Mengatasi Hotspot Yang Tidak Bisa Connect ke Laptop

Share:
Bagi sebagian kaum millennial yang gak memiliki modem atau wifi khusus di rumah, kampus atau kantor, mereka lebih sering menggunakan Hotspot pribadi dari device smartphone/HP milikinya agar laptop bisa menjangkau jaringan internet. Hotspot adalah kegiatan membagi atau berbagi jaringan internet yang ada pada smartphone ke device lain seperti HP, Tab, atau komputer atau laptop yang memiliki fasilitas Wifi.
Source: Google
Cara menggunakannya juga mudah. Cukup mengaktifkan paket data seluler, lalu mengaktifkan hotspot pada smartphone pribadi kita. Lalu aktifkan wifi di laptop dan cari nama hotspot smartphone kita. Jika sudah terlihat, tinggal sambungkan/connect, dan laptop pun bisa berselancar internet tanpa harus menggunakan modem khusus. Ets, bentar. Tapi pastikan smartphone kita (sebagai pusat berbagi wifi) memiliki paket internet, ya.

Aku pun sering, bahkan nyaris selalu memanfaatkan fitur ini saat ingin menyelesaikan pekerjaan yang harus menggunakan jaringan internet. Gak perlu ribet-ribet beli modem + paket internetnya, karena dengan hotspot ini, kita udah bisa berselancar internet dengan lacar menggunakan paket internet yang udah ada di smartphone kita.
Namun, ada beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk menyambungkan hotspot ini sehingga laptop gak bisa disambungkan dengan jaringan wifi. Aku juga pernah mengalaminya. Hal ini emang mengganggu banget, ya. Bikin kesel, apalagi jika saat itu kita lagi di kejar deadline.

Tapi gak usah panik keterlaluan. Karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Eaaa...

Cara Mengatasi Hotspot dari HP ke Laptop Tidak Bisa Connect sebenarnya mudah. 

Beberapa kali mengalami "Unable to connect to this network" , aku menggunakan cara ini supaya internet mau kembali konek. Yuk, intip caranya!

Cara pertama,

Disconnect jaringan wifi.
Lalu Forget jaringan tersebut hingga data wifi itu terhapus dari laptop. Kemudian connect ulang dan masukkan kembali password untuk "masuk" ulang.

Cara Kedua,

Disconnect jaringan. 
Lalu ganti nama hotspot dan password nya. (setting melalui smarphone)
Kemudian connect ulang

Jika kedua cara tersebut sudah dilakukan, namun hotspot juga belum konek, kamu gak usah khawatir, ada satu cara lagi yang kemungkinan pasti akan memecahkan masalahmu.
Gimana? Nih, simak!

Gunakan USB Tethring

Caranya? 
  • Sambungkan smartphone ke laptop dengan menggunakan kabel USB
  • Setelah USB tersambung, smarphone akan otomatis mengisi batrai seperti charging.
  • Buka menu setting di smartphone, lalu buka pengaturan Wireless & Network. 
  • Pilih Tethring & Portable hotspot
  • kemudian aktifkan USB tethring
Jika USB tethring sudah diaktifkan, dalam beberapa saat, internet sudah tersambung pada laptop, dan kita bisa berselancar di jaringan internet.

Cukup mudah, kan? Jangan sungkan untuk mencobanya, ya!

Postingan ini aku buat berdasarkan pengalamanku gak bisa menyambungkan wifi dari smartphone ke Laptop. Nah, trik ini aku dapatkan dari kekasih tercinta .

Semoga bermanfaat!

6 comments:

  1. Haaii Nurrii, lama nggak jumpa yaa..., itu tulisannya hospot atau hotspot sih? Anyway, makasi yaa buat postingannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho iya. Bahkan aku baru ngeh salah penulisan gini.
      Thanks koreksinya, Mba Dhanis~

      Delete
  2. Cara yg terakhir bisa kak
    Terimakasih infonya
    Semoga Allah membalas kebaikan anda

    ReplyDelete
  3. Terima kasih. Cara yg pakai kabel USB berhasil.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^