Pesan Untuk Yang #DiRumahAja

Pertama, mari berterima kasih kepada diri kita yang masih bertahan untuk tetap #DiRumahAja dan menahan untuk tidak keluar rumah untuk hal yang tidak penting, piknik dan mudik. Iya, mari berterima kasih dan hargai diri kita atas pencapaian ini. Tapi buat kalian yang udah terlanjur mudik karena tidak mungkin bisa bertahan di tanah perantauan, kalian tetap harus menjalani masa Karantina di rumah, ya. Tetep #JagaJarak pokoknya!


Gak mudah memang untuk #StayAtHome dalam jangka waktu yang belum tau sampe kapan ini. Apalagi buat jiwa-jiwa yang sukanya kelayapan terus wkwkw. Tapi bagaimanapun itu, kita harus tetap berusaha dan ikhtiar dalam pencegahan penyebaran Covid-19 supaya gak semakin meluas.

Di rumah ngapain aja nih? Libur yang dibalut dengan #WFH alias Work From Home bagi beberapa karyawan ini sebenarnya ada hikmahnya. Kita jadi bisa istirahat dari rutinitas lelahnya dalam bekerja. Kita jadi punya waktu luang yang bisa dimanfaatkan buat ngapa-ngapain yang mungkin gak sempat kita lakukan di hari-hari sebelumnya. Ya, walaupun ada yang memanfaatkan untuk tiduran aja. Ada yang cuma main gadget. Ada yang untuk beberes rumah, berkarya dari rumah, dan ada-ada aja deh yang mencoba mengisi waktunya. 

Ngapain pun kamu di rumah, itu bebas aja sih, selama itu tidak merugikan siapapun. Kalau bisa sih itu harus yang positif dan bermanfaat. Nah, ada Sedikit pesan dari aku buat kita-kita yang menjalani #StayAtHome ini. Ya, hanya sekedar pengingat aja sih. 

1. Jangan Kebanyakan Main Gadget
Iya aku tau kamu bosan kalau di #DiRumahAja. Tapi jangan 1x24 jam main gadget terus. Sayang mata, sayang pikiran, sayang badan yang bisa aja kena radiasi dari ponsel gadget kita. Sayang aku? Jangan, aku udah ada yang punya. *ehgimana.

Sekedar evaluasi, coba deh liat aktivitas digital kamu dalam sehari selama #StayAtHome ini berapa lama penggunaan Smartphonenya? Usahakan mengisi waktu dengan aktivitas lain, dan jangan gunakan smartphone melebihi penggunaan rata-ratanya, ya. Kalau bisa jangan gunakan smartphone lebih dari 7 jam dalam sehari. 

2. Siapkan Air Mineral Di Botol Minum
Kaum rebahan yang malas beranjak dari kamar bahkan saat lapar dan haus tuh banyak. Kalo belum laper atau haus banget, seringnya masih nyantai-nyantai di kamar. Nah, ini gak baik. Apalagi soal jarang minum selama di rumah. Jangan sampai kalian kekurangan cairan. Penting banget di saat seperti ini, kita sangat harus memerhatikan kesehatan juga. Minum makanan yang bergizi itu harus~

Supaya gak kekurangan minum/cairan, kita bisa disiasati dengan mengisi air mineral pada botol minum dan dekatkan pada posisi ternyaman kita. Biasanya ini ampuh sih. Kalau haus, jadi tinggal minum aja. Kalaupun gak haus, kadang kita tetap jadi mau minum ketika melihat ada botol air mineral. 

Pokoknya jangan sampai tubuh kita kekurangan cairan, ya. Cukup kekurangan kasih sayang aja yang udah bikin nyesek. Buat kalian yang ngemil jalan terus kayak aku, gapapa, bagus. Yang penting seimbangkan dengan olahraga walau ringan dan berjemur pada panas sinar matahari juga. Kurangii junkfood dan perbanyak buah-buahan! 

3. Harus Tetap Bersyukur Dan Bahagia
Salah satu kunci untuk tetap sehat adalah bahagia. Jadi, di saat seperti ini, penting banget buat kita untuk tetap bahagia agar terhindar dari sakit. Cuitan dari akun seorang dokter di Twitter ini bener-bener berguna banget sebagai pengingat untuk tetap bahagia agar selalu sehat. Gak cuma pas polemik Covid-19 aja, tapi juga di setiap waktu.

Ya meskipun sekarang cuma bisa di rumah aja, kita harus tetap mengisi hati dan pikiran kita dengan hal-hal baik dan posirif. Tak usahlah mantengin soal penyebaran virus corona mulu. Sesekali boleh untuk tau perkembangannya. Tapi jangan tiap hari dan tiap saat juga. Yang ada bisa bikin stress, parno dan menyebabkan sakit.

Gak hanya bahagia, kita juga harus tetap bersyukur (lagi-lagi) meskipun cuma bisa di rumah aja. Walaupun gak bisa main-main, gak bisa piknik dan kemungkinan besar gagal mudik dan batal kentjan juga, pokoknya harus tetap bersyukur!

Beberapa hari lalu aku sempat sedih karena perkara Covid-19 yang membuat beberapa hal jadi benar-benar memburuk. Tapi aku di saat yang sama, aku diingatkan oleh Mas untuk tetap bersyukur, karena bagaimapun itu, keadaanku (dan kita) sekarang masih sangat baik dan enak. Dengan segala yang mungkin tidak se-enak biasanya, setidaknya kita masih bisa tidur nyaman dan makan di rumah. Sedang mereka yang di luar sana belum tentu merasakan hal yang sama kan? Apalagi bagi pekerja harian. Ya, doaku untuk mereka yang di luar sana, semoga selalu dicukupkan rezekinya. Amiin. 

Ohiya. Meskipun sebenarnya postingan ini adalah tentang Pesan Untuk Yang #DiRumahAja, buat kalian yang tetap harus bekerja atau harus keluar rumah, jaga kesehatan dan ikuti segala aturan, ya. Jauhi kerumunan, jaga jarak, rajin cuci tangan, jaga kebersihan dan kalau pulang ke rumah, langsung ke kamar mandi, mandi dan ganti semua pakaian sebelum berinteraksi dengan keluarga. 

Doa kita bersama, semoga Covid-19 segera berakhir. Ammiin.

1 comment:

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^