Apa ini Ciri-Ciri Laptop dan Youtube di Hack?

Share:
2 Step Verification yang aku kira bisa mengamankan akun gmail (dengan segala akun lain yang terhubung) dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab ternyata belum menjadi jaminan bahwa akun kita benar-benar aman. Ya, dari kejadian yang aku alami kemarin membuatku benar-benar mikir seribu kali lagi kalau mau login akun pribadi (terutama email) di device orang. Karena di device yang aku gunakan setiap hari pun bisa 'kecolongan'. 
Ceritanya menjelang akhir tahun lalu. Ketika tidak sengaja melihat history youtube, aku baru sadar bahwa akun youtube-ku memiliki daftar history yang sangat banyak. Ada video semacam talk show, video clip musik, hingga film. Aku pun langsung menyadari kalau aku tidak pernah melihat video atau konten tersebut. 

Awalnya aku pikir ini ulah si Aa (adik saya) karena pernah login di laptopnya. Makanya, aku langsung menghubungi dan memintanya me-logout akun tersebut. Jawabannya, hari itu dia tidak menggunakan laptop. Dan setelah dicek, akun gmail-ku juga gak ter-login di laptopnya. Jadi, jelas itu bukan ulahnya. 

Di sini, aku mulai berpikir ada yang tidak beres. 
Di saat yang sama, aku terus-menerus memantau daftar history dengan beberapa kali me-refresh. Dan ternyata daftarnya terus bertambah. Dan ya, aku mulai mengambil kesimpulan PASTI ada orang lain yang menggunakan akun ini untuk melihat/menonton video-video tersebut.


TAPI KOK BISA YA?
Secara gitu, tingkat keamanan akun (menurut) ku harusnya udah sangat aman karena menggunakan 2 step verification yang dimana jika hendak log-in, aku harus 'menyetujui' akses masuk tersebut dengan menekan tombol 'YA' yang muncul pada notifikasi di smartphone. Atau memasukkan kode Verifikasi yang dikirim melalui SMS.

Nah, sebelumnya aku gak pernah melihat ada keanehan atau notifikasi ada perangkat yang mencoba login. Tapi kok kenapa akun youtube ku bisa digunakan orang lain? Jadi seperti nyaris gak mungkin dong kalau ada yang menggunakan akun tersebut dengan login di perangkat lain. Apalagi passoword pun hanya aku sendiri yang tau, alias gak ada orang lain yang tau. 

Untuk memecahkan misteri ini, aku mencoba berbagai cara!
 
Melihat Aktifitas
Untuk memastikan bahwa history aku bertambah terus, kulangsung cek Aktivitas yang terjadi di akun saya. Apakah ada perangkat login mencurigkan yang tidak dikenal atau tidak. ternyata ya memang gak ada. Aktivitas ini muncul begitu saja seperti memang aku sendiri yang melihat dan menonton konten tersebut.


Melihat izin Akses akun gmail. 
Sadar tidak sadar, kita sering menautkan atau menghubungkan akun gmail dengan beberapa website, aplikasi, layanan dan semacamnya. Makanya, aku coba cek untuk melihat 'siapa' saja yang sudah beri izin untuk mengakses akun tersebut. 

Hasilnya menurut aku gak ada yang mencurigakan. Tapi demi keamanan, akhirnya aku melepas semua izin akses dari semua akun yang terhubung. 

Mengganti Password
Setelah menghapus izin akses, cara yang sering disarankan banyak orang adalah mengganti Password. Tanpa disarankan lagi, aku juga langsung mengganti Password. Tapi sayangnya, hasilnya nihil. Setelah dipantau kembali, ternyata Tetap masih ada aktivitas tidak dikenal yang terus berjalan.

Melihat Perangkat yang Log In
Langkah selanjutnya adalah melihat dimana dan diberapa perangkat akun ini terhubung. Awalnya aku gak sadar kalau ada yang "aneh" di sini. Pertama ngecek, aku merasa semua aman karena gmail hanya terpasang pada 2 perangkat, yaitu Smartphone dan Laptop. Nama perangkatnya pun sama.Namun, setelah aku teliti kembali, ternyata ada yang mencurigakan!

"Recent Activity" memperlihatkan lokasi perangkat di laptop yang terhubung itu berada di negera Bangladesh, Azerbaijan, dan Jakarta Indonesia. aku mulai mikir ada yang gak beres di sini. Lokasi perangkat yang terhubung memang tidak selalu akurat, tapi karena lokasinya di beberapa negara yang mencurigkan, aku pikir inilah penyebabnya.


Tanpa berpikir panjang, aku langsung coba logout akun gmail dari laptop tersebut, sambil memantau aktivitas akun dari gmail yang terhubung di Smartphone. Jadi, sementara aku mengandalkan smartphone untuk mengamankan akun.

Hasilnya....................
Ternyata benar! Aku beberapa kali ngecek aktivitas akun, sampai setelah beberapa jam di logout dari laptop, aktivitas akun gak bertambah satupun. Daftar Riwayat di youtube juga gak bertambah sama sekali.  

Hingga beberapa hari kemudian, aku masih tetap memantau akun tersebut. Nah, pernah satu hari aku mencoba log-in lagi di Laptop. Pas aku cek History Youtube, ternyata banyak lagi video-video gak jelas yang masuk di history. 

Kesimpulannya
Kalau log-in di laptop, banyak aktivitas mencurigakan. Kalau log-in di Smartphone aja, gak ada aktivitas mencurigakan. Dari sini aku mengambil kesimpulan lagi, kekacauan ini bermula karena log-in di Laptop yang aku gunakan.

Gak tau namanya atau sebutannya apa, ya. Laptop ini bisa disebut telah di-hack gak sih?. Jadi pasti ada oknum tidak bertanggung jawab yang sengaja memanfaatkan akun aku ini untuk menjalankan beberapa aktivitas. Dugaanku, dia punya sesuatu yang "ditanam" di perangkat laptop yang kugunakan. Jadi, kalau aku login gmail, dia pun jadi bisa mengakses atau menggunakan akun tersebut. 

Gak cuma youtube. Beberapa minggu setelahnya, aku juga baru sadar kalau akun twitterku banyak nge-love atau nge-like konten-konten 21+. Aku juga ingat betul saat itu akun twitter masih terlog-in di laptop. Ya setelah  menyadarinya, aku langsung melogout semua akun.

Karena udah tau penyebabnya, hingga saat ini aku gak menggunakan laptop itu lagi. Ya, berasa males aja gitu karena sistem keamanan juga udah gak terjamin. Udah melakukan beberapa cara untuk "menghapus virusnya", tapi gak ngefek juga. Beberapa saran sih laptop nya harus di reset ulang. 

So' jadi ya sekarang emang harus hati-hati dalam "merawat" device yang kita gunakan. Jangan sampai salah klik atau mendownload sesuatu yang bisa mengakibatkan masuknya virus hingga hacker leluasa mengambil akses ataupun data-data yang kita punya dan jalankan di laptop.

Kalian ada yang pernah mengalami kejadian yang sama gak?

2 comments:

  1. Serem juga ya kalau sampai data pribadi yang kena. Untungnya enggak sampe ngambil akun youtube atau gmailnya

    Hmm mungkin pernah ngeklik sesuatu kali ya di laptopnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu!
      Aku merasa bersyukur banget aku masih bisa kses akun gmailnya.

      Iya. Kayaknya sih awalnya pernah salah klik mungkin :((

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^