Peduli Masa Depan - Generasi Cerdas Peduli Pangan Yang Aman

Peduli Masa Depan - Generasi Cerdas Peduli Pangan Yang Aman - Senang dan bahagia sekali rasanya jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang selalu mengingatkan kita tentang kebaikan, terutama soal kesehatan. Percaya deh, Informasi sederhana atau hal kecil tentang kesehatan yang kita dapat sedikit demi sedikit bisa membuat hidup kita jadi lebih baik. Makanya nih, penting banget dikelilingi oleh orang-orang yang selalu menjaga dan mengingatkan kita tentang kesehatan. Inget, ya. hidup yang sehat berasal dari lingkungan yang sehat juga.


Bicara soal makanan sehat, kalian tau dong kalau Makanan yang sehat juga berasal dari pangan yang aman. Makanya, kita gak bisa asal makan makanan yang cuma asal bikin kenyang aja. Nah, Hari Sabtu lalu, 9 November 2019 aku berkesempatan ikutan Diskusi yang bertajuk "Makan Sehat Ala Generasi Cerdas" yang mengajak kita untuk hidup sehat dan cerdas dalam memilih pangan yang aman.

Acara ini juga terselenggara dalam rangka memperingati Hari Pangan Seduia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Nah, pada tahun 2019 ini, Hari Pangan Sedunia mengangkat Tema "Our action are our future, healthy diets #zerohungerworld".

Ngobrol Bareng BOPM - Makan Sehat ala Generasi Cerdas
Bersama Badan POM dan adik-adik dari beberapa SMA/K di Jakarta, kami bersama-sama belajar bagaimana menjadi generasi yang cerdas dalam memilih makanan yang sehat. Tumben nih, kenapa ada adik-adik SMA/K yang ikutan juga, ya? Tentu karena mereka adalah muda-mudi penerus bangsa yang sejak dini harus kita tingkatkan kesadarannya dalam menerapkan pola hidup sehat dong. Apalagi, godaan jajanan jaman sekarang tuh makin bervariatif!


Acara sore itu ditemani Mas Kemal Mochtar sebagai MC dan dimulai dengan "senam otak", penampilan adik-adik SMA/K yang membawakan yel-yel tentang Pangan Indonesia hingga sambutan dari Bapak Ageng Heriyanto selaku perwakilan dari Food and Agriculture Organization (FAO).  Beliau menegaskan bahwa sedini mungkin kita harus menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsmsi makanan yang sehat dari bahan pangan yang aman agar terhindar dari Penyakit Tidak Menular. Kalau terjaga sejak dini, insha allah sekarang dan nanti kita sehat wal afiat.

Banyak yang bilang, makanan sehat itu adalah makanan yang gak enak semua. Bener gak sih? apa kalian tim yang menganggapnya demikian juga? Hihihi..

Sebenarnya gak juga, Gengs! Makanan sehat itu gak semuanya terasa gak enak, misal hambar gitu. Kita tetap bisa mengkonsumsi makanan enak-enak namun tetap sehat, seperti ketoprak, gado-gado, dan lainnya, TAPI dengan porsi yang sewajarnya. Jangan setiap hari, jangan keseringan, alias berlebihan. 

Gak hanya ada Bapak Ageng Heriyanto, diskusi ini juga dihadiri oleh Ibu Dr.IR. Penny K. Lukito. MCP selaku Kepala Badan POM dan Bapak Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi yang merupakan Guru Besar Teknologi Pangan IPB.

Di jaman yang serba ada ini, berbagai makanan dengan cita rasa yang menggoda hadir dalam pilihan kuliner kita. Pedas, manis, asam, asin, hingga minuman beraneka rasa pun satu persatu bermunculan. Kecanggihan teknologi mendukung pula untuk kita mendapatkan makanan dan minuman ini dengan mudahnya. Tinggal pesan-pesan dari aplikasi, lalu abang-abang datang bawain pesanan kita. Yang paling mengiyurkan lagi, banyak promo-promo menarik makanan dan minuman dengan harga murah. Nah-nah. Yang cinta diskonan tau banget, kan!

Dari sini nih, kita pun jadi kurang peduli makanan yang kita makan. Apakah menyehatkan? Apakah gizinya sesuai dengan yang tubuh kita perlukan? Atau yang penting makan, bikin perut kenyang dan harga terjangkau? hem, gak gitu, Zaenab!

Makanan Yang Sehat Berasal Dari Pangan Yang Aman 
Indonesia punya banyak pangan yang menyehatkan. Kita bisa mengkonsumsinya, namun tetap memerhatikan aspek-spek keamanan pangan agar menjadi makanan yang menyehatkan dan tubuh pun dapat mencernanya dengan baik.

