Catering Makan Siang 25 ribuan Jakarta? Banyak, kok!

Share:
Sebagai pasien GERD, penting banget bagiku untuk makan tepat waktu. Tapi, di tengah padatnya aktivitas di kantor, kadang agak sulit buat makan tepat waktu karena seringkali "lupa" menyiapkan atau membeli makanan sebelum jam makan siang, biar jam 12 teng bisa langsung makan.

@cateringjakarta

Ya, Akhirnya aku mulai terpikir untuk langganan Catering Makan Siang. Awalnya agak ragu sih karena setau aku, harga catering makanan itu gak murah. Tapi setelah cari-cari info di sosial media, ternyata ada juga yang 25ribu-an. 

Catering Makan Siang Per Orang

Selain harganya yang mahal, awalnya aku ragu langganan catering makanan karena biasanya kita harus memesan dalam jumlah banyak. Tapi jaman sekarang ini udah banyak dan bisa juga langganan walau cuma untuk 1 orang.  Kalau bisa juga usahakan cari lokasi penyedia Catering yang gak jauh dari lokasi kita supaya gak banyak beban ongkir yang ditagih. Syukur-syukur ongkirnya bisa gratis! 

Pengalaman Langganan Catering Makan Siang aku Saat ini  udah 3x ganti tempat penyedia catering. Dan ya, menurut aku setiap tempat catering punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kita aja nih cocoknya dengan makanan dari catering mana aja. 

Izza Catering

Aku 'nemu' Catering Makanan ini di Google Maps, saat mencari catering terdekat dari kost. Ternyata Izza Catering juga salah satu Wedding Organizer dan Catering makanan di banyak acara. Dari review nya ini banyak yang bilang enak dan sepertinya memang termasuk catering besar juga.

Setelah tanya-tanya, harga catering makan siangnya ini Rp. 25.000/porsi untuk 1 orang. Box bentonya terdiri dari Nasi, Lauk Utama, Sayur dan Gorengan. Kalau request tanpa nasi, jadi diganti dengan buah atau dessert. Untuk awal, Order minimal langganannya 3 hari. Tapi biar dapat free ongkir, kita harus order minimal 2 box bento dalam 1 pengiriman atau langganan untuk 2 minggu. 


Karena aku order hanya untukku sendiri, jadi aku langsung ambil langganan catering makan siang ini 2 minggu atau 10 hari, dalam pengiriman Senin - Jumat. Soal menunya, dia langsung kasih menu untuk 30 hari dan kita tidak bisa memilih. Setiap hari, menu makanannya berbeda, tapi ya kadang ada pengulangan menu yang sama juga. 

Ohiya, karena aku dianjurkan makan nasi yang 'lembek', aku request tanpa nasi. Jadi nasinya masak sendiri aja. Lumayan juga kan jadi dapet dessert wkwk. Makanan juga selalu udah sampai kantor sebelum jam 12 siang.


Pengiriman awal, aku minta makanan di kirim langsung ke alamat kost karena saat itu aku masih belum masuk kerja, pasca rawat inap. Setelah mulai kerja, baru deh makanan dikirim langsung ke kantor. Enak juga sih ini jadi bisa ganti-ganti alamat pengiriman. Tapi ya karena jaraknya gak jauh banget juga. 

Soal Rasa enak atau enggak, ini relatif sih ya. Aku bukan tipe yang pandai menilai rasa, jadi menurutku rasanya ya enak-enak aja. Kata temenku yang mencoba masakannya juga terbilang enak sih. Pas lah untuk ukuran masakan catering.

Setelah langganan 2 Minggu, aku memutuskan untuk mencari catering baru lagi karena masih mau coba-coba.

Purnama Catering

Awalnya aku iseng nyari Catering Makanan melalui Mbah Google. Tapi ternyata ada banyak yang diarahkan ke Market Place seperti Tokopedia dan Shopqee. Memang banyak sih, tapi mereka punya syarat ketentuan yang berlaku atau toko banyak yang gak aktif/gak ada respon. 

Dari beberapa toko yang aku chat, akhirnya aku nemu Purnama Catering. Tanya-tanya Harganya, ternyata cuma Rp. 18.000/box/perorang. Kok murah banget yah? Wkwk Tapi ternyata dia tidak menanggung ongkos kirim. Nah, ongkos kirimnya ini dia minta Rp. 15.000. Makanan yang kita dapat itu Nasi, lauk utama, sayur, gorengan dan buah. Terbilang lebih banyak dari catering pertama.


