Domain Murah; Awal Mula Jadi Blog TLD

Di Blogger sejak tahun 2011 sebenarnya bukan dengan perencanaan. Waktu itu asal bikin akun di Blogger karena ikut-ikutan teman dan iseng ingin menyalurkan kebiasaan ngegalau tulis-menulis. Iya, jadi dari dulu akutuh emang suka nulis-nulis gak jelas di buku tulis jaman sekolah. Kadang nulis sajak, puisi, cerpen, atau curhatan tentang dia.  Pas punya blog di blogger, aku merasa senang sekali. Lumayankan jadi semacam punya website pribadi yang bisa diisi dengan tulisan atau cerita-cerita dari dalam pikiran. Trus juga tampilannya bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan hati. 
Source:  Google
Waktu berlalu, blog yang aku "bangun" perlahan mulai ramai dengan berbagai postingan dan kunjungan orang. Pelan-pelan juga tujuan ngeblog jadi makin meluas. Awalnya cuma post curhatan dan galau-galauan, tapi lama-lama nge-post yang bermanfaat juga, kayak sebuah sharing, tips, tutorial atau cerita pengalaman hidup. 

Link blog yang awalnya pake embel-embel blogspot.com pun juga aku ubah jadi .com . Dan ternyata ini amat sangat bermanfaat banget lho. Semenjak domain jadi .com, kumerasa jadi lebih semangat buat bikin postingan, nambah penghasilan, dan berasa kayak punya website pribadi beneran. Yang paling membahagiakan juga bisa jadi Blogger TLD (Top Level Domain).

Web dengan nama domain berbayar emang punya power tersendiri sih. Selain punya banyak manfaat dalam dunia blog, penggunaan nama domain yang berbayar juga dikenal lebih terpercaya dibanding web dengan penggunaan platform gratisan. Bahkan gak cuma buat ngeblog aja, ini berlaku banget buat yang mau buka bisnis online atau jualan dari web. Ada baiknya jangan pake alamat link yang masih platform gratis. Mending beli dan pake nama domain aja. Murah kok! Berawal dari Domain murah juga, alhamdulillah blog yang aku bangun bisa berkembang.

Kalau kalian masih menggunakan url dari platform gratisan dan ingin mengubah ke domain berbayar, gak perlu repot dan pusing mikir macem-macem. Karena caranya mudah dan bisa kita lakukan sendiri. Biasanya juga kalau ada yang kita gak ngerti, nanti akan dipandu oleh customer service dari penyedia domain tersebut.

Sebelum Membeli Domain, Ada Sedikit Tips nih!

Pertama, Perhatikan Harga dan Layanannya
Hal utama yang menurutku harus diperhatikan sebelum membeli domain adalah berapa harga dan bagaimana layanannya. Kamu harus pastikan kalau layanan dari penjual domain tersebut bagus dan cepat tanggap kalau terjadi apa-apa dengan domain kita.

Trus juga soal harganya. Karena domain ini sistemnya "berlangganan" yang dibayarkan setiap tahun, kamu harus pastikan bahwa harga domain tersebut udah cocok sesuai bugdet dan kemampuan kita. Jangan tergoda sama domain mahal yang mampu kita beli di tahun pertama, tapi gak sanggup bayar di tahun berikutnya. Menurutku, beli aja domain yang sesuai kebutuhan dan Cek harga Domain murah .
Misalnya di domainesia.com, situs terpercaya penyedia layanan domain dan hosting. Harga yang ditawarkan cukup murah dan bisa menjadi pilihan saat kita membutuhkan domain. Ada pula promo-promo menarik yang bisa kita nikmati saat membeli domain atau hosting.

Sebelum membei domain, Pilihlah domain yang sesuai dengan isi konten di dalam web atau blog tersebut. Misal web blog nya mau di isi buat jualan online, bisa lho pilih nama domain yang berakhiran .store . Yang lebih umum sih, aku lebih suka penggunaan domain dot (.) com aja.

Harga domain dot com juga terjangkau. Apalagi karena ada promo di domainesia. Cuma Rp. 99.000 aja, kita bisa dapetin nama domain sesuai yang kita mau. Di tahun berikutnya saat perpanjang, cukup bayar Rp. 129.000. Terjangkau bangetlah ini.

Kedua, Pilh Nama Domain yang Tepat
Menentukan nama domain tuh kadang susah-susah gampang. Kalau menurutku sih, pilih nama domain yang mudah diingat dan gunakan ejaan kata yang tidak sulit. Nama domain bisa pake nama diri kita sendiri atau nama yang banyak dikenal orang. Trus kalau bisa juga gunakaan ejaan nama yang gak "belibet". Misalnya hindari penggunaan huruf V, F, X, Q, karena antara ejaan dan tulisan suka bikin keliru.
----
Sebenarnya, beli domain itu gak wajib. Banyak juga kok di luar sana yang masih pake alamat blog dengan platform gratisan. Tapi kalau menurut aku pribadi, kalau kita mau seriusin ngeblog, terlebih dengan konten-konten yang bagus, ada baiknya beli domain berbayar aja.

Seperti yang aku bilang sebelumnya, Ada manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau menggunakan domain berbayar. Nah, salah satunya itu mendapat penghasilan lebih. Ya, pengalaman aku menjadi blogger, ada aja rezeki yang muncul dari circle blogger yang sebelumnya gak aku dapatkan saat domain masih pake yang gratisan.

Trus juga sebagai blogger, tulisan-tulisan bisa lebih dipercaya sebagai "user" beneran karena memiliki data yang jelas dalam blog tersebut. Yang seru lagi adalah ketika tulisan kita dibaca oleh warganet atau orang yang gak kita kenal. Misalnya saat dia mencari suatu informasi di internet, lalu oleh Mbah Google direkomendasikan buat mengunjungi web kita. Trus kita bisa saling terhubung dengan si pencari data. Ini seru, lho!

Jadi blogger itu emang banyak tujuanya. Ada yang cuma iseng-iseng doang. Ada yang buat nyari penghasilan. Dan ada juga yang ingin tulisannya atau karyanya dilihat banyak orang. Bahkan yang paling keren tuh menyatukan semua tujuan itu hingga memberi keuntungan dan kepuasan tersendiri bagi blogger tersebut.

Agar blog dan tulisan bisa "terkenal" atau minimal bisa ditemukan banyak orang, ini emang gak mudah sih. Kudu telaten dan punya konten yang "bagus" agar dilirik oleh Google sebagai tulisan yang bermanfaat. Trus juga harus perhatikan Search Engine Optimization (SEO) supaya blog dan tulisan kita masuk "kriterianya" Google.
Source: Google
Di banyak website dan seminar-seminar teknologi, biasanya banyak tuh yang membahas dan mengajarkan kita supaya blog kita bisa masuk dalam pencarian Google atau Page One, saat orang mencari artikel yang mereka butuhkan. Atau kalau kalian mau "melek" soal SEO untuk blog atau website kalian, bisa dimulai dengan memperhatikan  7 kesalahan SEO ini.

Baiklah. Sekian dan maapin curhat yang terselung dalam postingan ini. Sekedar mengingatkan, Kalau kalian udah menggunakan domain berbayar, sayang banget rasanya kalau web blog tersebut gak dimaksimalkan dengan baik. Ya, minimal sering di-update dengan postingan-postingan baru. Atau harus konsisten buat "menghidupi" blog tersebut supaya gak mati di tengah jalan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^