30 Tahun Mudik Gratis Sido Muncul dan Tahun Berbuat Kebaikan

Bicara soal mudik gratis, satu-satunya yang paling aku ingat adalah Program Mudik Gratis dari Sido Muncul yang selalu ada dari tahun-ke tahun. Bahkan gak terasa nih, 2019 ini adalah Tahun ke 30 terlaksananya Mudik Gratis Sido Muncul. Subhanallah, Ternyata udah se-lama ini, ya.

Hal yang patut diapresiasikan menurutku. Gak nyangka, tapi sangat alhamdulillah Sido Muncul masih konsisten dengan Program Mudik Gratis ini hingga di tahun ke 30. Ada ribuan orang yang sudah diberangkatkan hingga bisa bertemu dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman dalam Momen Lebaran.

Aku ingat banget, wajah-wajah pedagang jamu dekat rumahku yang waktu itu mendapat Mudik Gratis dari Sido Muncul. Wajah bahagianya bener-benar gak bisa dibohongi karena mereka gak perlu mikirin susahnya nyari tiket bus buat mudik dan gak perlu mikirin besar biayanya juga. Begitupun orang-orang diluar sana, pasti sangat merasa terbantu banget.

Mereka pasti bagian dari 360.400 orang yang mengikuti program Mudik Gratis Sido Muncul sejak tahun 1991. Iya, bener. Dari tahun 1991 hingga sekarang, total ada sekitar 360.400 pemudik yang sudah diberangkatkan Sido Muncul ke kampung halamannya. Sido Muncul senang atas antusiasme dan kebahagiaan pemudik atas adanya program ini.

Mudik lebaran tahun ini, Sido Mucul kembali menyelenggarakan Program Mudik Gratis yang membawa 12.000 pemudik. Dalam Jumpa Pers yang aku datangi jumat lalu, ada Pak Irwan Hidayat, Direktur PT Sido Muncul yang mengucap rasa syukurnya karena alhamdulillah masih bisa menyelenggarakan Mudik Gratis ini. Seperti sebuah Mukjizat terselenggaranya Mudik ke-30 bagi Sido Muncul.

Tahun ini Sido Muncul menyiapkan Total 189 bus yang akan membawa pemudik ke kampung halamannya. Nah, bus yang membawa para Pemudik ini adalah Hiba Utama dan Agra. Demi kenyamanan, bus yang disediakan tentu udah ber-AC dong.

Dari tahun ke tahun, Sido Muncul terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Bukan hanya untuk para konsumennya, tapi juga mitra PT. Sido Muncul. Sido Muncul juga memperluas siapa saja yang berhak mendapatkan mudik gratis ini. Kalau dulu hanya pedagang jamu aja, sekarang pedagang asongan, warung-warung kecil pinggir jalan dan Pembantu Rumah Tangga juga bisa mendaftar untuk ikut Mudik Gratis Sido Muncul.


Hari Kamis, 30 Mei 2019 bus yang membawa pemudik siap diberangkatkan dari Jakarta. Ada 114 bus yang ada di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah-Jakarta. Nah, pelepasan bus pertama dilakukan jam 8.15. Keberangkatan para pemudik ini disaksikan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, yaitu Bapak Ir. Budi Karya Sumadi, Menteri Ketenagakerjaan RI, Kapolri Jenderal Polisi, Direktur Sido Muncul Bapak Irwan Hidayat dan lain-lainnya.

Meeting Point atau titik kumpul para Pemudik di Taman Mini Indonesia tentu dijaga oleh petugas yang berwajib supaya situasi tetap kondusif dan aman terkendali. Gak cuma itu sih, acara keberangkatan para pemudik juga diisi dengan hiburan-hiburan yang telah disediakan oleh Panitia karena acara ini sangat terkonsep dan optimal. Ada hiburan untuk para pemudik dan promosi produk-produk Sido Muncul pada Bus.

Ini kok berasa seru banget. ya? Sebelum mereka bertemu dan berkumpul bersama keluarga di kampung, mereka bisa berkumpul dengan sesama "teman mudik bareng" Sido Muncul. Perjalanan juga jadi makin asyik.

Kalian harus tau juga nih, Tahun ini, Sido Muncul menggangkat Tema "Tahun Berbuat Baik" dan Mudik Tanpa Plasti dalam Mudik Gratis Sido Muncul yang ke-30 Tahun. Ini adalah salah satu wujud bahwa Sido Muncul berkomitmen juga untuk selalu menjaga lingkungan.

Hal lain yang aku suka dari Sido Muncul, gak cuma melakukan program rutin Mudik Gratis aja, Sido Muncul juga aktif melakukan kegiatan sosial lainnya seperti santunan kepada anak Yatim Piatu dan operasi Katarak. Baru-baru ini juga ada kegiatan bhakti Sosial membersihkan sungai untuk  menyadarkan kepedulian lingkungan.

Dari tahun ke tahun aku sudah mengetahui program kebaikan  mudik gratis PT Sido Muncul dibawah naungan Bapak Irwan sebagai Direkturnya. Tapi jumat malam itu, setelah mendengar beberapa paparannya tentang Sido Muncul, Mudik Gratis dan Tahun Berbuat Kebaikan, aku baru sadar bahwa ada banyak kebaikan yang harus di contoh dari sosok beliau dan PT Sido Muncul.

Pak Irwan adalah sosok inspiratif yang harus di-idola-kan atas program-program sosialnya yang mampu memakmurkan banyak orang. Melihat beliau, aku seperti tidak henti-hentinya mendoakan semoga PT. Sido Muncul semakin berjaya dan Pak Irwan selalu diberi kesehatan. Aamiin!

Semoga bisa bertemu kembali di acara kebaikan Sido Muncul lainnya, Pak!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^