Ada Apa dengan Airy?

Sebuah keinginan terpendam yang sampai saat ini masih memenuhi kepalaku adalah ingin sekali traveling ke tempat-tempat Indah yang ada di Indonesia. Gak pengen ke luar negeri juga? Hem, pengenlah. Tapi saat ini aku masih fokus ingin jalan-jalan di dalam negeri dulu. Karena yang di dalam aja belum kesampaian semuanya nih. Wkwkw


Memasuki usia 20-an, alhamdulillah aku mulai mewujudkan satu persatu keinginan tersebut. Bali-Jogja-Solo-Semarang-Malang-Bromo alhamdulillah bisa menginjakkan kaki di sana. Ya, meskipun jalan-jalan low budget, tapi udah alhamdulillah banget. Pemikiranku soal budget traveling yang "boros" ternyata salah besar karena kita tetap bisa traveling dengan budget yang sesuai. Salah satu caranya adalah memilih penginapan yang low budget juga. Aku biasanya pakai Airy, nih.

Meskipun low budget, kamar-kamar Airy gak murahan kok. Nyaris setiap keluar kota atau saat membutuhkan penginapan, aku selalu memilih Airy sebagai tempat beristirahat. Dengan budget kurang dari 250.000, kita udah bisa dapetin sebuah kamar yang nyaman. Kalau menurut aku pribadi, kenyamanan yang ditawarkan Airy juga lebih pasti dibanding kita memilih hotel-hotel murah "biasa" yang tidak bekerjasama dengan jaringan Airy.

Airy emang cocok buat kita-kita yang butuh penginapan murah biar bugdet saat traveling atau saat membutuhkan penginapan jadi lebih hemat. Nah, Airy ini memang sebuah karya anak bangsa yang merupakan Start-Up Indonesia yang berkomitmen mengelola kamar-kamar berkualitas dengan harga yang terjangkau. Airy mengepakkan sayapnya bekerjasama dengan bermitra dan membantu pemilik hotel untuk mengelola dan meningkatkan penjualan kamar hotel. Terutama hotel low budget. 

Masa sih?

Hari Rabu, 3 Juli 2019 lalu, aku berkesempatan mengenal Airy lebih dekat bersama KataData Forum dalam acara yang bertemakan, "Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah. Acara ini dihadiri beberapa jajaran penting Airy Indonesia dan turut menghadirkan Sekjen Kementrian Ketenagakerjaan, Perwakilan dari Kementrian Pariwisata, dan Direktur Bina Standarisasi Kompetensi dan Pelatihan Ketenagakerjaan. Dalam acara ini, aku baru tau kalau Airy bukan jaringan hotel biasa.

Adanya Airy Indonesia gak hanya bermanfaat bagi para pemburu hotel murah atau low budget seperti aku ini. Ternyata nih, kehadiran Airy juga ikut membawa pengaruh besar dalam industri pariwisata. Sebagai pengguna layanannya, aku pun turut bangga karena Airy juga memajukan Perhotelan di Era Digital untuk pemberdayaan ekonomi Daerah di Indonesia.


Dalam riset yang dilakukan KataData Indonesia, Airy berkontribusi dalam sektor Pariwisata yang mempengaruhi pemberdayaan ekonomi lokal dan dampak yang dihasilkannya juga berpengaruh dalam bidang Ketenagakerjaan. Itu artinya, Gak hanya mendukung kemudahan akomodasi wisatawan, Airy juga memberdayakan masyarakat sekitar dan membuka lapangan pekerjaan. Airyjuga memiliki jaringan hotel terbesar di Indonesia.

Airy berkomitmen untuk mengedepankan kenyamanan para pelanggannya. Alhamdulillah kamarnya rapi, bersih, nyaman, peralatannya lengkap dan terpercaya. Yang paling menyenangkan lagi, di setiap kamar tersedia cemilan atau snack gitu. lumayan buat yang laperan kayak aku ini. Cemilan makanan ringan gitu saat berarti buat ganjel perut.

Saat menginap di Airy, kita juga bisa menghemat barang bawaan seperti perlengkapan mandi, karena Airy sudah menyediakan handuk, shampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi dan juga sisir. Sebagai wanita yang gak mau ribet, aku paling bahagia kalau bisa menghemat barang bawaan begini.

Dalam sebuah talkshow dalam event ini, Pemerintah mengaku menyambut baik hadirnya Airy Indonesia. Potensi pariwisata di Indonesia sangat besar sekali, dan komponen penting dalam industri Pariwisata adalah Akomodasi. Adanya Airy di Indonesia tentu meningkatkan Industri Pariwisata karena membuat semakin banyak akomodasi atau penginapan bagi wisatawan yang datang.