Kita harus memerhatikan bahwa makanan yang kita makan tidak terkontaminasi oleh zat-zat penawarna/pengawet berbahaya dan bakteri-bakteri jahat yang bisa membahayakan tubuh, seperti membuat kita keracunan atau diare. Untuk itu, kita harus perhatikan banget kebersihan produk dan masa penggunaan produk atau tanggal kadaluarsanya. Untuk makanan dalam kemasan, lebih baik jangan membeli produk yang kemasannya tidak bagus/rusak, atau  kadaluarsanya H-1. Misal yang kadaluarsanya besok, itu lebih baik jangan kita makan, yah.

Buah-buahan itu menyehatkan, namun menjadi tidak aman jika buah tersebut sudah dalam keadaan busuk. Nah, iyakan? Termasuk juga saat kita makan nasi dan menemukan "batu kecil" di nasi tersebut, itu bisa menjadi salah satu penyebab kita diare lho. Atau menemukan isi streples dalam makanan, ini jelas membahayakan. Makanya, penting banget memastikan bahwa pangan yang kita makan aman dikonsumsi.

Selain itu, kita harus memerhatikan nilai gizi yang terkandung pada makanan.Gak asal enak dan bikin kenyang, walaupun makanan yang kita makan terbuat dari bahan yang aman, kita tetap harus memerhatikan Informasi Nilai Gizi yang terkandung dalam makanan yang kita makan. Jangan sampai kurang apalagi kelebihan. 3 hal yang harus kita Perhatikan dalam nilai gizi ini adalah  Takaran Saji, Kandungan Zat Besi dan % AKG.

Cek Keamanan Makanan Di Badan POM 
Selain beberapa hal yang udah aku sebutkan di atas, kita juga harus mengecek keamanan produk makanan yang kita beli di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika sudah terdaftar, berarti produk itu sudah diawasi oleh BPOM dan aman untuk kita konsumsi. Pun sebaliknya. Kalau belum terdaftar, ya berarti produk tersebut masih diragukan, ya.

Sekarang ini, untuk mengecek keamanannya, kita bisa langsung men-scan barcode produk tersebut nya dengan menggunakan aplikasi BPOM. Jika terdaftar, akan ada informasi detail produknya. Tapi ada nih produk yang mengada-ada telah terdaftar BOPM jika. Kalau kamu menemukan produk tersebut ternyata belum terdaftar di BOPM, langsung aja melaporkan nya melalui email BPOM, ya.

Apa yang kita pilih hari ini menentukan kita di masa depan
Kesehatan adalah nomor satu yang harus kita jaga.  Apa yang kita makan hari ini bisa berdampak saat kita di masa depan. Kita harus BERPIKIR KRITIS untuk memikirkan sebab dan akibatnya  Kalau pola hidupmu sekarang tidak sehat dan kamu masih merasa biasa-biasa aja, itu alhamdulillah. Tapi kan, belum tentu di masa depan. Bagaimana kesehatan kita akan terasa ketika kita berumur 45 tahun ke atas. Dan ya, sebelum menyesal, lebih baik kita jaga dari sekarang kan.

Hidup sehat dengan Pangan yang aman bukan berarti kita gak boleh Makan Junk Food, minum yang manis-manis atau menikmati makanan diskonan di aplikasi online. Masih boleh kok, boleh. Asal ya, jangan berlebihan.  Dan lebih baik lagi, Kurangi makan nasi, dan perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Dan satu hal lagi, jangan lupa untuk rutin berolahraga.


Selesai diskusi, acara dilanjut dengan tanya-jawab yang berhadiah sepeda dan bingkisan. Nah, ini para pemenangnya nih. Lumayan ada yang dapat 3 sepeda dan 2 bingkisan. Trus juga dilanjut pengumuman pemenang lomba Yel-yel yang dilakukan peserta  SMA/K yang hadir, Dan di akhiri dengan hiburan musik, nyanyi-nyanyi bareng~

Sabtu berfaedah dalam acara Ngobrol bareng BPOM ini, Selain diingatkan tentang hidup sehat dengan pangan yang aman, aku jadi terinspirasi untuk menularkan kebaikan ini pada orang-orang sekitarku, terutama adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah untuk menjaga kesehatannya sejak dini. Sebelum terlambat, hingga bisa membuat mereka terbiasa memilih makan dan minuman sehat jika kelak nanti sudah bekerja.

Ah, iya. Jadi ingin hidup lebih sehat lagi.
Kamu juga!

4 comments:

  1. Acara yang sangat bermanfaat sekali ya Mbak, kita memang harus selalu selektif dalam memilih apa yang kita makan, karena apa yang kita makan juga akan mempengaruhi kesehatan kita di masa depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget,
      Mesti selektif, jangan ikutin napsu apalagi promoan wkkw

      Delete
  2. Dulu pernah bertemu seorang penyuluh pertanian. dia cerita gak mau makan sayuran dari tempat tertentu karena pernah liat di sana pengolahannya saat mulai tanam sdh menggunakan obat kimia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini emang penting banget nih liat keamanan pangannya sebelum dimakan. serem ih pake obat kimia gitu.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^