Cari Kos di Jakarta? Cek 5 Point Penting Ini

Hal yang harus selalu kita ingat, saat memilih kost-an, sebisa mungkin jangan mengutamakan harganya yang murah (banget). Tapi jangan berpikir harus yang mahal juga. Intinya adalah selalu utamakan kenyamanan dan keamanan hingga kita bisa menyesuaikan dengan budget. Karena menurutku, kos=rumah=tempat tinggal yang harus memberi kenyamanan dan keamanan. Kalau gak nyaman, mau kemana kita pulang? Rumah mantan? *ups.

Berbekal dari pengalaman nyari kos-an, ada banyak hal yang pertimbangan ketika kita memilih kamar kost. Ya, ini nih yang bikin aku sempat pusing juga. Apalagi kalau kebanyakan mau tapi bugdet terbatas. Tapi bagaimana pun itu, aku tetap menyesuaikan budget dengan keamanan dan kenyamanannya.

Sebagai anak baru dalam dunia per-kos-an, ada banyak kriteria yang aku tentukan saat memilih kost sebelum akhirnya bisa yakin kalau kita bisa bertahan, nyaman, dan merasa aman saat tingga di kost-an, walau pun sendiri. 

1. Mencari Dari Lokasi
Carilah kost yang terdekat atau cukup dekat dengan lokasi yang biasa kalian tuju. Misalnya tempat kerja atau kampus. Ini penting banget untuk meminimalisir budget yang keluar.  Tapi, kebanyakan kasusnya itu susah banget nyari kost dekat kantor/kampus dengan buget yang sesuai.

Nah, kita bisa mensiasatinya dengan mengatur jarak dan biaya transport. Usahakan jarak kost gak jauh dari jalan raya atau halte bus. Jadi kita gak terlalu capek juga saat jalan menuju halte bus. Kalau menggunakan transportasi bus gitu, usahakan yang ongkosnya gak mahal juga. Misalnya, kalau kost di Jakarta, kalian bisa mencari kost yang dekat dengan halte bus Transjakarta. Ongkos naik TJ cuma Rp. 3.500. Kalau gak nemu yang dekat banget, ya pokoknya yang bisa ditempuh dengan jalanan kaki namun ngak bikin capek.

Kamar kost yang bagus juga lokasinya gak diujung banget. Usahain pilih kamar yang ada jendelanya, biar ventilasi udaranya bagus, atau setidaknya ada udara dari luar yang bisa masuk ke dalam kamar. Terus juga kalau bisa, cahaya matahari juga bisa masuk ke dalam kamar. 

Walaupun lokasi kost di gang-gang, bisa cari yang lokasinya di atas/lantai 2 gitu. Karena biasanya masih bisa mendapat cahaya dari luar. Jadi gak harus 24 jam menyalakan lampu, dan kamar kost jadi gak lembab, gelap atau terkesan horor.

2. Kost Yang Aman dan Nyaman
Di Jakarta, banyak sekali pilihan kost dengan harga yang bervariatif pulak. "Ngapain kost yang jutaan? Kan 300ribuan juga ada!". Iya, yang harga segitu memang ada. TAPI, kamu harus tau juga kalau kost harga segitu tentu dengan fasilitas dan kamar yang seadanya. 

Kalau budget yang kamu punya cuma bisa sewa kost harga segitu, it's oke. Gapapa, yang penting masih punya tempat pulang. Tapi kalau kamu punya budget lebih, gak ada salahnya sewa kost yang lebih nyaman dan aman. 

Kost yang aman, nyaman dan harga murah biasanya yang berbentuk dalam 1 rumah. Ya, walaupun kamarnya kecil, setidaknya ruang geraknya masih ada di dalam rumah tersebut. 

3. Ada Tempat Jemur dan Dapur Bersama
Ini point yang gak bisa aku dapetin di kost aku sih. Makanya masih kepikiran buat pindah kost yang ada dapur bersama. Ya, walaupun cuma goreng telor dan masak seadanya, (kalau aku) pengen banget punya kost yang ada dapur bersama. Jadi kita bisa hemat budget makan, karena bisa masak sendiri. Selain itu, kebersihan dari makan yang kita makan juga lebih terjamin. 

Kalau jarak jalan kaki terlalu jauh, ini bisa bikin capek, lelah dan akhirnya males. Kalau udah males, kita suka ambil gampang dengan order ojek online aja. Nah, kalau begini, pengeluaran kita jadi makin banyak/bertambah. 

Selain itu, Usahakan cari kost yang ada tempat menjemur pakaian yang aman. Lumayan lho ini, jadi bisa nyuci sendiri dan jemur pakaian. Tentu menghemat biar gak mengeluarkan biaya untuk laundry. Tapi buat ciwi-ciwi, dan buat para lelaki juga, tetap hati-hati saat menjemur pakaian dalam. Kalau ini, lebih baik jemur di kamar mandi aja sih menurutku.

4. Kost Khusus Wanita/Pria
Sebagai wanita yang merasa betapa pentingnya privasi, aku lebih suka tinggal di kost khusus wanita. Berasa lebih aman dan nyaman aja sih. Ketika ada tamu dari luar datang itu juga pasti wanita. Beda kalau kost campur. Siapapun bebas datang berkunjung, yang membuatku ini kurang nyaman.

Tapi kalau kalian lebih suka membaur, memilih kost campur juga oke-oke aja sih. Tapi ya harus hati-hati dan tetap menjaga privasi.

5. Harga Sewa yang 'All In' 
Kost di Jakarta punya harga yang bervariatif. Beberapa pemilik kost memisahkan antara uang sewa kost dengan iuran  atau bayar air dan listrik. Nah, kalau menurut aku sih ya, lebih baik cari kost yang 1 harga, udah semua dibayar. Jadi kita gak perlu lagi mikirin biaya-biaya lain yang harus kita bayar terpisah ke ibu kost.

Tapi kalau kalian menemukan harga sewa kost yang sangat rendah, namun belum termasuk listrik dan air, kalian bisa memilih kost tersebut namun  meminimalisir uang bayar listrik dan air dengan menghemat penggunaan keduanya.

Oke. Itulah 5 point penting yang menurutku perlu kalian tau kalau mau cari kost di Jakarta. Inget ya, jangan asal pilih. Kecuali mungkin budget kalian sangat terbatas, insha allah kost yang kalian pilih bisa menjadi kost terbaik versi kalian!

Btw, kalau kalian sedang mencari kost khusus wanita di kawasan Mampang - Jakarta Selatan, aku punya beberapa referensi yang bisa kalian cek. Jangan segan untuk berkomentar, ya!

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^