Airy Indonesia kini tersebar dalam 28 Provinsi dengan jumlah kurang lebih 18.000 properti. Hotel low budget ini memang menjadi incaran banyak orang sih, makanya Airy terus meluas dan meningkatkan jumlah propertinya.

Ya, meskipun pelayanan atau stafnya gak seramah hotel bintang 5. Tapi di maklumin sih, karena kalau dilihat-lihat, staf dan pegawainya emang kurang menguasai dasar-dasar perhotelan. Dari data yang tersaji, 68% pegawainya memang tidak memiliki latar belakang perhotelan. 

Kekurangan yang menyangkut pelayanan dari staff Airy ternyata juga disadari oleh airy Indonesia. Dan tentu, hal ini pun jadi perhatian khusus Airy, sampai terciptalah sebuah program "Airy Community".

Nah, Airy Community ini merupakan Program yang dihadirkan Airy Indonesia untuk meningkatkan Skill Keterampilan Perhotelan agar semakin meningkatkan pula layanan yang nantinya akan diberikan oleh Staf Airy Dalam program ini, Staff atau pegawai Airy akan mendapat pelatihan dalam bidang Housekeeping. Seperti bagaimana membersihkan dan merapikan kamar, tempat tidur, kamar mandi, dan lainnya. 

Tahun 2019 ini, Airy Indonesia akan menyelenggarakan Airy Community dalam 13 kota di Indonesia dengan target bisa diikuti 4.000 peserta yang memiliki Pendidikan Terakhir mulai dari SD-SMP-SMA/K-Diploma hingga sarjana.

Sambutan baik juga diucapkan oleh Sekjen Kementrian Ketenagakerjaan dan Direktur Bina Standarisasi Kompetensi dan Pelatihan Ketenagakerjaan. Pemberdayaaan masyarakat yang dilakukan oleh Airy membuka lapangan pekerjaan sehingga bisa menekan angka pengangguran di Indonesia. Begitu pun dengan program Airy Community yang bisa meningkatkan skill Sumber Daya Manusianya dalam memahami keterampilan Perhotelan meskipun sebelumnya tidak memiliki basic atau keterampilan perhotelan. Bahkan, jika memungkinkan, pemerintah siap berkolaborasi dengan Airy dalam Program Airy Community dan lainnya.

Kesuksesan Airy Indonesia juga bisa dilihat dari Teknologi yang Airy gunakan untuk pemberdayaan akomodasi lokal. Teknologi 4.0 memiliki kualitas yang setara dengan kelas dunia yang menerapkan full property management system yang memudahkan pemilik hotel, hotel support technology yang memudahkan konsumen seperti kita saat melakukan check-in dan membuka hotel di Channel Manager. Pemberdayaan akomodasi lokal dalam digital platform ini sangat memaksimalkan pengguna

Airy gak hanya mengutamakan 7 kepuasan untuk pelanggannya. Gak juga cuma berfokus untuk meningkatkan Sumber Daya Alam dengan meningkatkan skill keterampilan Perhotelan kepada pegawai. Airy juga turut memperhatikan mitra atau pemilik hotel yang bekerjasama dengan Airy dengan memberikan penghargaan bagi jaringan hotel yang dengan kualifikasi tertentu. Trus juga ada sebuah layanan untuk memudahkan pemilik hotel dalam memanajemen hotel. Seperti melihat laporan keuangan, pengeluaran, keuntungan, rugi hingga kesiapan kamar yang bisa diperbarui secara online.

Ini Airy keren banget, ya? Sempat kaget kalau ternyata Airy sehebat ini. Padahal, awalnya kupikir cuma sebuah platform jaringan hotel biasa. Tapi ternyata, wah, ya. alhamdulillah kuturut bangga dengan kesuksesan karya anak bangsa ini. Jadi kan gak perlu ragu lagi saat ingin menginap di kamar Airy. Selain kitanya mendapat keuntungan dengan kamar low budget, kita juga turut membantu mereka yang bekerja dan bekerja sama dengan Airy. 

Kalau menurut kalian gimana?

Tertanda, sahabat Airy;

1 comment:

  1. Dari pengalaman jalan-jalan yang masih seujung kuku, pengeluaran untuk hotel memang cukup besar ya... Thanks buat Airy yang sekarang bikin budget menginap lebih masuk akal ya... pilihannya banyak juga ya....

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^