mau bikin apa? Terserah~

2 comments:

  1. Loh, situs Cookpad pindah ke sini sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, maklmum Qaqa lagi belajar masak nich :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^