Emang sih harga makanannya murah, tapi kok biaya ongkirnya dirasa lumayan juga yah. Total 18+15 = 33 ribu. Aku merasa kurang cocok, jadi aku skip. Tapi 2 hari kemudian dia hubungi aku lagi, menawarkan ongkos kirim jadi 6 ribu aja. Pas hitung-hitung 18+6 = 24ribu. Kupikir hampir sama lah kayak catering sebelumnya. Jadi ya aku ambil. Udah pusing juga hayati nyari catering lagi. Huhuhu

Ohiya, langganan di sini langsung untuk 1 bulan, pengiriman Senin-jumat ke kantor. Sistem menunya juga sama, udah ada dalam list untuk 1 bulan. Tapi kita gak bisa pilih, ya. Karena memang udah menu tetap, kecuali ada perubahan dari dapurnya. 

Hari Pertama makanan datang, agak kaget juga karena di luar ekspektasi wkwka. Salahku juga sih gak minta foto box bento/ makanan by WhatsApp. Aku cuma liat yang ada di akun marketplace nya, namun ternyata beda wkwk. Tapi ya gak bisa menyalahkan juga karena bagaimana pun harga makanannya ini tergolong murah. Jadi ya worth it sama harganya. 


Sebenarnya gak ada yang salah sih dari paket makan siangnya, hehe. Cuma packaging nya ini seperti beli makan di warteg aja, bukan kayak langganan catering. Untuk porsi makannya juga terbilang sedikit. Tapi ya kembali lagi kuingat bahwa memang dari harga makanannya ini hanya 18 ribu.

Yang aku salutkan, pelayanannya si mbak CS nya baik dan perhatian banget, jadi aku luluh dan menikmati aja langganan 1 bulanan makanan ini. Tapi ya tetep sih, setelah 1 bulan, aku kembali mencari catering makan siang yang baru lagi. Masih mau coba-coba yang lain gitu~

@Catering Jakarta - Kantinsehat.com

Catering makanan yang terakhir dan yang saat ini masih aku pilih. Catering ini sistemnya agak beda dengan catering makan siang lainnya. Dalam 1 hari, menunya ada banyak pilihan. Harganya pun terbagi 2. Kalau kita mau pilih menu sesuai yang kita mau, harganya Rp. 30.000. Pun sebaliknya, jika menu makanan dipilihkan oleh bagian dapur, harganya Rp. 25.000. Untuk biaya pengiriman gratis, tapi kalau ada biaya parkir, mesti tanggung biaya parkir lagi.

Menu makanan setiap harinya ada banyak pilihan dan berbeda-beda. Dan kita akan diberikan list menunya seminggu sekali. Isinya itu ada menu utama, menu pendamping, goreng-gorengan dan sayur. Kalau catering lain biasanya diberikan menu langsung untuk 1 bulan kan, yah. Makanya yang ini beda nih.


Masa langganannya minimal 12 hari, bisa senin - jumat atau senin-sabtu. Hari minggu dan tanggal merah kateringnya ikutan libur juga ya. Kalau udah langganan, kita gak bisa se-enaknya untuk ganti menu paket atau ganti alamat pengiriman.

Jadi kalau di awal kita bilang pilih menu sendiri atau paket yang Rp30.000/bos, lalu mau ganti ke menu yang dipilihkan bagian dapur atau paket yang Rp25.000 itu gak bisa ya. Kita harus menyelesaikan paket yang awal itu sampai 12 hari. 

Aku pun langganan per 12 hari aja, senin-jumat. Untuk menu, kadang aku pilih yang menu dipilihkan dapur, kadang yang menu pilih sendiri. Kalaupun menu dipilihkan dapur enak-enak aja sih. Tapi seringnya jadi menu yang sama. Misalnya menu utama dikasih ayam terus. Walaupun setiap hari beda masakan ayam sih.


Menu makannya ini bervariatif juga ya. Beberapa ada yang sama mungkin bahannya, tapi cara pengolahannya berbeda. Misal hari ini ada menu tempe di kecap, besok tempenya di goreng, atau semacamnya. Untuk dessertnya juga ganti-ganti. Kadang kue, bolu, buah dan sejenisnya.

Sejauh ini, aku paling suka catering yang ini. Gak tau kenapa merasa "puas" aja. Dan ya, sampai sekarang aku masih langganan sama catering ini walaupun gak sebulan penuh. Jadi langganan 12 hari, lalu stop beberapa hari, lalu baru lajut lagi. Udah capek juga nyari nyari yang lain. wkwk.


Nah, buat kalian yang berencana langganan catering harian untuk 1 orang atau lebih, mungkin 3 Catering yang pernah aku gunakan bisa jadi referensi. 

Semoga membantu, ya! 



2 comments:

  1. Hemm, ada menu diet juga ya gak ada nasinya rekomended banget hehe. Lihat ini pas pagi-pagi langsung laper bawaannya, terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya, Mba. bisa jadi alternatif kalo males masak wkwk

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^